Langsung ke konten utama

Welcome to Bogor ( bagian dua )

bersama 3 orang mahasiswa
dari surabaya yang mengikuti
acara kopidarat spiritual indonesia

saya berjalan jalan
ke kebun raya bogor




dilanjutkan foto didepan gerbang
kebun raya bogor.





lalu foto di sebuah monumen di
dalam kebun raya bogor


didalam kebun raya saya berbagi obrolan
dengan 3 orang mahasiswa tentang
sejarah kerajaan di tanah jawa.

kemudian pada sore harinya
menyusuri kelurahan paledang
di daerah bogor menuju sebuah
penginapan backpakers .

isi penginapan itu
mayoritas turis backpakers
dari luar negeri.

saya di temani seorang mahasiswa surabaya
yang sedang kerja praktek di bogor
menyusuri jalan jalan
di kampung paledang seklaigus menjadi
juru foto saya



foto diatas :
ahmat ( mahasiswa dari surabaya )
si juru foto dadakan



foto diatas :
saya di tangga masuk
sebuah kampung

di kelurahan paledang - bogor


di penginapan ,
saya sempatkan mengobrol
dengan 3 orang turis muda dari eropa
yang kamarnya bersebelahan dengan saya.

kemudian bersama mereka
sambil memakai sarung batik pekalongan
dan baju hitam
minum kopi sore di teras lantai tiga penginapan
menikmati kampung di daerah paledang bogor
dengan pemandangan gunung salak

kita sharing ,
termasuk saya ceritakan
tentang kegiatan yang baru saya ikuti
satu hari yang lalu yaitu kopi darat
komunitas internet : spiritual indonesia

termasuk tentang
terapi menggambar untuk
melepaskan tekanan batin/emotional healing

menjelang maghrib
kita berlima , saya dan si juru foto
dengan 3 orang dari eropa tersebut.
yaitu seorang wanita muda dari
kota dublin, irlandia
yang bernama lenka.

dan temannya yaitu
2 orang pria muda dari republik ceko.
yang saya lupa namanya.

jalan jalan untuk
makan malam bersama.

akhirnya ketemu
warung sate bang kumis.

sebagai catatan
setiap orang membayar sendiri
makan malamnya.

berikut dokumentasi fotonya.
bersama mereka sambil menunggu
sate di bakar.



foto diatas :
saya memakai kemeja hitam
makan malam bersama turis backpakers
dari irlandia dan republik ceko.

terima kasih untuk lenka ,
wanita muda dari dublin. irlandia.
dan dua orang teman prianya dari republik ceko.

mereka mengatakan

" perjalanan adalah sarana
untuk saling mengenal sesama teman
dan mengenali diri sendiri "

dan 2 hari kedepan
mereka akan sampai di borobudur.

dalam obrolan bahasa inggris yang
pas pas-an saya memberanikan diri
mengenalkan budaya jawa
kepada mereka.


saya diajari kosakata dari ceko.
namun saya susah melafalkannya, dan langsung lupa.
dan mereka saya ajari angka satu
dalam bahasa jawa yaitu
"setunggal "

bagi saya,
perjalanan belum selesai.

besok dilanjut ke jayakarta,
mau menengok makamnya bung hatta.


salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k