Langsung ke konten utama

bagian Ramalan Jayabaya


ada catatan menarik yang saya temukan berkaitan dengan keadaan negara kita. sebuah tulisan kuno berisi ramalan jayabaya atau tepatnya prediksi jaman yang di buat oleh salah satu leluhur jawa di era abad ke 13 masehi yang kemudian di hidupkan kembali di tahun 1880-an. oleh Pujangga Jawa Ki Ranggawarsito. dan saat ini banyak sekali versi ramalan jayabaya. namun say amelihat salah satu catatan di blog yang saya temukan . dan ini sangat mendekati dengan keadaan saat ini. catatan bahasa jawa yang di bawahnya ada bahasa inggrisnya ini pernah saya baca di tahun 2006 di internet .ternyata file tersebut masih ada dan isinya sangat menarik untuk disimak sebagai bahan renungan. terutama terjemahan dalam bahasa inggrisnya, sangat jelas menggambarkan keadaan saat ini. selamat menyimak sebagain ramalan jayabaya yangs aya ambil dari sumber :http://basuki1.ganeca.net/index.php?option=com_content&task=view&id=48&Itemid=21

saya hanya menambahkan terjemahan saya atas bahasa jawa dan saya sesuaikan dengan kondisi saat ini , dengan huruf warna merah .


 Wong mangan wong.
 People will attack other people.

manusia mengorbankan manusia yang lain

 Anak lali bapak.
 Children will ignore their fathers.
anak tidak lagi peduli kepada ayah kandungnya

 Wong tuwa lali tuwane.
 Parents will not want to take their responsibility as parents.

orangtua melupakan tanggungjawabnya sebagai orangtua

 Pedagang adol barang saya laris.
 Merchants will sell out of their merchandise.

bagi pedagang , angka penjualan barang meningkat

 Bandane saya ludes.
 Yet, they will lose money.

namun nilai kekayaannya malah semakin menyusut

 Akeh wong mati kaliren ing sisihe pangan.
 Many people will die from starvation in prosperous times.

banyak manusia meninggal karena kelaparan, padahal stok  pangan melimpah.

 Akeh wong nyekel banda nanging uripe sengsara.
 Many people will have lots of money yet, be unhappy in their lives.

banyak terjadi orang kaya raya namun hidupnya tidak bahagia

 Sing edan bisa dandan.
 The crazy one will be beautifully attired.

yang bertingkah gila akan bisa memperbaiki nasibnya

 Sing bengkong bisa nggalang gedong.
 The insane will be able to build a lavish estate.

yang berperilaku menyimpang akan mampu memiliki rumah mewah

 Wong waras lan adil uripe nggrantes lan kepencil.
 The ones who are fair and sane will suffer in their lives and will be isolated.

manusia yang menggunakan akal sehat dan hidup sesuai aturan menjadi sengsara dan  malah disingkirkan

 Ana peperangan ing njero.
 There will be internal wars.

terjadilah perang batin di dalam diri manusia

 Timbul amarga para pangkat akeh sing pada salah paham.
 As a result of misunderstandings between those at the top.

ini muncul karena pejabat banyak yang salah menggunakan wewenangnya

 Durjana saya ngambra-ambra.
 The numbers of evil doers will increase sharply.

perilaku melanggar hukum negara menjadi hal biasa


 Penjahat saya tambah.
 There will be more criminals.

orang yang berprofesi sebagai penjahat semakin banyak


 Wong apik saya sengsara.
 The good people will live in misery.

orang yang hidupnya baik menjadi makin sengsara

 Akeh wong mati jalaran saka peperangan.
 There will be many people die in a war.

banyak sekali manusia mati dalam perang.

