Sabtu, 14 Februari 2009

Bimbingan Relaksasi untuk Pelajar



UAN 2009 bikin Pelajar stres


memang benar Ujian akhir Nasional ( UAN ) 2009 membuat Pelajar stres, mungkin Orangtua juga ikut stres gara gara ikut khawatir tentang nasib anaknya. jika tidak lulus resiko paling minimal adalah harus siap menanggung malu , siap kecewa dan siap menata ulang rencana study si anak.

bagi pelajar sendiri , yang menurut saya paling beresiko terkena stres mereka memerlukan bantuan untuk mengendalikan perasaan yang berkecamuk selama persiapan belajar menjelang UAN dan untuk itulah saya berinisiatif mengirimkan surat kepada beberapa kepala sekolah untuk menawarkan program bantuan bimbingan relaksasi bagi pelajar.

dibawah ini adalah bagian dari surat yang saya kirimkan kepada kepala sekolah :

dengan hormat, Sehubungan dengan akan berlangsungnya Ujian Akhir Nasional, saya melihat banyak para pelajar yang merasa cemas, takut tidak lulus, tegang dan berbagai perasaan berkecamuk lainnya yang pada intinya adalah gejala stres ringan yang disebabkan tuntutan harus lulus ujian. Tekanan mental yang di hadapi oleh mereka baik dari pihak orangtua, sekolah maupun lingkungan pergaulan sangat berdampak pada emosi dan ketenangan serta konsentrasi para pelajar dalam belajar dan menghadapi saat ujian, belum lagi ancaman dari dalam diri mereka sendiri yaitu perasaan malu jika tidak lulus dan yang paling di takutkan adalah patahnya semangat dalam menatap masa depan jika ternyata kenyataan dimasa depan memberi hasil yang terburuk. Saya Edy ---------- seorang praktisi Terapi Menggambar untuk anger management terpanggil untuk membantu. Bantuan yang saya tawarkan adalah memberikan latihan dan bimbingan tehnik relaksasi bagi para pelajar yang akan menghadapi UAN 2009. Kegunaan dari latihan rileksasi adalah untuk melepaskan ketegangan dan stres yang dihadapi selama persiapan ujian, membantu menenangkan pikiran sehingga lebih konsentrasi, memupuk optimisme dan meminimalkan resiko terkena dampak stres dan depresi jika menghadapi kenyataan yang terburuk. Jenis latihan yang akan diberikan meliputi tehnik relaksasi tubuh dan pikiran melalui senam peregangan dan meditasi 15 menit ditambah musik khusus untuk relaksasi. Latihan dan bimbingan relaksasi dilaksanakan di luar jam belajar satu kali dalam seminggu dengan durasi waktu 40 menit /sesi, dengan donasi sukarela seribu rupiah setiap kali latihan/siswa. Saya memahami tidak semua pelajar membutuhkan latihan ini, namun saya punya keyakinan bahwa diantara mereka ada yang perlu bantuan. Semoga penawaran ini bisa di pertimbangkan. Sekian, terima kasih.

------
Materi Bimbingan Relaksasi

Materi Bimbingan Relaksasi

● Pembukaan
Kata pengantar untuk memulai latihan.

● Relaksasi raga
Latihan ini berupa gerakan senam ringan dan pengetahuan postur tubuh yang baik, sekitar 10 menit.

● Relaksasi pikiran
Latihan ini berupa bimbingan meditasi, sekitar 15 menit

● Musik Relaksasi dan Dialog
Latihan ini menggunakan musik sebagai alat bantu untuk relaksasi sedangkan dialog bertujuan agar tercipta rasa kebersamaan dan saling pengertian, sekitar 15 menit.

● Penutup
Kata penutup untuk mengakhiri latihan

-----

semoga niat baik ini bisa terlaksana,

jika kamu pelajar dan tinggal di kota pekalongan dan butuh bantuan Bimbingan Relaksasi baik Privat atau kelompok , silahkan hubungi email saya di:

edy_pekalongan @yahoo.co.uk

Kamis, 12 Februari 2009

Memahami Stres


Keterangan:

sebuah artikel yang saya susun tentang stres , pengaruh , penyebab dan bagaimana cara penangannya. dan ada BONUS tentang tehnik relaksasi yang saya sertakan di dalamnya.

jika anda berminat , silahkan bisa di download lewat alamat di bawah ini :

http://www.scribd.com/doc/12168634/memahami-stres

semoga ada manfaatnya.

