Langsung ke konten utama

Proses Matematika Kehidupan


proses penambahan [ + ]. pengurangan [ - ]. pembagian [ : ]. perkalian [ x  ] dilakukan manusia dlm menjalani kesehariannya.

ada yang menghargai proses penambahan seperti tambah harta, tambah pintar, tambah cantik, tambah anak. ada yang membenci proses pengurangan seperti kurang sehat, kurang konsentrasi, kurang bergairah, penghasilan berkurang, anggota keluarga berkurang ( kematian ).

ada yang suka & benci dengan pembagian karena lingkarannya lebih luas dari diri sendiri seperti berbagi minum untuk orang haus, berbagi waktu untuk orang lain yg butuh didengarkan, berbagi solusi atas suatu masalah yg dihadapi oranglain, berbagi tempat duduk, pembagian beras. orang yang merasa sudah puas dan cukup dengan sesuatu yg dimilikinya dan memiliki kelebihan, maka dia otomatis akan berbagi.

ada yang suka dengan kegiatan perkalian. karena perkalian membawa hasil yang lebih cepat. perkalian adalah melipat gandakan sesuatu. seperti  bekarja  2x lebih keras, memproduksi 5x lebih efisien, melipatgandakan usahanya dlm belajar sehingga lebih pintar, apa apa yang dilakukan dengan usaha berkali lipat dari langkah biasa adalah perkalian.

jika usaha biasa ibarat berjalan langkah demi langkah , proses perkalian adalah seperti berlari cepat. sehingga tempat tujuan akan dicapai lebih cepat  dan waktu yang di habiskan lebih sedikit. hanya dibutuhkan pengorbanan tenaga ,kehendak dan ketrampilan serta latihan yang lebih berat. inilah proses perkalian. yang lebih hebat dari perkalian adalah pemangkatan. siapapun yang ingin memperoleh pangkat dia harus bisa mengkalikan sama besar. contoh 7 pangkat 2. adalah 7 dikalikan 7. siapapun yang memperoleh pangkat / jabatan/ level / maqom / status yang tinggi dalam hidupnya, dia telah melakukan proses perkalian dlm hidupnya yang sampai pada proses pemangkatan.


ada orang yang menambah sesuatu dlm hidupnya dengan mengurangi hak milik orang lain, itu namanya mencuri / korupsi. orang yang merasa kurang , dia akan selalu mencari penambahan. di masyarakat kita, manusia yang kekurangan disebut miskin. entah itu miskin/kurang harta, miskin/kurang pengetahuan, miskin/kurang penghormatan, miskin/kurang pujian. orang yang kurang/miskin harta disebut juga orang yg sedang merasa susah/menderita /kesulitan.  jadi siapapun yang merasa kurang, pasti akan merasa susah / menderita.


contoh untuk memperoleh tambahan uang gaji /lembur, diperlukan penderitaan lebih ( pengorbanan waktu & tenaga), ini bentuk merasa susah. sehingga jika seseorang ingin bertambah, dia harus siap untuk berkorban dan merasa susah/menderita.
ingin bertambah ilmu /wawasan , diperlukan pengorbanan waktu, tenaga, uang. masih perlu belajar dengan tekun. begitu pula dalam belajar mengolah jiwa, jika ingin bertambah kuat jiwanya . pasti akan merasa menderita dgn pengorbanan. tapi pasti ada hasilnya. ini sudah sesuai rumus matematika.

mengurangi keegoisan adalah proses yang sulit. karena keegoisan adalah sebuah kekayaan ilusi yang tanpa bentuk dlm diri manusia. segala kegiatan mengurangi kekayaan , adalah pembagian. sehingga mengurangi keegoisan selalu dikaitkan dengan proses berbagi apa apa yang dianggap berharga, seperti misalnya harga diri berkurang.


dalam berdiskusi, orang yang mencuri hak hidup kreatif orang lain dan memaksakan pemikirannya kpd pikiran orang lain. dia sesungguhnya sedang melakukan proses penambahan pengikut. dengan cara menjajah pikiran orang lain. mengurangi daya tumbuh mandiri seseorang bahkan ada yg mematikan daya tumbuh kreatif pengikutnya ( yang terakhir ini sangat keterlaluan ). penjajah jaman dulu merampas tanah orang lain dan memperbudak tenaganya, penjajah modern saat ini ada yang merampas tanah pikiran subur orang lain untuk dia serap sumber daya pengikutnya demi kepentingannya sendiri.


proses penambahan, pengurangan, pembagian, perkalian berjalan alami di dalam hutan. namun dalam alam tempat tinggal manusia yang sudah direkayasa. diperlukan kebijaksanaan agar proses tersebut berjalan baik. malah lebih baik lagi jika tdk usah diatur dlm sebuah rekayasa / tata cara aturan yang baku. biarkan saja setiap orang menemukan keseimbangannya sendiri. maka proses penambahan, pengurangan, pembagian, perkalian akan berjalan teratur dgn sendirinya.

namun dalam keadaan saldo / hasil yang minus. diperlukan penyeimbang yang memberi subsidi tambahan. dalam saldo / hasil yang tdk berkembang di perlukan penyeimbang yang bertugas mengkalikan agar hasilnya bisa melompat lebih jauh dari rata rata. hanya resikonya akan banyak keluhan, protes, marah dll. karena setiap orang harus lebih byk berkorban harga dirinya, berkorban perasaannya, berkorban wawasannya. tapi itu proses untuk mencapai hasil yaitu  " sama dengan  [ = ] berapa [ ?]  atau dilambangkan  = ?.

ingatlah bahwa penambahan tidak pernah mencapai batas cukup. cobahlah kamu tambahkan angka angka di rekeningmu. ketika mencapai 1milyar . tetap saja bisa ditambahkan lagi. bahkan ketika mencapai 1triliyun masih juga bisa ditambahkan lagi. inilah yang disebut ketidakpuasan.
ketika kita lapar makanan / ilmu /seks / pujian maka kita akan terus menambah dan menambah sampai merasa kenyang akan makanan/ilmu /seks/ pujian. sebagian orang berhenti ketika sudah kenyang.

tapi sebagian lagi tidak mengerti makna kata " cukup" sehingga sudah kenyang tapi terus makan. hasilnya " kegemukan berlebihan" . jika kita punya banyak uang, kita bisa makan semau kita di restoran, itu betul secara ilmu ekonomi & rasio normal. lha duit mu sendiri mau kamu habiskan untuk makan 10 piring juga tidak masalah. tapi jika kita cukup makan 2 piring. kenapa kita makan 5 piring hanya demi menuruti rasa " suka / kegilaan" akan sesuatu. padahal 3 piring tambahan yang kita makan bisa diberikan kepada orang2 lain yang kelaparan.

di titik inilah pelajaran olah jiwa /spiritual diperlukan untuk menyeimbangkan pola pikir , pola rasa , pola tindakan kita. setiap orang memiliki pola hidup unik. proses perhitungan hidup yang dilakukannya seperti penambahan, pengurangan, pembagian dan perkalian akan membawa hasil lahir dan hasil batin bagi dirinya.

namaku edy pekalongan , itu data kelahiran. pemberian bapak ibu. di legalisasi oleh catatan sipil. hartaku sekian, itu catatan kelahiran dari rekening bank.  gelarku ini itu, itu catatan kelahiran dari universitas. tapi jiwaku masih tetap sama, kalo tidak diolah maka tetap saja akan menjadi jiwa yang miskin. oleh karenanya aku belajar olah jiwa /spiritual agar jiwaku yang miskin menjadi jiwa yang kaya raya dan makmur. itulah kebahagiaan lahir batin.

salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k