polahe wong Jawa kaya gabah diinteri
( perilaku hidup orang di pulau jawa sudah bercampur , sulit di bedakan )
endi sing bener endi sing sejati
(kemana mencari tuntunan kebenaran, kemana mencari hakikat / kesejatian )
para tapa padha ora wani
( kaum pertapa yg ahli samadhi diserang ketakutan )
padha wedi ngajarake piwulang adi
( mereka takut jika diminta membuka ajaran rahasia )
salah-salah anemahi pati
( kalo keliru disalah pahami, bisa menemui ajal / dibunuh )
* ajaran rahasia / piwulang adi. tidak boleh diajarkan sembarangan. di jaman yang moral mayoritas manusianya sudah rusak. bisa di salah pahami. dituduh pengikut setan. di tuduh macam macam. resikonya bisa di cap sesat. bisa di bunuh. maka diam lebih baik dipilih para pertapa.
sepanjang sejarah yg di tulis dalam cerita2 . ajaran yang puncak. disampaikan oleh Guru kepada murit yang terbatas. di tempat khusus. di waktu khusus. bukan untuk konsumsi masyarakat umum.
lihat tempatnya. sudah siap & menerima.
lihat masyarakatnya. sudah siap & menerima.
lihat ajarannya. sudah siap & bisa diterima
lihat muritnya. sudah siap & bisa menerima.
lihat gurunya. sudah siap & bisa menyelaraskan 4 unsur ( tempat, masyarakat, ajaran, murit )
kalo itu terpenuhi. maka sangat ideal sekali.
satu hal jika mau mengajarkan ajaran spiritual disebuah tempat. pertama kali adalah spirit tempat tersebut haruslah bisa menerima dan welcome.
dalam sebuah diskusi tentang festival pertemuan sufi yang akan diadakan di satu lokasi di kota daerah negara bagian di amerika serikat. mereka panitia acara tersebut , terlebih dahulu mengadakan ritual. duduk disebuah tempat selama 3 hari. sampai salah1 penduduk pribumi amerika / suku asli mendatangi dan memberi kabar kalo leluhur asli sukunya telah menerima kehadirannya. dan mau ikut serta bergembira dalam festival yang akan di adakan.
jadi kalo di amerika serikat saja. seorang mau mengadakan festival pertemuan sufi . perlu uluk salam / ijin kepada spirit asli penjaga tanah amerika ( suku pribumi ).
lebih lebih di tanah air nusantara.
termasuk kalo mau jadi anggota DPR RI di Jakarta. saran saya. tidak usah ritual aneh2. tinggal di jakarta seminggu. tiap hari luangkan waktu memutari diorama di dalam tugu monas. itu riwayat sejarah nusantara. dari jaman purba sampai kemerdekaan. lalu duduk saja santai nyimak musik / merenung / baca buku / meditasi di ruang atas . dalam tugu monas 1 jam atau dipuncaknya.
secara psikologis, pengaruhnya jelas. anda akan merasakan semangat nasionalisme. bukan kesukuan. tapi lebih ke jiwa Republik dan modern.
kalo mau lebih menyerap spiritnya belanda. sebagai penguasa pulau jawa. ya tentu saja ada tempat2 tertentu yang harus anda akrab dan serap semangat kepemimpinannya. dan tempatnya indah2 juga modern. penuh barang seni.
setelah kurenungkan, spirit belanda yg bagus2 yang di tinggalkan di pulau jawa. keren juga. dan secara nyata, istana presiden kita saat ini adalah warisan belanda.
selamat pagi. selamat sarapan.
( perilaku hidup orang di pulau jawa sudah bercampur , sulit di bedakan )
endi sing bener endi sing sejati
(kemana mencari tuntunan kebenaran, kemana mencari hakikat / kesejatian )
para tapa padha ora wani
( kaum pertapa yg ahli samadhi diserang ketakutan )
padha wedi ngajarake piwulang adi
( mereka takut jika diminta membuka ajaran rahasia )
salah-salah anemahi pati
( kalo keliru disalah pahami, bisa menemui ajal / dibunuh )
* ajaran rahasia / piwulang adi. tidak boleh diajarkan sembarangan. di jaman yang moral mayoritas manusianya sudah rusak. bisa di salah pahami. dituduh pengikut setan. di tuduh macam macam. resikonya bisa di cap sesat. bisa di bunuh. maka diam lebih baik dipilih para pertapa.
sepanjang sejarah yg di tulis dalam cerita2 . ajaran yang puncak. disampaikan oleh Guru kepada murit yang terbatas. di tempat khusus. di waktu khusus. bukan untuk konsumsi masyarakat umum.
lihat tempatnya. sudah siap & menerima.
lihat masyarakatnya. sudah siap & menerima.
lihat ajarannya. sudah siap & bisa diterima
lihat muritnya. sudah siap & bisa menerima.
lihat gurunya. sudah siap & bisa menyelaraskan 4 unsur ( tempat, masyarakat, ajaran, murit )
kalo itu terpenuhi. maka sangat ideal sekali.
satu hal jika mau mengajarkan ajaran spiritual disebuah tempat. pertama kali adalah spirit tempat tersebut haruslah bisa menerima dan welcome.
dalam sebuah diskusi tentang festival pertemuan sufi yang akan diadakan di satu lokasi di kota daerah negara bagian di amerika serikat. mereka panitia acara tersebut , terlebih dahulu mengadakan ritual. duduk disebuah tempat selama 3 hari. sampai salah1 penduduk pribumi amerika / suku asli mendatangi dan memberi kabar kalo leluhur asli sukunya telah menerima kehadirannya. dan mau ikut serta bergembira dalam festival yang akan di adakan.
jadi kalo di amerika serikat saja. seorang mau mengadakan festival pertemuan sufi . perlu uluk salam / ijin kepada spirit asli penjaga tanah amerika ( suku pribumi ).
lebih lebih di tanah air nusantara.
termasuk kalo mau jadi anggota DPR RI di Jakarta. saran saya. tidak usah ritual aneh2. tinggal di jakarta seminggu. tiap hari luangkan waktu memutari diorama di dalam tugu monas. itu riwayat sejarah nusantara. dari jaman purba sampai kemerdekaan. lalu duduk saja santai nyimak musik / merenung / baca buku / meditasi di ruang atas . dalam tugu monas 1 jam atau dipuncaknya.
secara psikologis, pengaruhnya jelas. anda akan merasakan semangat nasionalisme. bukan kesukuan. tapi lebih ke jiwa Republik dan modern.
kalo mau lebih menyerap spiritnya belanda. sebagai penguasa pulau jawa. ya tentu saja ada tempat2 tertentu yang harus anda akrab dan serap semangat kepemimpinannya. dan tempatnya indah2 juga modern. penuh barang seni.
setelah kurenungkan, spirit belanda yg bagus2 yang di tinggalkan di pulau jawa. keren juga. dan secara nyata, istana presiden kita saat ini adalah warisan belanda.
selamat pagi. selamat sarapan.
salam,
edy pekalongan
Komentar