Langsung ke konten utama

rahasia celestine propercy



salah satu pelajaran dalam novel celestine propercy , sebuah novel yang berisi ajaran kuno tentang menemukan jati diri dan terhubung dengan sumber energi semesta. terdapat beberapa hal menarik untuk di cermati yaitu :

 manusia membutuhkan energi untuk kebutuhan fisiknya , untuk kebutuhan pikirannya , untuk kebutuhan perasaannya dan untuk kebutuhan jiwanya. di dalam novel ini dikatakan bahwa kebanyakan manusia mencari energi untuk memenuhi kebutuhan pikiran , perasaan dan jiwanya dengan benda2.  tapi bagi mereka yang sudah sadar dan terhubung dengan energi illahi / energi semesta atau dalam ilmu yoga di sebut mampu menyerap prana alam dan prana semesta , maka kebutuhan untuk prana ini tidak perlu dengan mencuri dari orang lain. tidak dengan cara meminta perhatian dan mengekploitasi manusia lain. cukup dengan cara meditasi. 

pada titik pemahaman ini saya setuju. bahwa tujuan awal saya bermeditasi pun untuk mengisi energi di tubuh saya. agar saya tidak mudah merasa kelelahan. ini pelajaran dasar yang saya pelajari. bagaimana menarik energi dari alam dan menyimpannya ke tubuh kita. dengan begitu kita menjadi manusia yang selalu sehat dan bugar.


namun pada titik selanjutnya pelajaran dalam novel ini adalah tentang bagaimana berusaha untuk melepaskan kehendak mengatur sesuai konsep. dan mulai menemukan aliran kebahagiaan di dalam diri. dengan terhubung dengan energi illahi kita akan mendapat wawasan / inspirasi tentang apa apa yang harus kita lakukan dan kita akan mudah menjalaninya karena ini sesuai dengan rencana semesta .

ini sama saja , kita sudah mulai menyerahkan hidup kita kepada rencana illahi atau cetak biru alam semesta dengan maksud dan tujuan tertentu kenapa kita di lahirkan pada saat ini di jaman ini pada keluarga tertentu. ini adalah wilayah kesadaran bahwa manusia datang ke bumi untuk tujuan belajar mengembangkan cinta kasih dan kerukunan serta menciptakan kondisi kehidupan yang mendukung untuk berlatih spiritual.

bagi saya , novel ini walopun dalam edisi bahasa inggris belum tuntas saya baca , tapi filmnya sudah saya tonton. saya menyimpulkan ini sebuah pelajaran spiritual yang berharga dan perlu penerjemah yang merupakan pelaku spiritual untuk menjelaskan apa apa yang dimaksud dalam novel ini. tanpa penjelasan dari praktisi spiritual / rohani maka novel ini hanya menjadi cerita khayalan dan imajinasi. 

novel ini jika di kupas dengan betul , maka akan menjadi sebuah materi pelajaran yang luar biasa. namun sangat sulit untuk menjelaskannya kepada orang yang malas berpraktik, apalagi belum mempelajari tentang ilmu menyerap energi halus atau prana / chi / ki / mana atau hawa murni. 

ilmu tentang energi adalah salah satu pintu gerbang spiritual untuk memahami cara kerja energi di alam semesta. membaca novel ini , saya sangat kagum. karena semua perjalanan spiritual saya seakan bisa di rangkum dan di jelaskan dalam novel ini , begitu sistematis dan teratur. padahal jika saya menjalaninya selama 10 tahun terakhir ini , terasa sangat acak , tidak terencana dan sering keliru / tersesat dalam kebingungan.

novel ini menjadi semacam titik balik bagi saya untuk melangkah ke depan. bukan untuk terus naik, tapi untuk mengharmoniskan energi langit dan energi bumi didalam diri saya. atau dalam bahasa jesus adalah menghadirkan kerajaan surga di bumi. 

tidak ada yang kebetulan dalam hidup ini, jika jiwa kita terhubung dengan aliran energi semesta maka banyyak kejadian kebetulan dalam hidup kita yang menuntut kita untuk terus atau berhanti atau memutar dalam mencapai tujuan awal penciptaan kita di bumi dan tugas pribadi yang diemban masing2 jiwa. 

love peace harmony.
salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k