Minggu, 01 Februari 2009

ebook Puisi terbaru







ebook puisi spiritual di atas adalah

kumpulan puisi spiritual karya edy Pekalongan

bisa di download di www. scribd.com

cari saja di search : edy pekalongan

-----------------------------






ebook puisi di atas adalah kumpulan puisi cinta
karya edy pekalongan, bisa juga anda download di situs yang sama dengan di atas sudah saya tuliskan.

semoga bermanfaat.

IRAMA KEHENINGAN

IRAMA KEHENINGAN

ijinkan saya berbagi tulisan yang sangat menarik bagi diri saya , yang diambil dari bukunya Vijay Eswaran berjudul In The Sphere Of Silence atau versi Indonesia yang berjudul " Dalam Dunia Keheningan "


**** Irama Keheningan ***

Apa yang akan terjadi seandainya bumi berhenti berotasi sepersekian detik ?

Tentu akan terjadi kekacauan dan itu menjadi sebuah bencana bagi seluruh planet ini.

ada kesinambungan, sebuah irama dalam segala hal, yang tertanam di dalam diri kita hingga jatuh ke dalam jaringan sel kita.

sel sel kita bergerak bersama kita ketika kita bergerak bersama bumi ini, ketika bumi bergerak bersama matahari, ketika matahari bergerak bersama sistem tata surya, ketika sistem tata surya bergerak bersama alam semesta.

dalam segala hal, ada sebuah pola, sebuah irama.

tetapi akan muncul sebuah bencana dan kegilaan yang melanda kita seandainya kita bergerak melawan aliran alam semesta.

keheningan membawa kita kembali pada irama yang usianya sama dengan alam semesta dan dengan sumber kekuatan universal yang berdenyut melalui semua mahluk hidup.


semoga ada manfaatnya.

salam,
edy
pekalongan

terapi holistik : stess , depresi ,bunuh diri ..

terapi holistik : stess , depresi ,bunuh diri ..


" seseorang yang tidak stabil laksana meja yang reot. Pelbagai tehnik "manajement stress " adalah seperti menahan kaki kaki meja agar tidak roboh. Masalahnya meja itu akan jatuh segera setelah anda pergi. karena meja itu tidak dapat berdiri sendiri, maka ia selalu membutuhkan bantuan dari luar dirinya. sama dengan upaya kita melawan stess dengan menggunakan unsur luar : obat penenang, narkotika, alkohol, liburan atau bantuan dari teman . itu semua tidak akan bertahan lama, penyembuhan harus di mulai dari dalam diri orang tersebut dan dilakukan secara menyeluruh dari aspek tubuh , pikiran , emosi dan spiritual "



menyaksikan tayangan berita televisi , kasus mahasiswa yang bunuh diri , polisi yang bunuh diri. dan serangkaian kasus lain yang pemicunya adalah stress berkepanjangan sehingga menjadi depresi dan lenyapnya keinginan untuk hidup. saya ingin menulis sebuah catatan pribadi dari buku berjudul " The messengger Within " terbit tahun 1999.

karya : Soraya Susan Behbehani. yang sudah di terjemahkan dalam bahasa indonesia
berjudul " Fit From Within - sehat dan smart tanpa obat "


Soraya Susan Behbehani adalah ahli terapi keluarga, spesialis di bidang manajemen stress, pengajar meditasi sufi dan seorang penyembuh, tinggal di california ,amerika.

---------

dalam bukunya soraya mengatakan :
kebanyakan buku text book medis standar menyatakan 50 - 80 % penyakit dimanapun pada sebab sebab psikosomatik atau yang berkaitan dengan stress.

