Selasa, 25 Juni 2013

lukisan antonio blanco






16 juni 2013
Don antonio blanco berjumpa michael jackson di singapura.

Merokok di teras museum blanco. Ada kursi rotan kuno yg nyaman .

Salah satu lukisan blanco ada yg ditempeli puisi. Didalamnya bercerita ttg aura . Ternyata beliau belajar yoga.

dr ubud naik motor pulang ke kuta. Selalu tersenyum melihat spanduk " gunakan helm standar " . Karena aku memakai helm jelek tanpa kaca penuh coretan pilox.

Motornya honda supra yg catnya sdh mengelupas. Jadi tinggal pakai pakai kaca mata hitam. Cuek aja sepanjang jalan.

Kalo di foto , anda semua akan tertawa. Mungkin masuk 10 besar salah1 daftar motor terjelek di kuta.

Jadi polisi lihat saja sudah malas, apalagi mau nilang.

Pulang bawa matras utk senam yoga Baru dan ada tas khususnya.

Kalo kuta itu sensual.
Ubud itu spiritual.

Perjalanan hari ini temanya
Dari kuta mampir sanur lalu ubud.

From sex to samadhi.

Selamat makan malam. Terima kasih utk cuaca cerah hari ini.


salam,
edy pekalongan

dari kuta ke ubud , sensual menuju spiritual



18 juni 2013
ada yang indah pagi tadi. saat mau olah raga jalan kaki menuju pantai kuta. masih agak gelap. di gang berpapasan dengan seorang sodara lelaki kita yang berkulit putih dan berambut pirang jalan sempoyongan sambil memegang botol.

walaupun mabuk dia sempat mengucap salam dengan tertawa, dengan ekpresi simbol 2 jari. " peace man "

saya ingat kata kata Jallaudin rummi.
" jika kamu melihat orang mabuk berjalan sempoyongan, ke kanan kadang ke kiri.
cobalah untuk ikut menirukan jalan sempoyongan sedikit. siapa tahu kita bukan mabuk karena anggur tapi mabuk yang lainnya " ( mabuk ilmu , mabuk gelar , mabuk jabatan , mabuk belanja )

lalu bagaimana saya mau berjalan sempoyongan sedikit , saya tidak bawa botol. tapi saya bawa tas kantong kain warna merah bergambar antonio blanco. yang isinya canang ( sajen ) dan hio ( dupa lidi ) .

selama saya liburan , cuaca di tempat saya liburan cerah. setiap pagi sebelum memulai jadwal bepergian. saya " nyambat " sang hyang hasta brata di pinggir pantai.

sang hyang baruna , sang hyang angkoso , sang hyang bayu , karena merekalah simbol pengaturan sitem pergerakan hujan , angin dan air.

nyatanya , berhasil .

minggu , senin , naik motor tidak basah kuyup.
semua lancar , cuaca paling mendung , gerimis sedikit lalu tiba2 ilang.

motor yang saya naiki , spedometer nya mati. tapi untungnya helm jelek dan tidak berstandar SNI , penuh semprot cat. yang saya pakai ada tulisan stiker mantranya yg membuat saya di maklumi di jalan , yaitu mantranya berbunyi :
"TATO ARTIST CLUB - KUTA ".

mungkin itu membawa keberuntungan utk saya.
di tampak siring kemaren , sengaja mandi bebersih di tirta empul.

nyewa sarung bertelanjang dada. masuk ke kolam dan ikut membersihkan diri. mengikuti urut urutan bersama umat hindu bali lainnya.
di tepi kolam pedande sedang berdoa membaca mantra dan umat sedang menyimak.
di sisi lain turis sodara kita kulit putih sibuk dengan kameranya.
sambil membasuh air pancuran saya
membaca doa yang pertama :

" bismillahiraochamnirrachim
sahadat putih pengadusane nabi muhammad.
sepuh banyu nom ingsun "

doa yang lain menyusul :

" tombo teko loro lungo "

doa mandi " adus banyu kamulyan " tidak saya baca lengkap. cukup saya ambil kunci kuncinya.

ada sesuatu yang beda setelah saya mandi dan membersihkan diri. saya tidak merasa lagi jadi turis , sudah merasa di rumah.

beli suvenir , sebuah patung budha dari batu hitam. sebesar genggaman tangan. seharga 50 ribu. dan kebetulan bertemu seniman yang membuatnya. dia bercerita , mengukir sendiri untuk beberapa karyanya, termasuk yg saya beli.

