Langsung ke konten utama

Pusaka Negara : Bhineka Tunggal Ika



tahapan latihan spiritual adalah :

Tarak Broto : mengurangi keinginan bersenang senang dengan tujuan untuk mengurangi dan melepaskan kemelekatan/kecanduan terhadap kenikmatan memuaskan panca indra. sehingga tidak diperbudak oleh keinginan yang tidak akan pernah berhenti.

Topo Broto : mengalahkan dan mengendalikan hawa nafsu lahir dan batin . yang fokus utamanya adalah berkenaan dengan mensucikan pikiran ,perkataan dan perbuatan. sehingga bisa memperoleh pengendalian lahir batin , kedamaian dan kebijaksanaan.

Puja Broto : menyembah dan memuji sang maha pencipta . fokus utamanya adalah berserah diri . menghilangkan rasa egois. belajar mengembangkan sifat sifat ketuhanan dalam diri manusia. dengan menyembah tuhan kita berlatih menghilangkan segala ke akuan . menjadikan diri kita nol. yang ada hanya tuhan ( satu ).

setelah melakukan tiga tahapan inilah kita baru bisa belajar memahami petunjuk tuhan. sehingga perbedaan tehnik tarak broto , perbedaan tehnik topo broto ,perbedaan tehnik pujo broto. tidak lagi menjadi sesuatu yang perlu di pertentangkan apalagi sampai menimbulkan perang dan pembunuhan antar manusia.

dari sini kita baru bisa mengerti ajaran leluhur jawa yang berbunyi : Bhineka Tunggal Ika , yang di tulis oleh seorang pujangga budha jawa di era kerajaan Majapahit bernama Empu Tantular.
bukan sebuah kebetulan jika Negara Republik Indonesia memiliki dasar pandangan hidup bernegara yaitu " Bhineka Tunggal Ika " .

orang orang yang belum pernah menjalani tarak broto , topo broto dan pujo broto tidak akan mengerti keagungan ajaran ini. apalagi hanya sarjana yang pandai menghapalkan tulisan di kitab kitab suci, saya tidak yakin mereka akan mengerti ajaran ini.

karena intisari "bhineka tunggal ika, tan hana dharma mangrua " : berbeda bentuk sejatinya satu , tidak ada dharma yang mendua ". inilah pegangan dasar hidup masyarakat jawa yang akan membuat manusia menjadi rukun dalam hidupnya.

ajaran ini sederhana, dengan jelas menyadari bahwa di dunia ini pasti banyak perbedaan , jadi biarlah perbedaan itu ada. perbedaan itu sudah menjadi sifat alami bawaan mahluk di dunia. namun dalam perbedaan bentuk fisik ,perbedaan bentuk pemikiran , perbedaan bentuk perasaan , perbedaan sifat . manusia itu memiliki satu kesamaan sifat alami .
yaitu memiliki nyawa yang berasal dari sumber kehidupan yang sama.

apa itu nyawa?
jika manusia tidak bernyawa ,dia di sebut bangkai/ mayat.
nyawa adalah daya hidup pemberian tuhan . ketika nyawa ini dibungkus oleh sifat sifat . maka di sebut roh. ilmu yang melatih kesadaran roh disebut ilmu rohani . orang orang yang mengajarkan ilmu rohani di sebur rohaniawan. dimasa lalu mereka di sebut para guru suci , para nabi dll. ajaran rohani yang di bawa oleh para guru suci ini , di teruskan oleh para murit dan sepanjang perjalanan waktu , tempat , kebudayaan lama lama menjadi sebuah ajaran yang dilembagakan /atau di organisasi yang di sebut Agama.

bhineka tunggal ika , mengajak kita menelusuri sumber kehidupan manusia . yang tidak berhenti pada tataran lapisan tubuh fisik tapi sudah masuk ke tataran roh . yang sumbernya adalah satu .
lambang garuda memcengkram lontar bertuliskan "bhineka tunggal ika " . dengan membawa perisai di dada dengan 5 simbol. yang merupakan 5 penjabaran, salah satunya yaitu :

1. ketuhanan yang maha esa .
ilmu spiritual leluhur kita sudah sampai pada tingkatan "samadhi " sehingga mengerti bahwa Ketuhanan atau ilmu tentang Tuhan akan bermuara pada kesatuan sifat Maha esa atau satu.
di dalam agama islam . al qur'an, surat al ikhlas ayat pertama , berarti : katakanlah Allah itu Satu.

ilmu rohani ini juga ada dalam agama agama yang lain.
sehingga orang yang mengatakan " Tuhan itu tidak ada " , sesungguhnya dia telah menguasai kesempuranaan ilmu ketuhanan 50 % dalam ajaran islam. la ila ha artinya sesungguhnya tidak ada tuhan.
ilaallah , kecuali allah. genaplah 100 % ilmu ketuhananya.

