Langsung ke konten utama

Ruh bagi Perusahaan



The corporate Shaman

A business fable

penulis : Richard Whiteley
terbit 2002.

di terjemahkan ke dalam bahasa indonesia
penerbit Gramedia - tahun 2004.
judul :

The Corporate Shaman
Penyembuhan dalam dunia bisnis

ketegori : buku bisnis dan pengembangan diri

intisari buku :

setiap perusahaan hebat pasti memiliki ruh perusahaan. ruh perusahaan dalam ilmu shaman bisa di wujudkan dalam simbol roh binatang pembimbing. begitu pula untuk manusia.
shaman adalah tabib yang mampu berkomunikasi dengan alam ruh. karena perusahaan di jalankan oleh manusia . maka ruh perusahaan tergantung pada ruh manusia . ruh adalah semangat hidup dan karakter yang mendasari pola pikir, pola rasa dan pola tindakan.



jika anda amati film harry potter , setiap siswa penyihir memiliki hewan pendamping masing masing . harry potter memiliki burung hantu . musuhnya memiliki hewan pendamping ular . setiap penyihir memiliki hewan / ruh pendamping .

film harry potter adalah simbol ajaran shaman. dan dalam buku ini membahas ruh hewan pendamping yang bisa memberi semangat . penulis buku ini menggunakan tehnik meditasi suku asli amerika seperti indian hopi atau apache.

contoh ruh perusahaan di wakili oleh simbol perusahaan tersebut . contoh :

situs jejaring sosial " twitter" memiliki roh burung kecil yang suka berkicau
browser internet "mozilla firefox " memiliki ruh rubah terbang.
klub sepak bola ' manchester United " memiliki ruh dewa api atau red devil . karena devil berasal dari kata sansekerta deva. red/merah itu simbol api .

perusahaan mobil " ferrari " memilih ruh kuda perang.
republik indonesia memiliki ruh garuda pancasila.
organisasi lingkungan WWF memiliki ruh panda.

ciri utamanya, lambang hewan pendamping selalu mewakili identitas perusahaan tersebut. bahkan karyawannya. ruh KFC adalah bapak tua yang berkacamata veteran perang.

untuk apa ruh tersebut ?
untuk memperbaiki kinerja perusahaan , dengan semangat baru. bahkan setiap pemimpin perusahaan yang berkonsultasi dengan shaman pasti memiliki tokoh penasehat spiritual dalam meditasinya.

buku ini mengajak agar setiap orang berkomunikasi dengan jiwanya sendiri yang paling dalam dan menemukan ruh pendamping yang cocok untuk membantu memberi nasehat nasehat pribadi dalam setiap urusan . sehingga setiap orang menjadi individu yang mampu menggali kesadaran ruh nya sendiri atau dalam bahasa saat ini di sebut kecerdasan spiritual. dan tren pelatihan spiritual di dunia bisnis sudah mulai menggejala di indonesia sejak 2005.


di amerika rupanya ketika buku ini di tulis tahun 2002 , tren tersebut sudah terjadi bahkan 20 tahun sebelumnya hanya mulai populer di tahun 2000.

apakah anda tertarik memiliki simbol hewan ruh anda sendiri ?

inilah kebijaksaan kuno suku asli amerika, bahwa setiap orang memiliki totem sejak lahir . apa itu totem ? ruh pendamping /malaikat penjaga .

kalau dalam cerita legenda legenda , setiap nabi memiliki malaikat sebagai pembimbing . para raja kuno memiliki para shaman/ peramal sebagai penasehat.

bahkan para dewa dalam cerita Hindu memiliki hewan tunggangan atau totemnya sendiri sendiri. dewa shiwa menunggang harimau , dewa wisnu menunggang garuda , dewa brahma menunggang angsa , dewa indra menunggang gajah . bahkan dalam cerita kartun avatar . tokoh angg menunggang bison terbang . ada teman teman ang yang memiliki hewan yang berbeda beda.





kalau tentang shaman ini , Indonesia adalah gudangnya .setiap pemimpin perusahaan dan pejabat negara di indonesia pasti memiliki penasehat spiritual . bedanya shaman adalah seorang penyembuh atau healer / tabib.

tehnik meditasi shaman suku indian amerika pernah saya pelajari di tahun 2005 . dan saya pernah memiliki totem . saat ini saya juga memiliki totem sebagai praktik pengembangan karakter saya. dalam ilmu psikologi, ini di sebut melatih intuisi .

di jawa di sebut berjumpa guru di dalam diri.
dalam dunia pendidikan barat disebut pembelajar mandiri. berusaha menemukan solusi dengan berpikir dan merenung.

semua tehnik ini pada dasarnya adalah hanya mencari solusi sebuah masalah .sesuaikan tehnik yang anda miliki dengan kepribadian anda.

semoga uraian ini ada manfaatnya.

salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k