tadi malam juga aku sempatkan lihat toko penjual lukisan kain TIBet dan ornamen budha Tibet salah satu toko khusus di kuta.
harga lukisannya mahal2 . minimal 2 juta. katanya langsung dari seniman Tibet.
dan memang bagus sekali.

di toko lain , ada patung budha model thailand yang kelihatan mewah. harganya murah , karena saya beli kalender. saya sampai di diskon 125ribu saja.
hanya males bawanya berat. indah sekali jika di pajang di ruang tamu.

model patung budha thailand memang ujung kepalanya runcing dan terkesan mewah.
ada 2 motif. yang bertubuh warna hitam dan berbaju emas. dan ada yang bertubuh emas dan berbaju merah dengan selendang hijau.

cukup dulu , rasanya segar sekali habis senam yoga 1 jam di pinggir kolam renang.

selamat bergembira , mau ke denpasar dulu.


salam,
edy pekalongan

Liburan ku kemaren

23 /6/2013

ada patung budha di bagikan gratis, buku buku di bagikan gratis. bisa melihat sejarah perkembangan budha di indonesia.

ada sangha theravada, ada sangha mahayana, ada sangha tantrayana.
ada perwakilan hadir dari thailand, dari Tibet , dari Hong kong.

saya berkesempatan di tawari mengikuti acara puja bakti : maha kala puja sebagai pelindung dharma di stand sangha tantrayana Tibet. karena bertepatan dengan jam puja / sembahyang.

selama setengah jam serasa berada di biara tibet , duduk di belakang lama, dengan mantra mantra , suara genderang. energi yang saya rasakan powerfull sekali.

ini sebuah pengalaman yang tak terlupakan di surabaya buddhist festival.

dan ketika kami mau keluar stand pameran ,malah bertemu orang baik dan meminta kami semua untuk masuk kembali melalui pintu panitia agar mendapat pemberkatan khusus dari guru nya , dua orang biksu thailand yang khusus hanya datang 2 hari di surabaya. kami di beri kalung yang di mantrai dan di perciki kepala kami dengan air dan disuruh minum air bunga.

sehari sebelumnya saya dan teman teman bersuci di petilasan prabu airlangga di mata air jolotundo , mojokerto.

pagi harinya sebelum berangkat ke pameran budhist saya sempatkan ziarah ke tempat eyang sunan ampel . dan meminum seteguk air dari sumur di belakang mesjid ampel.

seminggu sebelumnya saya bersuci mandi di area istana tampak siring yaitu tirta empul di Bali.

waktu itu saya ikut antri bersama umat hindu yang melukat di sana. pakai sarung dan bertelanjang dada masuk ke kolam dan pancuran. disisi kolam pedande membaca matra dengan dupa yang mengepul di sertai beragam sesajian.

budhist festival di surabaya ini
masih akan berlangsung sampai 4 hari lagi.

anda bisa menaruh patung budha kecil di pusat pameran, dan bisa di bawa pulang.
begitu kata surat kabar.

namun ternyata panitia sudah menyediakan patung budha kecil emas khas thailand. dan meminta sumbangan dana. maka ketika saya membawa sendiri patung budha dari batu kali yang saya beli dari seorang seniman ukir di tampak siring Bali. untuk di letakkan disana. mereka terkejut bukan maen. dan secara kebetulan bentuk mudranya sama dengan patung budha kecil di thailand.

namun akhirnya di perbolehkan, karena khas patung budha jawa adalah dari Batu kali seperti di borobudur. dan menjadi sebuah patung yang beda di tengah corak patung budha warna emas.






 




ikut berbahagia dengan festival budha di surabaya.
salah seorang wanita bule , perwakilan budhist centre dari hongkong. yang memberi kami tas kantong warna merah dan meminta kami untuk berfoto di stand nya dan di unggah di FB mereka: buddhistdoor international

saya memberi wanita itu gelang biji ganitri yang saya beli dari tampak siring, bali. sebagai tanda keramahaan indonesia.

satu hal, sebagai orang jawa saya merasa berbeda disana, karena mayoritas pengunjung didominasi satu etnis. tapi apapun itu , festival ini terbuka untuk umum. dan sangat bagus utk menambah wawasan.

salam,
edy pekalongan

Selasa, 11 Juni 2013

osho : zorba the budha




tidak bisa membayangkan pelajaran " spirit of rebellion " dari OSHO diajarkan.

itulah kenapa sulit mencari literatur buku buku osho di perpustakaan kampus , perpustakaan umum / kota dan perpustakaan negara.

