Langsung ke konten utama

bangunan pola pikir

 
 
amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# memperbaiki diri sendiri.

manusia memandang dunia sekitar kita berdasarkan pola pikirnya.
kebanyakan manusia memandang dunia di sekitarnya berdasarkan apa yang di ketahui dalam pikirannya. kebanyakan isi pikiran manusia berisi kenangan kenangan masa lalu .

kenangan masa lalu entah itu kenangan baik , buruk . bercampur menjadi satu dengan wawasan atau data yang dia himpun di dalam pikirannya . susunan kombinasi data data dalam memori pikiran inilah yang disebut bangunan pola pikir. pola pikir seseorang akan mempengaruhi tindakannya sehari hari.

alam pikiran bawah sadar manusia memegang peranan yang besar dalam menentukan sikap seseorang . jika seseorang bersikap penuh kebencian , bisa jadi terlalu banyak kenangan buruk berisi kebencian yang tersimpan dalam alam bawah sadarnya.

alam pikiran bawah sadar ini perlu di bersihkan. pikiran kita juga perlu di bersihkan . dibersihkan dari hal hal buruk . seperti dendam warisan , kebencian antar suku , kebencian antar agama. terlalu banyak kebencian yang tersimpan di dalam alam bawah sadar kita , akan membuat kita memadang dunia ini dengan cara bermusuhan.

pada bidang inilah para pembimbing spiritual & para penasehat pengembangan diri bisa berperan untuk membantu orang lain membersihkan memori pikiran dari sampah dan virus keyakinan yang merusak. tapi juga bisa berbuat sebaliknya yakni tambah memperparah keadaan orang lain dengan memasukkan pemikiran yang berbahaya merusak ataupun sengaja menundukkan pikiran orang lain dan memperbudak agar menjadi seperti robot.

disinilah sisi moral dan motivasi para pembimbing spiritual dan penasehat pengembangan diri di uji oleh kehidupan. mau berpihak pada kebaikan jangka pendek atau kebaikan jangka panjang.

Dunia ini kacau , kita harus bagaimana ?

kita tidak bisa merubah dunia dan orang lain dengan pemaksaan, tapi kita hanya bisa merubah diri kita sendiri. pandangan kita terhadap dunia bisa di rubah , jika kita sungguh berjuang untuk melakukannya.

biarkan saja dunia ini kacau , tapi jangan anda ikut ikutan menjadi kacau. manusia punya kebebasan untuk memilih dalam bertindak bukan ikut ikutan apa kata media massa atau pendapat warga masyarakat mayoritas.

termasuk dalam pilihan latihan spiritual , setiap orang berhak memilih mau berlatih dengan cara apa yang cocok baginya. selama itu untuk dirinya sendiri. dan seseorang boleh menolak apa yang di tawarkan orang lain dan memilih percaya pada pengalamannya sendiri walopun sejuta orang mengikuti latihan spiritual tersebut dan mengatakan dalam kesaksiannya itu adalah sebuah jalan kebenaran sejati dan menjanjikan surga abadi penuh kesenangan.

ada pilihan dan setiap pilihan ada resiko baik , buruk juga tantangannya. namun pada akhirnya semua orang hanya ingin merasakan kebahagiaan , kesenangan , kepuasan dan tidak ingin menderita.

semoga ini menjadi sia sia pada waktunya. terima kasih.

salam,
edy pekalongan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k