Langsung ke konten utama

# Tetap Berlatih






amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# tetap berlatih 
*
*
orang yang merasa kurang makan, mencari makanan. orang yang merasa kurang perhatian, maka mencari perhatian. orang yang merasa kurang pujian, maka mencari pujian. orang yang merasa kurang pengikut, maka mencari pengikut. 
*
*
orang yang merasa kurang uang, maka mencari uang lebih banyak. orang yang merasa kurang pengalaman, mencari pengalaman. dan seterusnya. ini saya sebut kegiatan penambahan karena sebab merasa kurang.
*
*
karena saya merasa foto profil facebook saya, 6 bulan lalu kurang baik dan indah, maka saya menambah latihan dan ekperimen agar punya hasil foto profil facebook yang lebih baik. dengan usaha tertentu dan dalam 6 bulan ada perbaikan. 
*
*
karena 5 bulan lalu saya merasa terancam oleh penyebaran tren mode fashion pria ala thaliban ( berjanggut , jidat hitam dan celana cingkrang ) yang di populerkan anggota organisasi & partai politik tertentu. dari pada saya marah dan diam saja. maka saya mulai berdandan ala lelaki italia , berlatih setiap hari. 
*
*
akhirnya setelah 4 bulan, saya sudah siap bersaing dengan para agen penyebar tren fashion thaliban saat berjumpa di tempat umum. biar penilaian baik buruk diserahkan kepada yang melihat dan menyaksikan.
*
*
jika tubuh saya merasa kurang bugar, jika pikiran saya kurang konsentrasi, jika perasaan saya kurang tenang. maka saya kembali menambah latihan untuk tubuh , untuk pikiran dan untuk perasaan. agar kondisinya tambah baik. 
*
*
saya lebih suka merubah diri saya sendiri menjadi lebih baik, lebih indah. karena mengeluh tidak bisa merubah keadaan. bagi saya pribadi, jika setiap manusia mau merawat dirinya sendiri, bertanggung jawab pada dirinya sendiri. maka banyak masalah kecil tidak terjadi. seperti masalah kebersihan tempat umum dan etika berkendara di jalan raya.
*
*
karena saya kurang dalam kesadaran menjaga kebersihan , maka saya perlu menambah kesadaran dengan berlatih menyapu lantai setiap pagi. juga kadang membersihkan selokan dan menyapu jalan depan rumah. 
*
*
bahkan saya tambah latihan kemandirian , karena saya merasa kurang tanggung jawab. sekarang saya kembali mencuci baju sendiri, walopun sudah 5 tahun menggunakan jasa tukang cuci ( tinggal bayar dan ambil ). ini berat tapi tidak apa apa.
*
*
karena saya lebih banyak memutar musik pake head set di handphone. ini kurang baik karena berakibat memupuk sikap cuek juga gangguan pendengaran dalam jangka panjang. maka saya belajar kembali menikmati musik lewat DVD player disambungkan ke pengeras suara .
*
*
bagi saya saat terbaik belajar spiritual adalah saat ada uang , sehat , gembira dan penuh kenikmatan dan banyak waktu luang. maka latihan menjadi lebih mudah, mau ikut training lebih mudah, mau beli buku lebih mudah, mau napak tilas ke tempat tertentu lebih mudah. 
*
*
kalo sedang menderita, sebagian orang cenderung hanya menggunakan latihan spiritual untuk obat penenang dan sarana pelarian dari kesusahan hidup. setelah kondisi baik-2 saja. ia meninggalkan latihan. sungguh bagi saya , rugi jika seorang guru spiritual menerima murit seperti itu. guru tersebut hanya akan diperalat saja sebagai tempat sampah curhat dan penderitaan muritnya. 
*
*
jadilah dirimu sendiri. terus berlatih. begitulah menurut saya, kalo menurut orang lain tentu saja berbeda, karena berlainan praktek hidup dan pengalamannya. semoga kita semua slamet dan bahagia. cukup makan dan cukup bersenang senang. terima kasih.
*
*
salam
Wuddha Paing



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k