Langsung ke konten utama

scribd dot com & evaluasi



malam ini saya membuka kembali catatan akun saya di scribd dot com . sebuah situs berisi dokumen dan ebook. saya menjadi member di situs ini sejak 2008 sampai sekarang dan sudah memposting artikel dan ebook juga softcopi buku saya . total berjumlah saat ini 34 upload. dan sudah tercatat di baca 106.806 ( seratus enam ribu delapan ratus enam pembaca ).

jumlah pembaca yang saya tunggu sejak 2008 , target saya dalam 5 tahun akan mencapai 100ribu pembaca dan ini sudah terlampaui.  ada perasaan lega bahwa misi saya ikut serta dalam menyebarkan budaya membaca dan menulis dalam rangka ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai amanat pembukaan UUD 1945. sudah tercapai.

banyak hal yang awalnya tidak saya pikirkan . saya hanya terus menerus menyumbangkan tulisan, karena waktu dulu saya tidak banyak uang , sekarang pun tidak. tapi cukup . jadi waktu itu yang terpikir oleh saya adalah menyumbangkan lewat pikiran , tenaga dalam bentuk tulisan untuk kemajuan bangsa saya. lewat blog salah satunya.

kalo kakek saya . ayahnya bapak berjuang melawan belanda, jepang dengan kekuatan fisik karena beliau pendekar jawa dan bersama kelompok pendekar bertarung dalam perang. dan beliau tidak bersedia diberi gelar pejuang , karena alasan sederhana yaitu teman temannya yang sudah wafat dan tidak di ketahui makamnya juga tidak diberi gelar pejuang. jadi dia yang selamat dan hidup tidak mau menerima gelar tersebut. kakek menjadi seorang lurah sejak awal bung karno menjadi presiden sampai bung karno turun jadi presiden. tapi sangat miskin .

sampai semua anaknya tidak ada yang lulus sekolah rakyat. ayah saya sendiri sangat berkesan dan berkata kepada saya " kakekmu lebih sayang sama masyarakat dari pada anaknya sendiri " . seorang pencuri yang kedapatan mencuri lalu di tanya karena alasan lapar . malah dibebaskan dan di beri pisang dan jagung untuk di bawa pulang. maklum kakek jenis manusia pendekar yang tidak mabuk harta . salah satu cerita yang disampaikan oleh saya dari seorang sesepuh yang melihat dengan mata kepalanya sendiri . ketika kakek ( sebagai lurah )  di panggil ke pendopo kadipaten pekalongan untuk kerja bakti . dia datang sendiri .dan di tanya oleh bupati :
" kemana rakyatmu , yang harus ikut kerja bakti hari ini ? "

kakek menjawab ( dari penuturan saksi ) : rakyat saya miskin , harus bekerja . kalo tidak kerja hari ini , dia tidak makan. maka apa yang akan di tugaskan kepada rakyatku , biarlah aku selesaikan seorang diri.

 banyak hal hal baik saya contoh dari teladan keluarga sendiri. sehingga jelas dan hidup . bukan dari cerita kakeknya orang lain atau tokoh sejarah sebrang lautan yang sudah mati ribuan tahun . lalu di doktrin harus mencontoh. itu tidak masuk akal menurutku.

dari generasi kakek ibu saya , bahkan sudah melepas gelar Raden / bangsawan jawa sejak republik indonesia merdeka. hal itu juga di contohkan oleh ki hajar dewantoro , bung karno , ki ageng suryomentaram . semuanya bergelar Raden / bangsawan tapi memilih meninggalkan gelar itu demi cita cita menjadi orang Republik Indonesia yang modern dan menjunjung tinggi derajad manusia yang setara.

bagi saya , riwayat scribd dot com yang sekarang menjadi komersil , itu sebuah revolusi dari awalnya berbagi gratis sekarang menjadi sebuah pasar yang menjanjikan. tapi semua karya karya saya tetap free untuk di baca. dan saya tidka berharap untung.