Penyakit yang bermula dari gangguan psikologis yang kemudian berdampak pada penyakit fisik atau lebih di kenal sebagai psikosomatik dan yang berkaitan dengan stess saat ini di derita oleh sebagian orang dan penyembuhan dengan obat obatan saja tidak cukup membantu. bahkan banyak di berbagai tempat orang yang mengalami stress tanpa tahu dia menderita stess sehingga yang di rasakannya hanyalah gangguan sulit tidur atau insomnia yang berkepanjangan.

berbagai reaksi negatif stress yang paling umum terjadi berfungsi sebagai tanda tanda peringatan awal akan perusakan terhadap tubuh. reaksi reaksi itu meliputi sesak di dada, detak jantung yang keras/cepat, sifat gampang marah, susah tidur, kurang konsentrasi , lupa, perut melilit, tegang di bagian leher dan bahu, sakit kepala yang membandel, otot otot yang berkontraksi dan sangat menegang yang pada gilirannya menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman serta rasa kelelahan yang tidak berujung.

ketika berbagai dampak stess itu berakumulasi dalam waktu yang amat panjang, maka berbagai dampak itu pada akhirnya akan menguras cadangan energi adaptif ( energi yang berfungsi untuk beradaptasi dengan lingkungan ). Dampak yang biasa adalah kesakitan, termasuk sakit kepala, migren, bisul, tekanan darah tinggi, alkoholisme, kecanduan obat , asma dan penyakit jantung.

gambaran bahwa kita mulai terperangkap dalam perasaan perasaan kita yang berujung pada depresi dapat anda lihat di bawah ini


1. saya marah ------------> saya bereaksi
2. saya bereaksi -----------> saya merasa salah
3. saya merasa salah ----------> saya menghukum saya
4. saya menghukum saya -----------> saya menolaknya
5. saya menolaknya ------------> saya jadi gelisah
6. Saya gelisah -----------------> saya lelah
7. saya lelah ----------------> saya depresi

jika depresi ini sudah berkepanjangan , dan hambatan hambatan mental dan emosional tidak tersalurkan. maka daya tahan seseorang dalam menjalani kehidupan akan menurun drastis.

sampai lenyapnya keinginan untuk hidup dan tanpa ambisi. kalau sudah demikian.. biasanya orang tersebut malah terlihat santai dalam menjalani hidup. namun didalam hatinya putus asa.

dan resiko bunuh diri akan meningkat pada orang orang yang sudah lama menderita depresi.

apa yang harus di lakukan ?

mencegah lebih baik dari mengobati.

hubungi psikolog terdekat /ahli terapi kejiwaan/ spiritual healing.
------


jika anda tidak tahu sedang stess atau tidak berikut saya tuliskan , beberapa indikator stres baik mental dan fisik
indikator mental :

1. semakin lekas marah
2. kurang sabar
3. perilaku bimbang
4. pelupa
5. depresi
6. kekecewaan
7. gelisah tanpa alasan yang jelas
8. kurang konsentrasi
9. frustasi/marah
10. aktivitas mental yang melemah
11. mimpi buruk
12. rasa tidak berdaya
13. rendahnya penghargaan diri
14. negatifitas
15 . suasan hati tidak karuan

indikator fisik

1. sakit otot
2. kesulitan pencernaan
3. gangguan kulit atau jerawat
4. sakit perut
5. rasa panas dalam perut
6. sakit dada
7. gemeretak gigi
8. skait kepala
9. sakit punggung
10 rasa lelah yang terus menerus
11. keringat berlebihan
12. nafas pendek
13. tekanan darah tinggi
14. hiperaktivitas
15. tidak teraturnya masa menstruasi
16. rasa pening, mabuk
17 insomnia
18.makan tidak teratur
19.sembelit
20 . kelelahan.

apa yang bisa dilakukan untuk menghadapi indikator stess ini :

resep si edy :

1. rileksasi

meliputi rileksasi tubuh secara total , dengan di pijat dan mandi air panas.
rileksasi panca indra meliputi :
- rileksasi mata denganmelihat yang indah indah/ karya seni
- rileksasi telinga , mendengar musik yang lembut dr gamelan klasik jawa, kecapi suling , suara ombak dan air terjun.
- rileksasi hidung , dengan aroma terapi
- rileksasi lidah , minum jamu yang pahit pahit.

2. olah raga ringan , seperti senam dan jalan kaki. untuk melancarkan peredaran darah dan mengusir rasa malas.

3. latihan meditasi ketenangan dengan di bimbing orang lain/ teman yang biasa bermeditasi. sebagai penyeimbang pikiran , perasaan , tubuh dan jiwa seseorang

4 .memilih menjalani terapi tertentu, untuk penyembuhan....


sekian , semoga bermanfaat.

salam,
edy
pekalongan

praktisi terapi menggambar untuk anger management.