Langsung ke konten utama

# Robot Pemberontak

amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# Robot Pemberontak
*
*
ada yang menghargai proses penambahan seperti tambah harta, tambah gelar, tambah cantik, tambah anak, tambah istri.
*
ada yang membenci proses pengurangan seperti kurang sehat, kurang konsentrasi, kurang bergairah, penghasilan berkurang, anggota keluarga berkurang / wafat .
*
ada yang suka dengan proses pembagian karena lingkarannya lebih luas dari diri sendiri . seperti berbagi minum untuk orang haus, berbagi waktu untuk orang lain yg butuh, berbagi tempat tinggal, berbagi hasil curian.
*
*
ada orang yang menambah sesuatu dlm hidupnya dengan mengurangi hak milik orang lain, itu namanya mencuri / korupsi.
*
*
dalam berdiskusi, orang yang memaksakan pemikirannya kpd orang lain dengan ancaman dan mengharuskan tidak boleh ada pendapat yang berbeda, sesungguhnya dia telah menjadi perampok kekayaan pendapat orang lain.
*
*
penjajah jaman dulu merampas tanah orang lain dan memperbudak tenaga manusianya. penjajah modern saat ini lebih canggih yaitu ada yang merampas dan mengekploitasi lahan subur pikiran warga bangsa lain dan memperbudaknya dalam sebuah sistem pendidikan yang di buat untuk mendukung kejayaan ekonomi mereka tanpa perlu pengerahan militer.
*
*
kenapa sebuah bangsa perlu menjajah pemikiran bangsa lain ?
*
karena di dalam dirinya merasa kekurangan atau miskin. juga takut melihat bangsa lain lebih hebat dari bangsanya. disisi lain, ini sebuah tanda rasa kurang percaya diri yang di tutupi secara halus.
*
dan mereka yang menjajah sering kali lupa kalo penambahan tidak pernah mencapai batas cukup.
*
*
cobahlah kamu tambahkan angka angka di rekeningmu. ketika mencapai 1milyar . tetap saja bisa ditambahkan lagi. bahkan ketika mencapai 1 triliyun masih juga bisa ditambahkan lagi. inilah yang disebut tidak pernah mencapai batas cukup.
*
*
ketika kita merasa lapar maka kita akan makan sampai merasa kenyang . sebagian orang berhenti ketika sudah kenyang.
*
tapi sebagian lagi tidak mengerti makna kata " cukup" sehingga sudah kenyang tapi terus makan. apa saja di makan. karena pikirannya selalu lapar. hasilnya " kegemukan " .
*
*
jika kita punya banyak uang, kita bisa makan semau kita di restoran. itu betul secara ilmu ekonomi & akal sehat . tapi secara latihan spiritual , jika kita cukup makan 2 piring. kenapa kita makan 5 piring hanya demi menuruti rasa " suka / kegilaan" akan makanan.
*
*
tentang makanan ini bisa di ganti hal lain seperti jabatan , barang & jasa dan lain lain.
*
*
di titik inilah pelajaran olah jiwa /latihan spiritual diperlukan untuk menyeimbangkan sisi kemanusiaan kita. dengan mengasah nalar dan perasaan menjadi semakin alami dan manusiawi. maka budi yang luhur akan muncul dengan sendirinya.
*
*
tapi kalo manusia kelakuannya jadi seperti robot , seperti budak , tidak perlu hal tersebut. karena jika berlatih spiritual maka akan bisa mengacaukan program pikirannya artinya bisa menjadi robot pemberontak, tidak mau lagi menekan perasaannya , membohongi akal sehatnya, dan tidak bersedia lagi di perbudak majikan yg tidak pernah menggajinya tapi memaksa dan mendikte hidupnya dengan alasan " kebenaran " ataupun " aturan umum ". padahal sarapan boleh tidak harus nasi dan sambil membaca buku.
*
*
semoga catatan ini menjadi sia sia pada waktunya. artinya selama masih belum waktunya berakhir , akan menjadi berguna.
*
*
salam,
edy pekalongan
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k