bahkan buku terakhir saya , sebuah terjemahan karya begawan shri rajnish / osho . sudah saya bagikan lebih dari 250 orang softcopi bukunya . sampai orang indonesia yang kerja di amerika serikat . bagi saya pribadi , tidak ada manfaatnya jika sebuah tulisan tidak mengandung informasi . lebih baik lagi tulisan itu menginspirasi. lebih baik lagi tulisan itu mengandung wisdom / pelajaran hidup . yang bisa di petik untuk memperkaya wawasan kehidupan.

hal hal berubah , dari yang dulunya gratis menjadi komersil . bahkan sampai dengan saat ini saya juga tidak bisa memahami kenapa orang mencari uang lewat blog . mungkin saya terlalu kuno. tapi bagi saya kalo mau mencari uang ya harus kerja secara riil. berdagang atau menjual jasa . bertemu orang . bekerja dan menerima imbalan.

bagi saya , kalo orang tidak lelah tapi menerima imbalan,  itu tidak ada kepuasan batin. bahkan pelacur pun lelah berdandan dan melayani tamu . baru dia memperoleh bayaran , itupun masih di potong oleh mucikari / calo.

semoga kedepan cita cita saya mengadakan reader festival setiap bulan sepanjang tahun dalam bentuk pesta kecil , untuk memperluas budaya membaca buku di kalangan generasi muda di kota saya  bisa tercapai.

hanya orang yang sabar dan tekun yang akan bisa mewujudkan cita cita. saya belajar menulis ejak 2001 dan bermimpi menulis buku dan baru terlaksana tahun 2011. saya menunggu sepuluh tahun dengan terus belajar dan mewujudkan ambisi saya. dan blog ini salah satu sumpah saya sejak tahun 2008 , bahwa saya tidak akan ganti blog apapun yang terjadi.

bagi saya , blog adalah media menyampaikan pesan. dan Freedom of speak di indonesia bisa di sampaikan melalui media ini termasuk untuk mempercepat penyebaran pelajaran. semoga blog bukan hanya menjadi hiburan tapi juga pelajaran .

tanpa misi yang jelas, pasti sebuah blog akan tutup dalam 2 tahun. apalagi anda tidak punya akses internet , saya selama 3 tahun lebih  ngeblog di warnet .  barulah 2 tahun terakhir saya punya rejeki membeli peralatan dan akses internet untuk mempermudah jalan saya ngeblog.





saya belajar mengetik manual seperti jaman jepang . sebelum belajar mengetik di keyboard komputer . maka saya tipe orang yang  sabar dan tidak mudah menyerah , apalagi karena terbatas prasarana.

di jaman ini saya melihat banyak akses dan prasarana , tapi semangat belajar turun . generasi muda di sma . harusnya rajin membaca buku selain akses google. karena fasilitas perpustakaan lebih baik dan banyak wi fi gratis.

saya ingat mulai rajin pakai internet di tahun 2001 . waktu itu bayar sejam dengan tarif 6000 (  enam ribu rupiah ) . masih pakai internet exploler 5 dan navigator. dengan operating sistem windows milenia / windows NT / windows 2000.

beruntunglah generasi adik saya. tapi saya lihat dia pintar menggunakan perangkat elektronik tapi ketrampilan basic / dasar seperti membaca dan menulis belum terlatih bagus.

ketika saya belum  punya komputer , saya menulis dengan pena dan kertas di  lembar hvs atau di belakang lembar kosong bekas kertas fotokopian yang tidak terpakai. maka saya lihat beda generasi  beda ketekunan.

apapun yang kita lakukan , jangan berhenti belajar . terus belajar dan mengevaluasi.
bahkan saat ini saya sering mendatangi acara . yang niatnya hanya belajar dari generasi muda di bawah saya. tidak ada maksud apa apa selain belajar dan mencoba menguasai ketrampilan baru , budaya baru . agar memahami gerak laju perkembangan generasi di bawah saya. sehingga memudahkan saya dalam menentukan sikap dan berkomunikasi.

semoga generasi muda indonesia yang mayoritas penduduk produktif di republik ini . semakin kreatif dan maju. tidak kehilangan jiwa indonesianya. bukan menjadi budak bangsa asing. apalagi penghianat bangsa demi sekedar duit . karena negara ini berdiri karena orang orang yang  rela berperang,  korban nyawa dan tidak bisa di suap agar berhenti perang.

semoga ada manfaatnya.
salam,
edy pekalongan



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k