 Kebingungan lan kobongan.
 Others will be disoriented, and their property burnt.

manusia kehilangan tujuan hidup dan tersulut api kemarahan

 Wong bener saya tenger-tenger.
 The honest will be confused.

orang yang berpegang pada kebenaran semakin bingung

 Wong salah saya bungah-bungah.
 The dishonest will be joyful.

orang yang bersalah melanggar hukum  malah hidupnya semakin berbahagia

 Akeh banda musna ora karuan lungane.

banyak terjadi  kekayaan perusahaan lenyap dalam sekejap/ bangkrut

 Akeh pangkat lan drajat pada minggat ora karuan sababe.
 There will be disappearance of great riches, titles, and jobs.

banyak posisi jabatan terhormat di perusahaan hilang tanpa alasan yang jelas ( akuisisi /merger/ pemecatan / karyawan kontrak )

 Akeh barang-barang haram, akeh bocah haram.
 There will be many illegal goods. There will be many babies born without fathers.

muncul banyak produk ilegal (narkoba / pasar gelap) ,  banyak bayi lahir di luar nikah tanpa tahu siapa ayahnya.

 Bejane sing lali, bejane sing eling.
manusia yang lupa diri menerima balasan , manusia yang sadar diri menerima balasan juga



 Nanging sauntung-untunge sing lali.
 Those people who forget God's Will may be happy on earth.
walopun manusia yang lupa diri memperoleh kesenangan dunia.

 Isih untung sing waspada.
 But those who are remember God's will are destined to be happier still.
 namun manusia yang sadar akan hukum Tuhan akan lebih  beruntung dalam hidupnya.


 Angkara murka saya ndadi.
 Ruthlessness will become worse.

perbuatan sewenang wenang / hukum rimba semakin menjadi jadi di masyarakat

 Kana-kene saya bingung.
 Everywhere the situation will be chaotic.

disana sini terjadi kekacauan

 Pedagang akeh alangane.
 Doing business will be more difficult.

menjalankan bisnis mengalami banyak hambatan

 Akeh buruh nantang juragan.
 Workers will challenge their employers.

banyak karyawan berunjuk rasa melawan pemilik usaha

 Juragan dadi umpan.
 The employers will become bait for their employees.

pemilik usaha menjadi korban 

 Sing suwarane seru oleh pengaruh.
 Those who speak out will be more influential.

yang voting paling banyak suaranya di DPR akan menang dan berkuasa.

 Wong pinter diingar-ingar.
 The wise ones will be ridiculed.

pendapat para ahli di bidangnya di lecehkan dan di tertawakan

 Wong ala diuja.
 The evil ones will be worshipped.

yang di ikuti dan di hormati adalah manusia berwatak tercela

 Wong ngerti mangan ati.
 The knowledgeable ones will show no compassion.
kecerdasan akal mengalahkan suara hati nurani

 Banda dadi memala.
 The pursuit of material comfort will incite crime.
mengumpulkan kekayaan menjadi tujuan hidup tertinggi

 Pangkat dadi pemikat.
 Job titles will become enticing.
status jabatan menjadi lambang kesuksesan

 Sing sawenang-wenang rumangsa menang.
 Those who act arbitrarily will feel as if they are the winners.
yang berkuasa berbuat semaunya karena merasa menang dlm pemilu.

 Sing ngalah rumangsa kabeh salah.
 Those who act wisely will feel as if everything is wrong.
yang kalah dalam pemilu/oposisi menganggap semua hal tidak ada yang berjalan benar

 Ana Bupati saka wong sing asor imane.
 There will be leaders who are weak in their faith.
ada kepala daerah berasal dari manusia yang rendah moralnya.

 Patihe kepala judi.
 Their vice regent will be selected from among the ranks of the gamblers.
sekretaris daerahnya adalah mafia bisnis perjudian.

 Wong sing atine suci dibenci.
 Those who have a holy heart will be rejected.
manusia yang hatinya suci di tolak dalam pemerintahan

 Wong sing jahat lan pinter jilat saya derajat.
 Those who are evil, and know how to flatter their boss, will be promoted.
manusia yang bewatak jahat dan pandai menjilat atasan akan naik jabatan

 Pemerasan saya ndadra.
 Human exploitation will be worse.
 praktik suap dan korupsi semakin menjadi jadi




 Maling lungguh wetenge mblenduk.
The corpulent thieves will be able to sit back and relax.
ada pencuri dengan ciri ciri duduk di kursi dengan perut buncit

selanjutnya silahkan anda baca sendiri. semoga ada manfaatnya.
salam,
edy pekalongan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k