Langsung ke konten utama

terapi holistik : stess , depresi ,bunuh diri ..

terapi holistik : stess , depresi ,bunuh diri ..


" seseorang yang tidak stabil laksana meja yang reot. Pelbagai tehnik "manajement stress " adalah seperti menahan kaki kaki meja agar tidak roboh. Masalahnya meja itu akan jatuh segera setelah anda pergi. karena meja itu tidak dapat berdiri sendiri, maka ia selalu membutuhkan bantuan dari luar dirinya. sama dengan upaya kita melawan stess dengan menggunakan unsur luar : obat penenang, narkotika, alkohol, liburan atau bantuan dari teman . itu semua tidak akan bertahan lama, penyembuhan harus di mulai dari dalam diri orang tersebut dan dilakukan secara menyeluruh dari aspek tubuh , pikiran , emosi dan spiritual "



menyaksikan tayangan berita televisi , kasus mahasiswa yang bunuh diri , polisi yang bunuh diri. dan serangkaian kasus lain yang pemicunya adalah stress berkepanjangan sehingga menjadi depresi dan lenyapnya keinginan untuk hidup. saya ingin menulis sebuah catatan pribadi dari buku berjudul " The messengger Within " terbit tahun 1999.

karya : Soraya Susan Behbehani. yang sudah di terjemahkan dalam bahasa indonesia
berjudul " Fit From Within - sehat dan smart tanpa obat "


Soraya Susan Behbehani adalah ahli terapi keluarga, spesialis di bidang manajemen stress, pengajar meditasi sufi dan seorang penyembuh, tinggal di california ,amerika.

---------

dalam bukunya soraya mengatakan :
kebanyakan buku text book medis standar menyatakan 50 - 80 % penyakit dimanapun pada sebab sebab psikosomatik atau yang berkaitan dengan stress.

Penyakit yang bermula dari gangguan psikologis yang kemudian berdampak pada penyakit fisik atau lebih di kenal sebagai psikosomatik dan yang berkaitan dengan stess saat ini di derita oleh sebagian orang dan penyembuhan dengan obat obatan saja tidak cukup membantu. bahkan banyak di berbagai tempat orang yang mengalami stress tanpa tahu dia menderita stess sehingga yang di rasakannya hanyalah gangguan sulit tidur atau insomnia yang berkepanjangan.

berbagai reaksi negatif stress yang paling umum terjadi berfungsi sebagai tanda tanda peringatan awal akan perusakan terhadap tubuh. reaksi reaksi itu meliputi sesak di dada, detak jantung yang keras/cepat, sifat gampang marah, susah tidur, kurang konsentrasi , lupa, perut melilit, tegang di bagian leher dan bahu, sakit kepala yang membandel, otot otot yang berkontraksi dan sangat menegang yang pada gilirannya menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman serta rasa kelelahan yang tidak berujung.

ketika berbagai dampak stess itu berakumulasi dalam waktu yang amat panjang, maka berbagai dampak itu pada akhirnya akan menguras cadangan energi adaptif ( energi yang berfungsi untuk beradaptasi dengan lingkungan ). Dampak yang biasa adalah kesakitan, termasuk sakit kepala, migren, bisul, tekanan darah tinggi, alkoholisme, kecanduan obat , asma dan penyakit jantung.

gambaran bahwa kita mulai terperangkap dalam perasaan perasaan kita yang berujung pada depresi dapat anda lihat di bawah ini


1. saya marah ------------> saya bereaksi
2. saya bereaksi -----------> saya merasa salah
3. saya merasa salah ----------> saya menghukum saya
4. saya menghukum saya -----------> saya menolaknya
5. saya menolaknya ------------> saya jadi gelisah
6. Saya gelisah -----------------> saya lelah
7. saya lelah ----------------> saya depresi

jika depresi ini sudah berkepanjangan , dan hambatan hambatan mental dan emosional tidak tersalurkan. maka daya tahan seseorang dalam menjalani kehidupan akan menurun drastis.

sampai lenyapnya keinginan untuk hidup dan tanpa ambisi. kalau sudah demikian.. biasanya orang tersebut malah terlihat santai dalam menjalani hidup. namun didalam hatinya putus asa.

dan resiko bunuh diri akan meningkat pada orang orang yang sudah lama menderita depresi.

apa yang harus di lakukan ?

mencegah lebih baik dari mengobati.

hubungi psikolog terdekat /ahli terapi kejiwaan/ spiritual healing.
------


jika anda tidak tahu sedang stess atau tidak berikut saya tuliskan , beberapa indikator stres baik mental dan fisik
indikator mental :

1. semakin lekas marah
2. kurang sabar
3. perilaku bimbang
4. pelupa
5. depresi
6. kekecewaan
7. gelisah tanpa alasan yang jelas
8. kurang konsentrasi
9. frustasi/marah
10. aktivitas mental yang melemah
11. mimpi buruk
12. rasa tidak berdaya
13. rendahnya penghargaan diri
14. negatifitas
15 . suasan hati tidak karuan

indikator fisik

1. sakit otot
2. kesulitan pencernaan
3. gangguan kulit atau jerawat
4. sakit perut
5. rasa panas dalam perut
6. sakit dada
7. gemeretak gigi
8. skait kepala
9. sakit punggung
10 rasa lelah yang terus menerus
11. keringat berlebihan
12. nafas pendek
13. tekanan darah tinggi
14. hiperaktivitas
15. tidak teraturnya masa menstruasi
16. rasa pening, mabuk
17 insomnia
18.makan tidak teratur
19.sembelit
20 . kelelahan.

apa yang bisa dilakukan untuk menghadapi indikator stess ini :

resep si edy :

1. rileksasi

meliputi rileksasi tubuh secara total , dengan di pijat dan mandi air panas.
rileksasi panca indra meliputi :
- rileksasi mata denganmelihat yang indah indah/ karya seni
- rileksasi telinga , mendengar musik yang lembut dr gamelan klasik jawa, kecapi suling , suara ombak dan air terjun.
- rileksasi hidung , dengan aroma terapi
- rileksasi lidah , minum jamu yang pahit pahit.

2. olah raga ringan , seperti senam dan jalan kaki. untuk melancarkan peredaran darah dan mengusir rasa malas.

3. latihan meditasi ketenangan dengan di bimbing orang lain/ teman yang biasa bermeditasi. sebagai penyeimbang pikiran , perasaan , tubuh dan jiwa seseorang

4 .memilih menjalani terapi tertentu, untuk penyembuhan....


sekian , semoga bermanfaat.

salam,
edy
pekalongan

praktisi terapi menggambar untuk anger management.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k