Langsung ke konten utama

# anak tangga Raja Yoga





amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi 
# anak tangga Raja yoga
*
*
kalo anda sibuk , jangan membaca tulisan ini. percuma, ini uraian panjang. buang buang waktu saja. dan tulisannya agak berat. kalo efek samping muntah dan pusing. nanti malah repot. sudah saya ingatkan, resiko membaca anda tanggung sendiri.
*
*
dulu saya anggap yoga itu senam. setelah saya dalami dan praktekan. tidak begitu. lebih rumit dan terstruktur. khususnya dalam cabang raja yoga. yaitu latihan yoga untuk para raja & keluarga raja jaman dulu. 
*
*
latihannya ada 8 tahap. latihan pertama tentang membentuk karakter . dimulai dari Larangan. tidak mencuri, tidak berdusta, tidak serakah. 
*
*
Latihan kedua tentang memupuk sifat baik seperti merasa cukup, berbuat baik tanpa pamrih, belajar mengerjakan tugas sehari-2 sendiri seperti masak, mencuci . menyapu. ini berat untuk kaum bangsawan yang biasa dilayani. 
*
*
kalo ajaran baru tahapan Larangan berbuat Jahat dan Anjuran berbuat kebaikan. itu baru 2 tangga terbawah latihan Raja yoga. disebutnya latihan Yama dan Niyama. dan rata-2 doktrin agama, baru di tahap ini. 
*
*
latihan ketiga itu Olah Raga / olah tubuh atau Asana . ini senam atau gerak tubuh. tujuannya melancarkan peredaran darah, membuang racun di tubuh, kesehatan. karena Tubuh adalah alat untuk menjalani kehidupan. maka perlu di siapkan dan disiplinkan.
*
*
latihan ke empat itu Pranayama. mengolah prana, dalam bahasa jawa prana disebut hawa murni, di china disebut Chi , di Hawaii disebut Mana, di jepang disebut Ki. tujuannya agar seseorang peka terhadap prana. bisa memanfaatkan prana dalam kehidupan sehari hari. 
*
*
latihan pernafasan apapun adalah salah1 metode mengumpulkan prana. dalam akupuntur ataupun ayurveda, aliran energi prana di tubuh inilah mempengaruhi kesehatan.
*
*
Latihan kelima adalah Pratyahara, atau seni menghemat energi di tubuh. menyimpan energi dan menggandakan energi. latihannya bisa tidak bicara 4 hari . energi yang keluar lewat obrolan sehari-2, bisa di simpan. berpantang sex 7 hari. sehingga energi yang keluar lewat aktivas sex, bisa di simpan untuk keperluan lain. 
*
*
latihan Pratyahara yang alami adalah tidur lelap tanpa mimpi. karena mata kita tertutup, mulut kita tertutup. gerak tubuh hanya berbaring selama tidur. tapi kita bernafas alami yaitu memakai nafas perut selama tidur. maka bangun terasa segar.
*
*
latihan ini adalah seni istirahat. semua hewan istirahat duduk / berbaring . mereka diam dan bernafas. lihat kijang , banteng, sampai singa dan ular di hutan. prakteknya sama.
*
*
Latihan ke enam adalah dharana , yaitu konsentrasi pikiran. tujuannya menguatkan pikiran agar kokoh. latihannya bisa dengan hapalan, latihan logika dan filsafat, matematika, ilmu arsitektur tata kota kerajaan / , memanah , mendengar daun bambu jatuh, mengukir patung, merapal mantra. intinya kekuatan pikiran di kembangkan. berguna juga pada saat memimpin kerajaan. karena raja tidak boleh bodoh. 
*
*
Latihan ke tujuh adalah Dhyana atau konsentrasi perasaan. tujuannya untuk menghilangkan kotoran batin. mengurangi sifat dendam, iri , dengki, rakus. juga untuk menajamkan perasaan. dengan seni ( musik, tari , lukisan ) dan sastra ( puisi , bahasa , aksara ). 
*
*
berguna saat memimpin kerajaan, sehingga mudah menangkap situasi batin rakyatnya. juga untuk diplomasi dan perundingan. maka kerajaan pasti punya beragam seni dan sastra. filosofi dasarnya di latihan raja yoga jelas. 
*
*
raja menciptakan tari , menciptakan musik, puisi . itu latihan Dhyana. orang yang perasaannya tumpul. ia mustahil peka terhadap keindahan, apalagi mencipta karya seni. karena seni dan sastra menghaluskan rasa manusia.
*
*
Latihan kedelapan atau puncaknya adalah Samadhi. dari kata Sama & Adhi. artinya sama puncak / setara tingginya / sama luhurnya. tujuan samadhi adalah menyamakan diri dengan sifat-2 luhur atau sifat sifat mulia para dewata. 
*
*
maka orang yang berlatih samadhi dan sudah lama,ia mengeluarkan sifat-2 dewata / luhur di dalam dirinya. sehingga rupa badannya manusia, tapi sifat dan wataknya seperti dewata. di jawa disebut "dewata ngejawantah". 
*
*
bagi raja , latihan samadhi berguna untuk mengambil keputusan sendiri, cepat , tanpa ragu ragu dan tanpa pengaruh penasehat kerajaan. ia berkomunikasi langsung dengan pusat kesadaran di dalam dirinya. 
*
*
maka bagi saya pribadi, masuk tahun ketujuh, latihan baru di tahap Dharana ( konsentrasi pikiran ) , maka saya belajar logika berpikir, matematika , filsafat. dan Dhyana ( konsentrasi perasaan ). maka saya mengekplorasi seni dan sastra. kalo tahapan samadhi versi raja yoga . saya belum sampe kesitu. dalam 8 jalan ajaran budha juga ada latihan samadhi yang benar.
*
*
samadhi bagi saya bukanlah meditasi. karena meditation dalam bahasa inggris, itu terjemahan dari dhyana . di serap ke bahasa indonesia jadi meditasi. dhyana dalam bahasa sansekerta diserap ke bahasa china jadi chana / chan . diserap ke bahasa jepang jadi zhana / zen. 
*
*
kalo samadhi di terjemahkan ke bahasa inggris, ada yang memakai istilah superconsciousness. buku OSHO di tahun 1980-an tentang latihan mengolah energi sex menuju samadhi. from sex to samadhi. disebut from sex to superconsciousness.
*
*
kalo versi aliran lain, saya tidak tahu. saya melarang seseorang yang bekerja di pemerintahan, saat mau belajar raja yoga. alasannya adalah kalo masih pengen korupsi , suka berdusta. maka jangan masuk latihan raja yoga. nanti hidupmu jadi kacau & menderita.
*
*
karena dasar latihan raja yoga adalah etika dan disiplin watak. baru olah tubuh , olah cipta dan olah rasa. kalo itu sudah semua. baru masuk latihan samadhi. maka salah satu ujian bagi calon raja dalam tradisi kerajaan kuno adalah ia di nilai dari kualitas latihan 8 tahap raja yoga. 
*
*
filosofi yoga sangat jelas yaitu benar, baik, indah. kalo sesuatu ajaran mengaku benar, kalo dijalankan pasti menjadi baik dan memancarkan keindahan di bumi. 
*
*
semoga semua mahluk selamat dan bahagia. karena orang yang bahagia jauh dari niat jahat. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha Paing
( nama lain edy pekalongan )



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k