Langsung ke konten utama

Bimbingan Relaksasi untuk Pelajar



UAN 2009 bikin Pelajar stres


memang benar Ujian akhir Nasional ( UAN ) 2009 membuat Pelajar stres, mungkin Orangtua juga ikut stres gara gara ikut khawatir tentang nasib anaknya. jika tidak lulus resiko paling minimal adalah harus siap menanggung malu , siap kecewa dan siap menata ulang rencana study si anak.

bagi pelajar sendiri , yang menurut saya paling beresiko terkena stres mereka memerlukan bantuan untuk mengendalikan perasaan yang berkecamuk selama persiapan belajar menjelang UAN dan untuk itulah saya berinisiatif mengirimkan surat kepada beberapa kepala sekolah untuk menawarkan program bantuan bimbingan relaksasi bagi pelajar.

dibawah ini adalah bagian dari surat yang saya kirimkan kepada kepala sekolah :

dengan hormat, Sehubungan dengan akan berlangsungnya Ujian Akhir Nasional, saya melihat banyak para pelajar yang merasa cemas, takut tidak lulus, tegang dan berbagai perasaan berkecamuk lainnya yang pada intinya adalah gejala stres ringan yang disebabkan tuntutan harus lulus ujian. Tekanan mental yang di hadapi oleh mereka baik dari pihak orangtua, sekolah maupun lingkungan pergaulan sangat berdampak pada emosi dan ketenangan serta konsentrasi para pelajar dalam belajar dan menghadapi saat ujian, belum lagi ancaman dari dalam diri mereka sendiri yaitu perasaan malu jika tidak lulus dan yang paling di takutkan adalah patahnya semangat dalam menatap masa depan jika ternyata kenyataan dimasa depan memberi hasil yang terburuk. Saya Edy ---------- seorang praktisi Terapi Menggambar untuk anger management terpanggil untuk membantu. Bantuan yang saya tawarkan adalah memberikan latihan dan bimbingan tehnik relaksasi bagi para pelajar yang akan menghadapi UAN 2009. Kegunaan dari latihan rileksasi adalah untuk melepaskan ketegangan dan stres yang dihadapi selama persiapan ujian, membantu menenangkan pikiran sehingga lebih konsentrasi, memupuk optimisme dan meminimalkan resiko terkena dampak stres dan depresi jika menghadapi kenyataan yang terburuk. Jenis latihan yang akan diberikan meliputi tehnik relaksasi tubuh dan pikiran melalui senam peregangan dan meditasi 15 menit ditambah musik khusus untuk relaksasi. Latihan dan bimbingan relaksasi dilaksanakan di luar jam belajar satu kali dalam seminggu dengan durasi waktu 40 menit /sesi, dengan donasi sukarela seribu rupiah setiap kali latihan/siswa. Saya memahami tidak semua pelajar membutuhkan latihan ini, namun saya punya keyakinan bahwa diantara mereka ada yang perlu bantuan. Semoga penawaran ini bisa di pertimbangkan. Sekian, terima kasih.

------
Materi Bimbingan Relaksasi

Materi Bimbingan Relaksasi

● Pembukaan
Kata pengantar untuk memulai latihan.

● Relaksasi raga
Latihan ini berupa gerakan senam ringan dan pengetahuan postur tubuh yang baik, sekitar 10 menit.

● Relaksasi pikiran
Latihan ini berupa bimbingan meditasi, sekitar 15 menit

● Musik Relaksasi dan Dialog
Latihan ini menggunakan musik sebagai alat bantu untuk relaksasi sedangkan dialog bertujuan agar tercipta rasa kebersamaan dan saling pengertian, sekitar 15 menit.

● Penutup
Kata penutup untuk mengakhiri latihan

-----

semoga niat baik ini bisa terlaksana,

jika kamu pelajar dan tinggal di kota pekalongan dan butuh bantuan Bimbingan Relaksasi baik Privat atau kelompok , silahkan hubungi email saya di:

edy_pekalongan @yahoo.co.uk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k