Langsung ke konten utama

# kisah ki Ajar






amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# kisah ki Ajar dan 2 sahabatnya
*
*
ki ajar dewantara semua pensiunan guru dan guru baru lulus IKIP di jawa kenal nama tokoh tersebut. tapi belum tentu kenal 2 orang sahabat diskusinya yang sama-2 mengabdikan diri sebagai guru. ketiganya ini dekat dengan Bung karno.
*
*
setelah indonesia merdeka. yang duduk di pemerintahan hanya ki ajar. yang dua yaitu ki ageng suryomentaram dan raden mas panji sosrokartono , memilih tidak. ki ajar fokus merumuskan metode pengajaran intelektual sekolah meneruskan taman siswa. sedangkan ki ageng suryo merumuskan metode pengajaran olah rasa untuk rakyat jelata dengan karyanya ilmu kawruh bedjo . sedangkan raden sosrokartono melayani masyarakat di rumah " darus salam " di bandung, di kenal sebagai tabib spiritual.
*
*
jika rumusan pendidikan ala 3 orang sahabat ini dirangkai dan di ajarkan di SMA, saya percaya kualitas generasi muda kita akan lebih baik. sayangnya lulusan calon guru saja belum tentu kenal metode ki ajar ala taman siswa. apalagi metode 2 sahabatnya yang cenderung di sembunyikan oleh catatan sejarah.
*
*
hari pendidikan nasional ini. saya berdoa semoga obor ilmu dari tiga serangkai yang telah wafat ini menitis ke dalam guru guru muda di jawa. raden sosrokartono melalang buana di eropa. menjadi wartawan perang di belakang tentara amerika , meliput perang dunia pertama. sampe menempati posisi jabatan enak disana. pulang ke jawa juga tidak kebarat baratan.
*
*
ki ajar , ki ageng suryo , raden sosrokartono. ketiganya kawan diskusi. entahlah apa yang disiskusikan oleh mereka saat bertemu. lambang pendidikan yaitu angsa putih sebagai kendaraan dewi saraswati di pakai sebagai simbol . dan latar belakang warna biru muda yaitu warna cakra tenggorokan sebagai jembatan antara kekuatan di dada dan di kepala.
*
*
saraswati adalah saktinya brahma. kekuatan sisi maskulin dari kecerdasan otak manusia disebut brahma, penerapannya untuk rekayasa penciptaan apa saja. sisi feminin dari kecerdasan otak manusia disebut saraswati . ini bidang seni dan keindahan.
*
*
maka misalnya waktu saya akan menuliskan versi aksara jawa untuk menyalin sebuah naskah sastra jawa bertulis latin karya mangkunegoro 4 untuk koleksi pribadi saya. saya menghaturkan sembahyang kepada sang hyang saraswati. karena yang menjaga aksara jawa dan sastra adalah beliau. dan selesai naskahnya.
*
*
kalo raden sosrokartono menyederhanakannya dengan simbol alip. untuk mengakses potensi kecerdasan di dalam diri manusia. intinya mau belajar materi apapun selalu ingat disandarakan pada sisi kekuatan rohaniyah ( jiwa )yang melahirkan dan menjaga ilmu tersebut. agar ilmu yang dikuasai masuk sampe ke jiwa kita, menyatu dan hidup.
*
*
pada akhirnya setiap orang harus mengajar dirinya sendiri dan menjadi guru bagi dirinya sendiri. jika ilmunya jadi cahaya. maka gerak hidupnya jadi penerang bagi yang lain. jika ilmunya beracun. maka gerak hidupnya jadi racun bagi yang lain.
*
*
selamat mengolah cipta ,tapi jangan lupa hening cipta. agar cipta kita tetap seimbang. cipta itu bahasa modernnya pikiran ( mind ) . semoga kita semua selamat dan bahagia. terima kasih.
*
*
salam,
wuddha paing


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k