Langsung ke konten utama

Pengalaman menulis Buku Pertama

Pada suatu malam memasuki minggu pertama bulan ramadhan tahun 2011. Saya mendapat inspirasi untuk menulis buku . Setengah ragu dan setengah yakin dengan inspirasi yang datang tersebut. Saya mulai melakukan dialog batin dengan diri saya sendiri. Ini disebut perenungan , hanya dalam keadaan diam kita berdialog dengan keinginan keinginan kita , berdialog dengan kepercayaan diri kita , berdialog dengan segala keraguan yang timbul di dalam pikiran kita .

Dari hasil perenungan tersebut , saya mendapat kesimpulan kenapa tidak saya coba saja. persoalan jadinya baik atau buruk itu urusan nomer 27. Akhirnya saya mencoba mencari apa apa yang bisa saya tulis , dari sebuah tema samapai akhirnya muncul sebuah ide untuk menggabungkan beberapa tulisan saya di blog ,di gabung dengan puisi , di gabung dengan berbagai catatan petualangan saya selama 5 tahun terakhir. Menjadi sebuah buku kumpulan essay tentang pengembangan diri dan kecerdasan spiritual.

Pada waktu itu laptop saya juga mengalami error alias mati  dan inspirasi sedang mengalir deras. Saya punya banyak waktu dan tenaga ,tapi kenapa peralatan saya mendadak menghalangi langkah saya untuk maju . Saya tidak mau kalah dan menulis di lembaran kertas hvs seperti dulu waktu tahun 2001 ketika saya mulai berlatih menulis untuk kegiatan membuat artikel .

Setelah seminggu , saya memutuskan untuk mencari solusi atas masalah ini karena 80 persen tulisan sudah jadi . Saya perlu teman diskusi dan tempat yang tenang untuk menulis. Jauh dari kebiasaan saya, sehingga untuk sementara waktu saya tidak di sibukkan dengan berbagai urusan yang biasa saya kerjakan, akhirnya saya menghubungi salah satu teman saya di karawang , seorang pengusaha yang saya kenal sudah 3 tahun sebelumnya.

Saya mengirim sms ke beliau dan meminta tolong meminjam notebook untuk menulis buku , jawaban dari beliau sungguh tidak di sangka. Saya di persilahkan meminjam notebook dengan syarat saya harus datang ke karawang dan menulis disana , ada sebuah villa kebun milik beliau yang cukup tenang untuk menulis. Setahun sebelumnya saya pernah berkunjung kesana.


Seminggu saya menulis naskah di karawang, saya mendapat pencerahan tentang hasil akhir buku, bahwa buku ini adalah sebuah essay yang terbagi menjadi beberapa bagian. Bagian pertama tentang pengembangan diri sedangkan bagian kedua tentang pengembangan kecerdasan spiritual serta petualangan saya selama 5 tahun terakhir. Jadinya buku ini adalah tentang sharing pengalaman nyata saya , bukan tentang imajinasi saya. Mirip sebuah cacatan pinggir seorang pakar di sebuah koran yang terbit setiap minggu .

Sesudah konsep utama buku saya selesai , saya pulang ke rumah dan menuntaskan pekerjaan untuk mengedit kalimat dan tanda baca. Ini sesuatu yang sungguh melelahkan. Waktu saya hampir tersita 3 bulan untuk mengerjakan ini semua dan saya tidak tahu ini akan saya terbitkan kemana . Lalu saya mencari informasi lewat google tentang penerbitan independent dan bertemu beberapa situs . Salah satunya adalah www. nulisbuku.com . Namun di situs itu tidak ada keterangan lengkap,  hanya ada sebuah tatacara upload naskah dalam format pdf dengan cover dan resume.

Berarti saya harus membuat format naskah pdf sendiri , melayout cover dan mengubahnya dalam bentuk ukuran sesuai format dan akhirnya berhasil. Lalu beberapa minggu kemudian saya upload di nulisbuku.com dan saya membayar biayanya, dalam waktu 10 hari buku pertama saya dikirim ke rumah. Saya membacanya dan ternyata banyak kekurangannya. Lalu saya merevisinya dan masih  tidak puas dengan hasilnya . akhirnya saya menghapus projek buku saya itu dari nulisbuku.com walaupun tercatat sudah laku 2 eksemplar.

saya melakukan perubahan radikal pada konsep buku saya . Mulai dari judul , format susunan isi dan cover . Pada intinya isi naskah sama,  hanya susunannya yang berbeda. Mirip sebuah ruangan dengan kursi, meja dan berabagai aksesories. Masih sama isinya tapi ketika di dekorasi ulang akan menciptakan nuansa yang sama sekali lain dan berbeda, apalagi kali ini saya mendekorasinya dengan prinsip Feng Shui. Apa itu Feng Shui ? yaitu ilmu tata letak alam semesta dari negeri china kuno , Feng Shui sendiri arti katanya adalah gabungan angin dan air. bahkan feng Shui ini sudah di ajarkan sebagai mata kuliah dalam jurusan arsitektur di Universitas di China sejak awal tahun 1990-an.




Mengingat target market pembaca saya adalah generasi muda sampai tua yang mencari inspirasi pengembangan kecerdasan spiritual maka saya meramu kembali buku saya itu dengan format yang lebih umum namun tetap memiliki ciri khas saya. Buku ini menjadi sebuah buku yang ringan di baca tapi tetap memiliki kedalaman makna bagi yang mau merenungkannya. Buku ini bukan terdiri atas bab 1 sampai bab ke sekian tetapi terdiri atas bagian A sampai bagian Z . Kemudian di lanjutkan bagian Ha sampai bagaian Nga. Jadilah susunan daftar isi di buku saya berisi semua karakter huruf latin yang disambung dengan karakter huruf jawa.

