Langsung ke konten utama

3 Jenis pertimbangan






amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
3 jenis pertimbangan
*
*
dalam mengambil keputusan  persoalan biasa sampe persoalan penting dalam hidup. saya belajar menggunakan rumus 3 jenis pertimbangan. sudah saya praktekkan hampir 7 tahun lebih.  3 jenis pertimbangan ini juga bisa diterapkan untuk menganalisa tindakan orang lain.
*
*
pertimbangan pertama disebut pertimbangan orang awam. memutuskan sesuatu karena kebiasaan dan alasan pribadi yang umum di pakai oleh orang lain. pertimbangan kedua disebut pertimbangan ahli , memutuskan sesuatu karena berdasar kajian ilmu pengetahuan dan ahli dibidangnya. pertimbangan ketiga adalah pertimbangan mistik , yaitu pertimbangan yang melampaui pertimbangan awam dan pertimbangan ahli dan memiliki tujuan rahasia atau khusus
*
*
jika orang dewasa di daerah saya tanya kenapa naik sepeda kayuh , karena alasan terpaksa , tidak punya kendaraan pribadi dan hanya memiliki sepeda biasa .  maka itu pertimbangan awam. jika jawabannya karena  alasan kesehatan dan mengurangi dampak polusi udara juga meniru life style  warga kopenhagen - denmark dan sepedanya jenis mahal , maka itu pertimbangan ahli.
*
*
tapi jika jawabannya , untuk jarak dekat naik sepeda karena alasan menurunkan ego , mengurangi kesombongan , melatih hidup sederhana. dan sepedanya sangat biasa sekali. karena sudah bosan naik mobil bagus , sudah bosan naik sepeda motor bagus. itu pertimbangan spiritual.
*
*
sudah ada satu setengah tahun, saya memberi makan keluarga tikus yang tinggal di salah satu sudut tersembunyi di rumah saya. saya punya piring khusus yang selalu saya isi dengan singkong mentah yang saya potong kecil-2. jika itu habis saya isi lagi. dan saya berdamai dengan tikus di rumah. buku-2 saya aman. makanan saya aman. sepatu kulit saya aman.  entah sampe kapan.
*
*
pernah saya bicara kepada tikus tersebut. kalo jumlah kalian sudah banyak. tolong sebagian pindah , karena terpaksa saya akan meracun. dan kebetulan sebagian pindah entah kemana. dalam hal tikus di rumah, saya memakai pertimbangan mistik. yaitu berdamai dengan keadaan.  secara pertimbangan awam dan pertimbangan ahli. tidak masuk akal berdamai dengan hama.
*
*
kalo menurut ahli neuroscientist dari amerika , Dr. Paul MacLean. penelitiannya tentang konsep  3 lapisan otak manusia yang mempengaruhi perilaku. yaitu lapisan pertama.  otak reptil yaitu  mirip otak buaya , otak ular . ini kecerdasan dan kemampuan rebutan cari makan, rebutan kekuasaan, berkelahi , menghindar , sex , bertahan hidup dan mengatur fungsi raga.
*
*
lapisan kedua . otak mamalia mirip otak tikus, gajah, sapi , lumba lumba.   mengatur tentang perasaan dan kecerdasan emosi manusia . misalnya  perasaan bersodara karena satu ibu, karena satu  ras , satu negara, satu partai politik, satu organisasi, satu perusahaan, satu hobi . berorganisasi dan saling tolong menolong, berkorban  berdasar ikatan tersebut.
*
*
ketiga, lapisan otak manusia / neo mamalia . tugasnya  yang mengatur fungsi kecerdasan intelektual , kerja logika . semua kerja ilmiah dan penemuan mesin dan tehnologi modern adalah produk dari kecerdasan otak lapis ketiga ini. termasuk kemampuan introspeksi diri , evaluasi diri dan  mengolah kesadaran, kreatifitas dan keindahan,  juga menangkap inspirasi.
*
*
jika sodara mau menelusuri literatur tentang 3 lapis otak manusia ini. maka banyak perilaku manusia yang bisa dijelaskan dengan mudah. dan lebih mudah memahami diri sendiri. ini masuk kategori praktek pertimbangan ahli.
*
*
ajaran spiritual yang ideal selalu mengajak manusia mengolah kecerdasannya mengendalikan raga, perasaan dan pikiran. dan bukan hanya berhenti di situ saja. bahkan mengembangkan pikiran luhur untuk kebaikan kehidupan dan peradaban di planet  bumi.
*
*
para dalang kerusuhan , ahli mencipta konflik dan perang. untuk tujuan politik dan kekuasaan dan juga para pakar marketing untuk tujuan menjual produk dan jasa. sangat menguasai cara cara halus , cara kasar , cara tipu daya, cara yang indah untuk  mempengaruhi otak reptil dan otak mamalia jutaan manusia. lewat berita dan iklan di media massa dan melalui peristiwa-2 khusus. yang di sebarkan secara massal dan mendunia.juga lewat karya tulis , lewat film . yang tujuannya kontrol kekuasaan politik dan kontrol kekuatan keuangan.
*
*
saya berdoa, agar  para guru suci menakluk naga , para bodhisatva , para malaikat penjaga , para penjaga alam, dan manusia yang sudah tercerahkan memberkati ratusan juta kepala rakyat indonesia. agar otak reptil , dan otak mamalia mereka terlindungi dari godaan dan tipu daya yang memicu perang sodara.
*
*
semoga kita semua slamet , bahagia. cukup makan, minum dan cukup bersenang senang ,  cukup beristirahat . juga cukup punya waktu luang. sehingga punya waktu belajar dan praktek mengolah daya kreatif di dalam diri. Damai di Bumi, dimulai damai di dalam diri kita sendiri.   jangan lupa senyum dan tertawa. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha paing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k