allah adalah salah satu dari sebutan nama tuhan dari banyak nama sebutannya. dalam ajaran veda dengan bahasa sansekerta . nama tuhan ada seribu jenis.
ketika berhenti pada ucapan " tuhan tidak ada " orang atheist ini lupa mengkaji dirinya sendiri . karena dirinya itu ada. mulutnya yang berkata "tuhan itu tidak ada " berasal dari daya di tubuhnya ,digerakkan dari otak dan juga berasal dari daya jantung dan di dalam dirinya ada kehidupan yang di topang nyawa. dan sumber nyawa ini dia lupakan. sehingga sifat rohaninya tidak berkembang. dia tidak mampu memproduksi nyawa . dan tidak berkuasa atas nyawanya . kalau dia bisa menguasai nyawanya , setelah tubuhnya mati terbunuh 500 kalipun dia akan hidup lagi . nyatanya belum ada orang atheist yang mampu menguasai nyawanya sendiri. apalagi bisa memproduksi nyawa.


Sila pertama Pancasila inilah sebagai salah satu wujud penjabaran Bhineka Tunggal ika.
jika kesadaran rohani orang indonesia sudah sampai pada tataran ini , konfik agama tidak akan terjadi. korupsi akan berkurang drastis.

Pancasila jika diringkas menjadi satu adalah filsafat Gotong Royong.
apa artinya gotong royong ? saling bekerjasama tanpa pamrih untuk kepentingan bersama. di tingkat lokal sampai dunia. di jawa , muncul istilah : memayu hayuning bawana artinya ikut serta merawat keindahan bumi . ( ikut gotong royong mengurus keindahan bumi ). di dalam ajaran islam artinya rachmatan lil alamin artinya menjadi sumber kebaikan bagi seluruh alam (ikut gotong royong memperbaiki seluruh alam )

memelihara alam adalah tugas Bethara Wisnu yang memiliki tunggangan Garuda.
bukan sebuah kebetulan lambang negara kita adalah Garuda . garuda adalah dewa burung, berbeda dengan elang . garuda dalam bahasa jawa kuno di sebut Garudeya. seorang tokoh dewa burung yang mencari air kehidupan untuk menyelamatkan ibunya dari cengkraman dewa ular atau naga.

diharapkan siapapun pemimpin negara ini memiliki watak bethara wisnu , sang pemelihara alam semesta , bisa menjadi seorang avatara , seorang pemelihara alam. sehingga dia pantas menunggang garudeya dan memakai simbol garudeya di dadanya.

berbeda dengan lambang negara lain seperti harimau sebagai tunggangan bethara shiwa. negara negara yang lambangnya harimau /singa memiliki pemimpin berwatak bethara shiwa.

garuda pancasila membawa pesan wisnu , sang pemelihara bumi . yang jika diringkas menjadi gotong royong .

di dunia semut ada gotong royong
di dunia rayap ada gotong royong
di dunia lebah ada gotong royong.
di dalam tubuh kita , organ organ tubuh melakukan gotong royong.

jika sudah memahami hal ini , apakah perlu kita berperang atas nama agama ? apakah perlu kita saling membunuh ?
apakah perlu kita mengganti dasar negara kita berdasarkan syari'at agama ?
di dalam sebuah agama ,misalnya islam sendiri ,sekte / aliran /kelompok nya tidak bisa rukun .
suni dan syiah tidak pernah rukun , saling membunuh . protestan dan katolik roma , tidak rukun. jadi pendapat pribadi saya , ajaran sunni atau syiah , bahkan ajaran katolik roma dan protestan belum mampu menandingi ajaran bhineka tunggal ika yang terbukti mampu mewadahi suku ,agama, ras ,dan golongan di indonesia.

bhineka tunggal ika bukan ajaran sebuah agama. bhineka tinggal ika adalah pandangan hidup dari salah satu tokoh tercerahkan di tanah jawa. bernama Empu Tantular.

mari saya mengajak kita semua , agar kembali ke ajaran rohani masing masing, kembali ke sumber ajaran guru guru suci pembawa ajaran rohani. dan mari kita berlatih tarak broto , topo broto dan pujo broto sesuai dengan tehnik/metode masing masing , sehingga kita akan menemukan "bhineka Tunggal Ika , tan hana dharma mangrua " .


semakin baik moral seseorang , semakin baik tingkatan spiritualnya.
jika anda sudah bermoral baik dalam kehidupan anda sehari hari , anda sudah tidak lagi memerlukan kitab suci dan nabi. karena dengan sikap moral baik , anda sendiri adalah teladan hidup nyata ( ayat suci/ firman tuhan ) bagi orang orang disekitar anda. kepada orang orang yang telah hidup dengan standar moral yang baik , walaupun penampilan luar anda Rock N Roll tanpa jubah agama, bagi saya anda luar biasa. terimalah sembah hormat saya untuk anda.

saya tutup tulisan ini dengan falsafah jawa :
rukun agawe santoso , crah agawe bubrah.
becik kethitik. Olo kethoro

salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k