Sabtu, 14 Februari 2009

Bimbingan Relaksasi untuk Pelajar



UAN 2009 bikin Pelajar stres


memang benar Ujian akhir Nasional ( UAN ) 2009 membuat Pelajar stres, mungkin Orangtua juga ikut stres gara gara ikut khawatir tentang nasib anaknya. jika tidak lulus resiko paling minimal adalah harus siap menanggung malu , siap kecewa dan siap menata ulang rencana study si anak.

bagi pelajar sendiri , yang menurut saya paling beresiko terkena stres mereka memerlukan bantuan untuk mengendalikan perasaan yang berkecamuk selama persiapan belajar menjelang UAN dan untuk itulah saya berinisiatif mengirimkan surat kepada beberapa kepala sekolah untuk menawarkan program bantuan bimbingan relaksasi bagi pelajar.

dibawah ini adalah bagian dari surat yang saya kirimkan kepada kepala sekolah :

dengan hormat, Sehubungan dengan akan berlangsungnya Ujian Akhir Nasional, saya melihat banyak para pelajar yang merasa cemas, takut tidak lulus, tegang dan berbagai perasaan berkecamuk lainnya yang pada intinya adalah gejala stres ringan yang disebabkan tuntutan harus lulus ujian. Tekanan mental yang di hadapi oleh mereka baik dari pihak orangtua, sekolah maupun lingkungan pergaulan sangat berdampak pada emosi dan ketenangan serta konsentrasi para pelajar dalam belajar dan menghadapi saat ujian, belum lagi ancaman dari dalam diri mereka sendiri yaitu perasaan malu jika tidak lulus dan yang paling di takutkan adalah patahnya semangat dalam menatap masa depan jika ternyata kenyataan dimasa depan memberi hasil yang terburuk. Saya Edy ---------- seorang praktisi Terapi Menggambar untuk anger management terpanggil untuk membantu. Bantuan yang saya tawarkan adalah memberikan latihan dan bimbingan tehnik relaksasi bagi para pelajar yang akan menghadapi UAN 2009. Kegunaan dari latihan rileksasi adalah untuk melepaskan ketegangan dan stres yang dihadapi selama persiapan ujian, membantu menenangkan pikiran sehingga lebih konsentrasi, memupuk optimisme dan meminimalkan resiko terkena dampak stres dan depresi jika menghadapi kenyataan yang terburuk. Jenis latihan yang akan diberikan meliputi tehnik relaksasi tubuh dan pikiran melalui senam peregangan dan meditasi 15 menit ditambah musik khusus untuk relaksasi. Latihan dan bimbingan relaksasi dilaksanakan di luar jam belajar satu kali dalam seminggu dengan durasi waktu 40 menit /sesi, dengan donasi sukarela seribu rupiah setiap kali latihan/siswa. Saya memahami tidak semua pelajar membutuhkan latihan ini, namun saya punya keyakinan bahwa diantara mereka ada yang perlu bantuan. Semoga penawaran ini bisa di pertimbangkan. Sekian, terima kasih.

------
Materi Bimbingan Relaksasi

Materi Bimbingan Relaksasi

● Pembukaan
Kata pengantar untuk memulai latihan.

● Relaksasi raga
Latihan ini berupa gerakan senam ringan dan pengetahuan postur tubuh yang baik, sekitar 10 menit.

● Relaksasi pikiran
Latihan ini berupa bimbingan meditasi, sekitar 15 menit

● Musik Relaksasi dan Dialog
Latihan ini menggunakan musik sebagai alat bantu untuk relaksasi sedangkan dialog bertujuan agar tercipta rasa kebersamaan dan saling pengertian, sekitar 15 menit.

● Penutup
Kata penutup untuk mengakhiri latihan

-----

semoga niat baik ini bisa terlaksana,

jika kamu pelajar dan tinggal di kota pekalongan dan butuh bantuan Bimbingan Relaksasi baik Privat atau kelompok , silahkan hubungi email saya di:

edy_pekalongan @yahoo.co.uk

Tidak ada komentar: