Langsung ke konten utama

berjumpa buku spiritual




amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# berjumpa buku spiritual
*
*
ditahun 2009 , saya pernah merawat tetangga saya, seorang perempuan miskin. suaminya buruh serabutan. penyakitnya asma menahun. kalo kumat, seperti orang mau sekarat. saya bantu rawat seminggu sekali dan sampe 12 bulan . ini praktek bhakti yoga saya.
*
*
setelah praktek hampir setahun lebih tersebut, ada perubahan dalam diri saya. jadi lebih sabar. saya pun di pertemukan dengan buku-2 yang bagus pemberian teman. seperti anatomy of the spirit yg membahas ttg penyakit dan energi manusia, ada buku prana dari master choa, ada buku soul healing dari master xi gang sha, ada buku reiki , ada hooponopono, ada palm healing , penyembuhan dengan musik dan warna. termasuk buku tentang ayurveda.
*
*
saya bersyukur, karena sekolah saya tentang hitung menghitung, tentang laba dan rugi. menjadikan saya rasional, tapi hobi saya sejak sekolah tentang menikmati karya sastra & teater menjadikan saya lebih peka. tapi saya juga sudah melihat hal yang i- rasional, karena sejak kecil biasa nonton tari sintren, kuda lumping. jadi saya tahu kalo ilmu sihir itu ada.
*
*
buku spiritual pertama yang menggetarkan saya di tahun 2002 adalah dari penulis india selatan, yang menetap di amerika. dia mengutip Katha Upanishad tentang cerita Nachiketa dan Raja Kematian Yama.
*
*
tapi kitab sastra jawa seperti serat centini sudah saya baca di tahun 2003. itupun saya lebih pahami dari penyampaian penulis wanita perancis. kalo guru spiritual sufi yang bukunya saya suka sejak tahun 2002 adalah inayat khan yang cakap berbahasa inggris. tentu saja tulisan kahlil gibran, sangat menarik untuk saya.
*
*
saya di pertemukan dengan buku karya seorang praktisi Zen di tahun 2005. lalu buku-2 aliran teosofi seperti madam blavatski sampe jiddu krisnamurti termasuk aliran guru nanak. bahkan saya baca tulisan pengikut sai baba dan pengikut maharesi mahesh yogi. saya pun menyimak video ceramah guru ching hai di internet. yg paling menarik adalah ceramahnya di israel tahun 1999.
*
*
sampe sekarang saya masih berpraktek di jalan yoga, tapi hidup terus berjalan. tetap cari duit. tetap bersenang senang. menikmati siaran TV dengan parabola di rumah membuat pikiran saya terbuka. saya pun masih membaca majalah national geographic edisi terbaru.
*
*
ada masanya bahasa sansekerta sebagai pemangku ilmu dunia. ada masanya bahasa arab sebagai pemangku ilmu dunia. ada masanya bahasa latin sebagai pemangku ilmu dunia. ada masanya bahasa inggris - britania sebagai pemangku ilmu dunia. setelah perang dunia ke 2. bahasa inggris amerika sebagai pemangku ilmu dunia.
*
*
dan bukan kebetulan operating system komputer yaitu windows lahir di amerika serikat . menyebar ke dunia. film-2 hollywood dari amerika akan mendunia. begitupula google dan facebook lahir di amerika serikat. dan bukan kebetulan jika guru-2 spiritual dunia saat ini pasti sedikit atau banyak bersentuhan dengan jiwa modern amerika.
*
*
makin membaca saya jadi merasa bodoh. karena saya membaca karya begawn shree rajhnesh alias osho. hampir seratus judul. dengan berbagai tema. walopun karya dia ada 500 judul buku dan ratusan video dan seribu lebih audiobook. maka saya tidak kaget dengan aliran filsafat dan psikologi.
*
*
maafkan, jika saya menulis cerita ini dalam aksara latin walopun saya bukan orang latin. saya tipe jawa primitif. masih bisa menulis aksara jawa untuk menyalin sastra jawa. masih bisa jika dipaksa menulis arab jawi ( pegon ). tapi paling lancar aksara latin ( abcd ).
*
*
bacalah buku, pelajarilah bahasa inggris. ini baik untuk bekal di dunia modern. tapi jangan lupa praktek dan pengalamanmu sendiri adalah guru yang berharga. semoga kita semua slamet dan bahagia. terima kasih.
*
*
salam,
wuddha paing
*nb. foto adalah dokumen milik pribadi ( 2013 )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k