Langsung ke konten utama

# Terapi Sinar Matahari





amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# kesehatan dengan terapi sinar matahari
*
*
setiap orang punya beragam cara memanfaatkan sinar matahari. dari mengeringkan baju basah sampe mengeringkan kerupuk , menjemur dalam produksi kain batik dan sebaginya. tapi ini khususnya untuk manfaat kesehatan. ada banyak cara. dari cara kuno sampe cara modern. ijinkan saya berbagi cara versi saya.
*
*
sinar matahari terbit , bagus untuk meredakan stres dan memudarkan emosi negatif . makanya cocok untuk orang-2 yang mencari ketenangan. kemudian sinar matahari pagi , bagus untuk membantu proses penyembuhan bagi orang yang sakit tertentu. kalo sinar matahari siang , bagus untuk kekuatan tubuh dalam durasi tertentu. kemudian sinar matahari terbenam , bagus untuk relaksasi pikiran . tapi sinar orange matahari saat menjelang detik-2 terbenam , bagi kaum mistik tertentu . berguna untuk awet muda. hampir sama dengan mandi sinar bulan purnama. tentunya dengan tehnik tertentu.
*
*
dua hari ini , Kalo saya memilih terapi sinar matahari di waktu siang hari saja. ini Untuk kekuatan badan. walau sebentar tapi maksimal . saya memfokuskan terapi sinar matahari langsung ke kulit tanpa penutup baju / kain. dalam jangka waktu tertentu . dengan tehnik tertentu.
*
*
kebetulan di rumah saya, ada bagian atap yang bisa di buka. sehingga di dalam rumah bisa berjemur. dan cahayanya yang masuk ke ruangan terbatas hanya dalam lebar tertentu . sodara juga bisa membuat sendiri . di halaman dengan berjemur di bawah peneduh yang lebar lobang atap peneduhnya bisa di sesuaikan. sehingga sinar mataharinya terfokus seperti lampu sorot saja. bisa di arahkan ke bagian kulit tubuh tertentu dengan bergeser posisi tubuh . ini untuk menghindari panas yang berlebih, menghindari pandangan mata yang terlalu silau dan lebih nyaman.
*
*
alangkah baiknya seluruh kulit tubuh terkena sinar matahari, walopun durasinya pendek hanya dua menit. termasuk telapak kaki . untuk bagian tubuh tertentu terutama di bagian tulang punggung sampe leher itu sangat baik untuk di sinari , ini akan melancarkan peredaran darah. jika pinggang / pundak yang mengalami urat sering kaku bisa di sinari secukupnya.
*
*
bagi pelaku Yoga, bagian punggung dan bagian depan tubuh yang tersinari . ini akan membantu melancarkan jalur prana di jalur susumna ida pingala dan mengisi kekuatan cakra mayor dan minor di tubuh. juga mengisi energi api di titik marma di tubuh. seperti mengisi baterai. bikin stamina lebih baik. tapi tidak boleh berlebihan. malah membuat pusing dan lemes. jangan lupa , telapak kaki menyentuh tanah untuk grounding kelebihan energi ke bumi untuk menstabilkan. yang sulit itu mengukur durasi waktunya karena kebutuhan setiap tubuh manusia itu tidak sama.
*
*
*
bagi orang yang punya masalah pernafasan. atau pencegahan masalah penyakit pernafasan. maka bagian dada , wajah , punggung , bahu dan tengkuk wajib disinari . dengan tehnik besaran lubang cahaya di atap peneduh yang di atur , sodara bisa lebih leluasa melakukan terapi sinar matahari dengan nyaman. malah bisa sambil duduk di kursi , minum teh , memutar musik ataupun menyalakan dupa aroma terapi.
*
*
Yang perlu di perhatikan adalah kondisi badan masing masing orang dan masalahnya. lalu pemilihan waktu berjemur , berapa lama , tehnik berjemur fokus di bagian tubuh tertentu dengan baju / tanpa baju atau mungkin perlu kain penapis sinar atau jendela kaca warna tertentu . itu bergantung pada kebutuhan
*
*
namanya mandi sinar matahari itu kulit terkena sinar matahari. kalo mandi sinar bulan, kulit terkena sinar bulan. kalo kulit memakai baju , maka tidak maksimal walopun tetap terkena radiasi panas mataharinya.
*
*
yang terakhir itu niat nya. sodara melakukan terapi sinar matahari untuk apa. karena motivasi berpengaruh terhadap emosi . tidak boleh terpaksa. orang yang melakukan terapi sinar matahari dengan gembira berbeda dengan orang yang terpaksa, disana ada faktor stres. kemudian harus tahu kapan harus istirahat sebentar kemudian dilanjutkan dan tahu harus stop / berhenti selesai. Karena dosis berlebihan malah bikin sakit.
*
*
saran saya, aturlah dosisnya sedang sedang saja atau medium. jangan terlalu sebentar, jangan terlalu lama. secukupnya , lakukan dengan perasaan gembira. yang penting teratur sampe 7 hari berturut turut. maka baru akan ada efek positif bagi badan.
*
*
Ada literatur terapi penyembuhan dengan sinar matahari. bisa sodara cari di google tentang buku atau artikelnya. Kalo di pelaku yoga, bab terapi sinar matahari ini disebut menyerap kekuatan dewa Surya . Di Ayurveda , hal demikian disebut penyembuhan dengan obat berupa sinar / cahaya . biasanya memakai sinar matahari, sinar bulan purnama , sinar lilin dipadukan dengan kristal dll . tergantung kebutuhan .
*
*
sebagai informasi . Ada juga dalam ayurveda, obat berupa padat ( serbuk , pil , kapsul , makanan, salep dll ) , cair ( termasuk ramuan jamu , minuman , minyak , obat tetes ) , uap air , asap , udara segar . Obat berupa suara / musik / bunyi dari instrumen tertentu , aroma wangi juga hawa panas , hawa dingin. Juga obat berupa prana / hawa murni yang dicampurkan ke air ataupun di salurkan ke badan langsung dengan tehnik telapak tangan atau penekanan jari ataupun pemancaran gelombang lewat udara dalam jarak tertentu tanpa menyentuh kulit pasien.
*
*
setiap tradisi spiritual di tempat manapun , punya ilmu kesehatannya sendiri sendiri. silahkan terapkan sesuai aliran masing-2. jika di tradisi Yoga , ada Ayurveda. maka siapapun yang menekuni spiritual yoga, biasanya makin sehat dan bahagia . kalo belajar nya benar , menyeluruh dan disiplin dalam praktik. begitu menurut saya, kalo menurut orang lain, tentu berbeda lagi. silahkan saja.
*
*
salam,
Wuddha Paing 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k