Langsung ke konten utama

ide Intisari Buku



sudah banyak kampanye budaya membaca di serukan di republik ini , namun belum sepenuhnya bisa merasuk ke dalam hati rakyat indonesia . karena rakyat indonesia masih hidupnya sulit ,mencari uang sulit ,mencari makan sulit . sehingga membaca buku adalah sebuah kemewahan bahkan sebuah tradisi bangsawan yang sulit untuk di tiru dan di pahami .

untuk itulah saya memiliki ide untuk membuat intisari buku , apa itu intisari buku ? adalah sebuah tranfer pengetahuan yang saya dapatkan melalui buku dengan menuliskannya secara ringkas sehingga siapa saja yang membacanya dan mendengar rangkuman ringkas itu memiliki wawasan dan pemahaman setara dengan saya ketika membaca buku tersebut.

ini akan menjadi salah satu sumbangan pribadi saya untuk masyarakat , akan saya buat intisari dari semua buku yang ada di rak buku saya. satu buku paling banyak satu halaman intisari . sehingga tranfer ilmu pengetahuan tetap berjalan . jika sudah mencapai 10 intisari ,akan saya sumbangkan ke salah satu radio di kota pekalongan dan sumbangan ide untuk pengembangannya .


jika masyarakat suka di dongengi atau mendengar obrolan , maka para pembaca yang ulung harus membuang ego dan turun derajad menjadi pendongeng tapi dengan tema obrolan adalah tansfer pengetahuan. lebih khususnya transfer intisari buku dan pemahaman dia setelah membaca kepada orang lain ,sehingga orang lain yang mendengar ceritanya juga bisa kebagian ilmu yang telah di serapnya.

saya percaya , jika orang yang malas membaca sering mendengar intisari buku yang disampaikan oleh seseorang yang telah membaca . lama lama dia akan tahu manfaatnya dan akan mulai tergerak membaca sendiri. namun ini perlu proses .

intisari buku yang di bacakan bisa menjadi alat konverter bagi orang orang yang belum punya kebiasaan membaca. mirip merubah data text menjadi data audio . ini akan membuat para pendengarnya serasa dimanjakan. dan ini adalah sebuah langkah sederhana yang akan coba saya tempuh disela sela waktu mencari uang.


intisari buku pertama yang akan saya tulis disini adalah :

judul buku :

judul asli dalam bahasa inggris :
Zero Limit
the secret hawaiian system
for wealth, health ,peace and More

dalam bahasa indonesia :

Zero Limit
Metode rahasia hawaii untuk memperoleh
kekayaan, kesehatan, kedamaian dan banyak lagi

penulis : joe Vitale and Dr. ihaleakala hew len
penerbit : Gramedia tahun 2009.
jenis buku : pengembangan diri

intisari buku :
buku ini merangkum garis besar pelatihan yang di berikan oleh 2 orang penulisnya tentang sebuah metode dari hawaii untuk mengembangkan diri disebut Hoopono pono.

apa itu Hoo ponopono ?
sebuah tehnik sugesti diri yang bertujuan untuk membuat beban beban pikiran dan perasaan menjadi nol. sehingga pikiran dan perasaan yang kita pancarkan ke lingkungan sekitar bukan negatif juga bukan positif , tapi nol .

untuk mencapai kondisi nol tersebut , diperlukan pembersihan batin. dan alat untuk membersihkan batin tersebut di sebut 4 langkah hoo pono pono. dikatakan dalam buku ini , jika batin anda bersih . anda akan mudah menerima inspirasi dari Tuhan dan segala sesuatu akan di tambahkan ke dalam hidup anda. jika batin anda bersih dari pandangan negatif tentang uang . maka anda telah mengijinkan diri anda untuk menjadi kaya.

semua kejadian yang menimpa diri kita adalah dikarenakan faktor diri kita sendiri. entah kejadian baik atau buruk yang menimpa kita , perilaku kita sendiri adalah penyebabnya.
dalam prinsip pengajaran metode hawaii ini , tidak boleh menyalahkan orang lain. yang utama adalah membenahi diri sendiri . dengan membersihkan batin kita sendiri , kita sudah bergerak merubah diri.

pikiran dan perasaan adalah dua bidang yang diolah dalam metode ini.
untuk mempraktikkan metode ini , diperlukan bimbingan khusus. namun pada intinya . pembersihan diri dilakukan dengan mengulang ulang 4 kata di dalam pikiran kita.
yaitu :

saya menyesal ,
maafkan saya .
terima kasih
saya mengasihimu

atau dalam bahasa inggris :

i'am sorry
please forgive me
thank u
and i love u

4 kata ini adalah ibarat program pembersih yang akan memurnikan pikiran dan perasaan anda, sehingga mencapai zero limit atau kondisi nol. karena dalam kondisi batin yang nol dari beban beban pikiran dan perasaan , kita akan bisa mengakses inspirasi dari tuhan yang akan membimbing hidup kita.

ada 2 cara menjalani hidup menurut buku ini , yaitu pertama : berdasarkan memori masa lalu atau kenangan yang sudah lewat atau berdasarkan inspirasi dari tuhan.

tehnik meditasi hoo pono pono ini sebetulnya mudah di praktikkan . saya telah mempraktikkannya 2 tahun yang lalu, berdasarkan panduan meditasi hoo pono pono yang saya dapatkan dari youtube dan saya sesuaikan dengan tehnik meditasi pribadi saya.

kalimat istimewa yang akan anda temukan dalam buku ini dari awal sampai akhir adalah " tahnk u and i love u " atau dalam bahasa kita " terima kasih dan saya mengasihimu " . katakanlah itu kepada diri anda sendiri , kepada semua orang bahkan benda benda . maka anda telah mulai proses pembersihkan .

banyak masalah di dunia ini tidak selesai sampai seribu tahun karena kebencian dan dendam antar manusia yang di wariskan. ini adalah kesalahan kita sendiri , maka dari itu bersihkan .. bersihkan .. bersihkan..
katakan : i love u .. i love u .. i love ...

demikian intisari buku ;
Zero Limit
Metode rahasia hawaii untuk memperoleh
kekayaan, kesehatan, kedamaian dan banyak lagi

buku ini tersimpan di rak buku saya. dan sudah selesai saya baca akhir tahun 2009. buku ini hadiah dari sahabat saya , Om Janto karawang saat berjumpa di bulan september 2009 di jogjakarta.

dan saya memiliki musik hoo ponopono yang bisa membantu
pikiran kita mengulang ulang kalimat pembersih " i love u "

semoga ada manfaatnya.

salam,
edy pekalongan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k