Dari sini saya ingin mengatakan bahwa huruf latin melambangkan pengembangan diri sedangkan huruf jawa melambangkan pengembangan kehidupan . Tidak ada huruf jawa yang mati ,semua huruf jawa hidup. Huruf latin yang hidup hanyalah a, i, u, e dan o , sisanya adalah huruf mati.

Gabungan  filsafat jawa dan yoga, saya ramu  dalam bentuk yang sederhana  bahkan dalam covernya sengaja saya pilih warna laut atau samudra yang melambangkan keluasan sifat air. Sekaligus menyambut jaman Aquarius sebagai era kebangkitan spiritual dunia memasuki 2012 bertepatan dengan berakhirnya kalender Suku Maya.

Semua hal di dunia akan terpengaruh dengan spriritual . apa itu spiritual ? yaitu mengolah batin menjadi tenang , indah dan damai. Era kejujuran , era kesetaraan , era dimana nilai nilai moral yang baik mendapat tempat yang utama.

Setelah 3 kali upload proyek di nulisbuku.com dan saya menghapus semua proyek saya dan membenahinya . Lalu saya mengurus ISBN atau International Serial Book Number agar buku saya terdaftar di Katalog Perpusataan Nasional Indonesia dan jika di jual memiliki standarisasi .

Buku saya yang pertama ini akhirnya setelah bertransformasi memiliki Judul : ANAHATA Motivasi Inspirasi .
Saya puas dengan karya saya yang ini, betul betul menguras tenaga, pikiran dan uang . Namun memang betul yang dikatakan oleh para penulis buku senior bahwa menulis buku seperti mengandung dan melahirkan anak, perlu perjuangan dan waktu.

Jika belum saatnya lahir tapi sudah di lahirkan, maka akan menjadi bayi premature. Kali ini karya saya yang pertama sudah lahir dengan selamat  dan memiliki ISBN yang artinya ibarat bayi yang sudah memiliki akta kelahiran dan tercatat oleh negara.

Nulisbuku.com adalah situs yang di dalam buku saya tercatat sebagai mitra kerja  toko online dan Percetakan saja,  karena penerbit buku saya adalah Edypekalongan Home Publishing dengan direkturnya adalah saya sendiri. Sehingga saya punya hak penuh akan menjual karya saya kemana saja. Senang bisa melahirkan sebuah buku dan buku kedua  segera akan saya jual februari 2012 ini baik versi cetak dan ebooknya.

Tinggal mengatur startegi pemasarannya , karena melalui nulisbuku.com kita harus menjadi sangat mandiri yaitu menulis buku sendiri ,mengedit sendiri , membuat cover sendiri , mendaftarkan isbn sendiri , mengupload sendiri , membayar sendiri , dan mempromosikan sendiri . Laku atau tidaknya buku kita tergantung pada promosi kita dan sejauh apa tulisan kita di kenal masyarakat .


Nama seorang penulis adalah merek dagang bagi setiap bukunya. Jika anda memiliki nama baik dan kualitas yang baik di mata kawan kawan anda dan masyarakat internet . Maka penerbitan di nulisbuku.com adalah jalan yang tepat .

Namun jika anda hanya menulis buku dan menerbitkannya, tapi ketika seseorang mengetik nama anda di Google, tidak keluar sesuatupun tentang nama anda , maka anda belum dikenal siapa siapa . Tapi itu adalah langkah awal anda memasuki jejaring dunia maya, teruslah menulis dan menulis . Tinggalkan jejak anda di dunia maya , maka lama lama masyarakat dunia maya akan mengenal anda.

Masyarakat dunia maya disebut Netizen, jika masyarakat kota di sebut Citizen. Saat ini Netizen terbesar adalah warga facebook , ada pula warga twitter , blogger dan lain lain .  semua warganya siap menyambut karya anda,  maka dari itu berkaryalah.

Pengalaman menulis buku pertama  ini menjadi guru berharga bagi saya dan ternyata membuat buku tidak mudah tapi saya sudah melewatinya. Ini sebuah kursus yang mahal mengabiskan uang tapi saya memiliki pengalaman yang sepadan. Betul apa kata pepatah " pengalaman adalah guru yang paling berharga ".

yang menyemangati saya menulis salah satunya adalah musik. dan musik yang paling sering saya putar adalah albumnya Josh Groban . saya punya 5 album josh groban . mendengar lagu lagunya hati ini menjadi tenang dan bersemangat. terutama lagu lagu latin yang dinyanyikan dengan suara bernada tinggi , halus tapi bertenaga. sesuai karakter saya. sekarang saya sudah punya satu album konser josh groban yang saya download dari youtube. musiknya halus dan powerfull . jika unsur alam , nyanyian josh groban adalah gelombang samudra. kadang ombaknya  halus tenang tapi kadang juga ombaknya begolak sampai 5 meter. ini yang saya suka dari karaker suara dan musiknya.  tidak semua orang suka tapi saya merasa ini pas dengan karakter saya yang halus. dan dalam terapi  penyembuhan dengan energi prana, energi paling halus lebih powerfull dan efektif untuk membantu kesembuhan pasien. 
sekian, semoga ada manfaatnya.

salam,
edy pekalongan

Komentar

Ismail Nur Hidayat mengatakan…
Gimana Mas cara promosinya? Trus respon pembaca gimana?

Ismail
i-hidayat.blogspot.com
Edy Pekalongan mengatakan…
berkarya yang terbaik. ceritakan karya kita kepada orang lain. respon pembaca, terserah mereka. sederhana.

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k