bahkan tidak semua generasi muda penggemar filsafat dan politik pernah membaca buku osho. bahkan nama OSHO saja mungkin tidak pernah mendengar,

dia menulis 600 buku ( enam ratus buku ) . ada ribuan file audio dan video ceramahnya. murit nya dari asia sampai eropa. pengikutnya ratusan ribu. pembaca bukunya jutaan orang. mobil rolls royce nya ada 90 buah saat tinggal di padepokannya di oregon , amerika. di tahun 1980 an , hanya yang lulus test hiv yang boleh masuk padepokannya, punya jet pribadi , punya lahan pertanian organik sendiri. menerapkan gaya makan vegetarian utk semua muritnya. dan anjuran sex harus memakai kondom.

sungguh aneh jika guru guru agama di indonesia tidak pernah menyinggung orang kontroversial seperti dia. padahal dia hidup sampai tahun 1990.

sudah 4 tahun mencoba memahami ajarannya.
saya baru paham visinya saat ini.
karena satu proyek buku , untuk mengenalkan osho kpd generasi muda. akhirnya bertemu inti ajarannya yaitu " spirit of rebellion " dan tentang menciptakan manusia baru " zorba the buddha ". dan gaya hidup yang disebut " neo sannyasin ".

bulan depan selesai.

saya tertarik mendalami osho , karena di tahun 2010 . menemukan dalam catatan seorang spiritualist hindu jawa di tahun 1980 . dia memanggil sai baba dengan sebutan " my little brother ". dia menuliskan bahwa osho adalah guru tantra terbesar abad 20.

dan perubahan kesadaran manusia indonesia ketika beberapa ajaran sudah berkumpul dan di ajarkan di jawa. salah satu dari enam ajaran itu yaitu ilmu indian merah tentang " mata ketiga "

maka bagi saya munculnya forum SI , dengan koordinatornya yang menekankan ajaran " mata ketiga " . adalah sesuai dengan prediksi tahun 1980an yang ditulis dalam catatan beliau sebagai salah satu tanda kebangkitan spiritual di indonesia.

tanda lain munculnya penjelmaan semar bodroyono sendiri yang mengajar kawruh jawa kepada orang jawa. dan hadirnya guru2 dari tiongkok yang mengajarkan ilmu kultivasi TAO.

jika keenam pembawa ajaran ini bersatu ,maka kekuasaan agama politik yang berkuasa saat ini di indonesia akan segera tumbang dan ditinggalkan rakyat.

kalo benar , maka catatan jangka jaman oleh prabu kediri dengan syeikh dari arab itu akan terpenuhi.

saya tetap netral. love , peace harmony.


salam,
edy pekalongan

Jumat, 07 Juni 2013

Kembali ke Akar , begitu kata Ericka.



 sebuah status catatan di facebook di buat oleh kawan saya bernama Ericka Handoyo .
saya sajikan disini karena ada kaitannya dengan perjalanan menemukan identitas diri, tentang pemikiran dan keberanian menjadi diri sendiri . bercermin dari perjalanannya di kota paris , Prancis.
selamat membaca

Kembali ke Akar
oleh : Ericka Handoyo


Konon 3 org ini disebut yg paling berpengaruh dlm kebangkitan masyarakat Eropa abad pertengahan. Dari kiri ke kanan adalah tiga keturunan "ilmu kebijaksanaan" yg sohor di Yunani. Paling kiri adalah Socrates, maha guru filsafat yg jd inspirasi Plato (kedua) dlm merumuskan kebijaksanaan dan etika hidup. Yg kemudian rumusan rumusannya diterapkan oleh Aristoteles (paling kanan) sebagai generasi selanjutnya.

Ketiganya ada ketika di seberang lautan jerusalem ketikaYesus belum direncanaaan. Dan mungkin arab msh terbelakang karena kejahilannya yg jahil. Ketiganya hidup 500 thn sebelum Yesus melakukan revolusi #kembali ke akaranya. Yg kemudian jadi populer sebagai Tuhan pengganti dewa dewa Yunani





Ajaran kebijaksanaan mereka bangkit lagi ketika kebesan Yesus di eropa mulai diragukan. Gereja di eropa yg sering mencatut namaNya mulai jd momok menakutkan di eropa. Para pemikir yg berseberangan dgn gereja dibungkam. Seni dan budaya kratif manusia ditindas atas nama mekuasaan gereja. Yg tentunya membawa bawa nama Yesus dibelakangnya

Pemikir kreatif di abad 15 pun sibik menggali tanahnya. Yg kebetulan tdk menemukan seorang bijakpun utk jd inspirasi baru. Yesus terlalu populer untuk disaingi. Di prancis masyarakat dan kaum bangsawan sebagian besar betah berdiam di ketek gereja. Dan sejarah yg. Ereka miliki lbh banyak ttg pelacur, org sakit kusta, malaria dan sekumpuln raja lalim yg senang bermain dgn nasib rakyatnya yg kelaparan.

