Langsung ke konten utama

@NBCSemarang : semangat warung kopi


foto setelah kopdar



Kopi Darat Nulisbuku club semarang tgl 24 juni 2012 . Lokasi di warung singosari depan wonderia. di mulai sekitar jam 10 lebih 20 menit. saya : edy pekalongan dan titis firman , lalu "mbek "  memilih tempat duduk. tak lama kemudian datanglah tyas .

kita mulai obrolan dengan saling mengenal. saling berbagi infrmasi tentang diri kita pribadi. lalu berbagi tentang tata cara mengupload naskah ke nulisbuku.com dan bagaimana sebuah naskah buku bisa diselesaikan dengan baik. sambil menikmati kopi dan minuman. tyas mengupdate informasi jalannya acara lewat twitter @NBCSemarang.

saya sempatkan untuk membacakan beberapa puisi dari buku saya ke 4 yaitu kalacakra . buku puisi seorang yogi. salah satu puisi yang saya baca adalah dibawah ini:

# bau pesing di negeri kambing 

di negeri kambing
perawan ting ting
di perdagangkan
kitab suci hanya di butuhkan
saat upacara sumpah jabatan

di negeri kambing
terdakwa di tinggikan
hukum di rendahkan

di kantor kantor
karyawan bertasbih kepada atasan
nama Tuhan di bingkai
lalu di pajang di tembok – tembok
sebagai hiasan ruangan

di kelas – kelas
siswa mengajarkan
cara guru menjadi babu
menyajikan menu
bagi mereka selaku tuan

di negeri kambing
pemerintah menaikkan harga
dan menurunkan nilai uang negara
uang kertas bergambar wajah penguasa

kini berganti penguasa
gambar wajah penguasa lama
di ganti gambar bapaknya
dan nilainya berlipat dua

di negeri kambing
induk kambing mengatur segala
jika masyarakat mengembek
prajurit kambing lalu menanduknya

karena sering tertidur
hidup di negeri kambingpun
kita belum terjaga

2 februari 2003

kemudian datanglah riris rukma dengan yulza ariza.
informasi ini diupdate oleh teman kita melalui twitter oleh mbak @WindOei pada jam 12.05 wib :
"@NBCSemarang: Hello temansss..udah ada mas @edypekalongan @dnya2s @mbek_telkom @andiatno" « salaam :) :) + @roekma @yulfayuppi? Sapa lagi?

acara dilanjutkan sharing tentang rencana proyek ketiga yaitu menggarap nulis buku bersama dengan tema " tentang Rokok ". rencana ini akan diumumkan kemudian hari melalui twitter.

Sharing dilanjutkan dengan rencana pertemuan kopi darat berikutnya. harapan kita yang hadir. teman teman follower nbc semarang mau ikut kopdar. terutama yang punya rumah di semarang. untuk mau menjadi tuan rumah menyediakan lokasi dan yang hadir tetap membayar iuran untuk makan dan minum sendiri.  jika di rumah dengan lesehan tikar ini akan lebih pas dan santai. kendala inilah yang menjadikan kopi darat nbc semarang selalu di adakan di warung.  tak lama tyas pamit undur diri karena ada keperluan.

memang ada sebuah kebiasaan sejak jaman dahulu kalau sebuah warung akan menjadi tempat bertemu dan berbagi cerita bagi siapapun yang mampir. entah itu musafir yang lewat, orang yang  ekedar minum kopi. warung menjadi semacam tempat terbuka yang "welcome" untuk siapa saja asal anda membayar makanan dan minuman.

satu satunya tempat semua orang boleh mampir adalah warung. di warung tidak ada basa basa seperti di rumah. di warung kita lebih nyaman. mungkin kebijaksanaan warung inilah yang menjadikan para calon pendekar kata di masa depan lahir melalui komunitas nulisbuku club semarang.

di warung tidak ada kasta. semua orang mau kaya atau miskin. pintar atau bodoh. boleh mampir dan duduk disana. warung adalah tempat makan dan minum. namun dalam prakteknya kopi darat nbc semarang melampaui ritual makan minum menjadi bermakna karena unsur berbagi semangat menulis.
yang utama adalah semangat menulis. persoalan kita akan menulis apapun , itu bergantung pada minat dan bakat masing masing. tidak ada batasan dalam menulis sebuah tema.

kita menulis dalam huruf latin dan bahasa indonesia. oleh karenanya kita harus memahami semangat huruf latin yang mengusung ilmu pengetahuan. dan memahami semangat bahasa indonesia sebagai penerus dari bahasa melayu kuno yaitu bahasa perdagangan sejak jaman kerajaan sriwijaya diabad ke 8 sampai awal abad ke 15 M. di masa lalu bahasa melayu kuno adalah percampuran bahasa jawa kuna dan bahasa serapan dari melayu yang sifatnya elastis dan berkembang sebagai bahasa perdagangan. bahasa melayu tidak mengenal kasta kasta. sebagai bahasa pergaulan dalam dunia perdagangan bahasa melayu kuno sejak abad ke 15 M di kenal di wilayah perdagangan dari pulau Mindanau di philiphina saat ini sampai Persia atau Iran saat ini.

Semangat bahasa persatuan melayu kuno inilah sebagai cikal bakal bahasa Indonesia.
kita menulis dalam huruf latin dan bahasa indonesia. maka dengan mengetahui sejarah dan semangat huruf latin dan sejarah bahasa persatuan kita.  akan memberi setidaknya gambaran bahwa sebuah bahasa dan huruf memliliki sejarahnya . tidak langsung ada dan digunakan sebagai simbol komunikasi.

kalau kita menyadari bahwa sebelum republik indonesia merdeka sudah ada penulis. maka seorang penulis tidak boleh merasa terhambat oleh kendala bahasa indonesia dengan segala tata bahasanya yang baku. karena sebelum buku pedoman tata bahasa yang baku di ciptakan, sudah ada orang menulis syair dan menulis cerita.

sebelum fakultas sastra indonesia pertama didirikan di republik ini.  jauh sebelumnya sudah lahir sastrawan lokal. maka jangan alasan kalau tidak kuliah sastra maka anda takut menulis. tanpa fakultas sastrapun seorang yang terpanggil untuk menulis dan berkarya tetap akan terus berkaya dan menulis dalam ruang lingkup budaya masyarakatnya.

seorang satrawan lebih dulu hadir sebelum perguruan tinggi dan fakultas sastra didirikan. hambatan terbesar seseorang untuk menulis buku dan merampungkan prosesnya adalah kurangnya informasi dan semangat bimbingan dari orang yang telah menulis buku. maka ijinkanlah saya membagi nyala api menulis di dalam diri saya kedalam diri anda semua.

semoga dengan pertemuan ini. semangat menulis kita tetap menyala. tetap lestarikan semangat komunitas penulis kelas warung kopi.

salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k