Dengan daya upaya akhirny diambilnya legenda Yunani yg kebetulan hidup di dalam masyarakatnya. Pemikir kritis yg gak betah terjajah gereja mulai menggali seluruh pemikira trio bijak ini. Inti ajarannya dipake utk mengupas masalah masalah paris yg upto date lalu disebarkan rohnya yg kemudian jd ilmu ilmu baru. Suatu gerakan menular yg dikomandoin di seantero Eropa. Dari mulai Davinci di florence sampai galeo galilei mulai kerasukan kebijaksanan jadul ini. Yg akhirnya berbuah.

Meski gak janjian, mereka berhasil merubah otokrasi gereja yg udah buat rkyat dan bangsawan erop mau muntah. Sejak itu mengkritisi Yesus mulai jd hal lumrah. Seniman seniman mulai mencari bentuk karya karya teaternya dan seni lukis. Begitupun para komponis mulai mengubah bentuk bentuk kesenian yg tdnya kaku menjadi lbh berwarna.

Mereka gak punya ronggowarsito. Gak punya Jayabaya, empu panuluh, prapanca. Empu empu yg kebijaksanaanya melintasi waktu dan dijadikkn panitan oleh para budayawan. Eh budayawan saja karena oleh org yg katanya modern empu2 ini kuno. Gak layak ditiru.
Padahal kalau mau diperhatikan. Untuk bangkit org eropa hrs mencari panutannya, menciptakan lalu menjadi inspirasi. Bahkan mereka harus menarik mundur ke belakang untuk menemukan ketiga org bijak ini. Yg ketiganya sama sekali gak punya hubungan darah maupun sejarah dengan mereka. Yunani dan prancis jauuuuh booooo....



 Tp ya mereka yg mengenal mengenal masalahnya. Mau mencari solusinya tentu akan mendapatkan apa yg dibutuhkannya. Meski bukan nenk moyangnya ketigg org itu berhasil mmnjadikan prancis dan eropa sebagai bangsa yg mengendalikan dunia. Terlepas curang tidaknya. Karena bangsa yg punya kontrol pd dunia memang dpt ketetapan untuk bisa curang lebih banyak. Kita yg nurut dan ramah tamah ini berhak juga mendapatkan kesempatan lbh banyak untuk dicurangi

Pertanyaannya sekarang apakah kita mau terus seperti sekarang ini. Terus terusan memuja org lain dan mengecilkan daya manusia dan kemanusiaan yg kita miliki? Hanya untuk merasa nyaman hidup tidak nyaman. Merasa senang hidup ketakutan dan khawatir. Senang mengobral moral surga dengan hati takut masuk neraka?

Semuanya kembali pd diri kita sendiri. Tulisan panjang ini apus aja kalau emang itu yg kita mau. Ini cuman cermin yg isinya adalah muka kita sendiri. Yg kalau diapus toh cermin ini tetep ada wajah kita juga disitu. Heheeehehehe.......Merdekaaaa!

Paris 7-06-2013

jangka jaman





satria piningit bebas pada 2012. seorang wanita . beragama budha. dari myanmar. namanya aung san suu ki . dipingit jadi tahanan rumah lebih dari 15tahun. ratusan biksu turun ke jalan membelanya. PBB membelanya. warga dunia simpati kepadanya.

jelas. nyata. ini bukan berita gaib dari strategi politik untuk membuat dogma bahwa satrio piningit harus selalu laki laki.

yang selalu diberitakan , eyang ronggowarsitho dengan ramalannya. itu hanya trik untuk menutupi ajaran sastra2 jawa yang dihasilkan oleh beliau. seorang pujangga dengan ajaran yang hebat diturunkan nilainya hanya menjadi juru ramal oleh belanda dengan sindiran
" nostrademus van java "

lalu ada yang bilang itu ramalan joyoboyo. betulkah demikian.
dalam catatan saya , buku warisan. ada catatan jangka jaman yang dibuat oleh ulama islam / syeikh dari jazirah arab saat sarasehan dengan raja kediri . dan disana saya tidak melihat ada ramalan tentang satrio piningit.

yang ada adalah perubahan perubahan di tanah jawa dalam periode seratus tahun. jangka jaman. itu sebuah alat ukur kemajuan dan kemunduran masyarakat yang sifatnya umum.

untuk bisa membuat jangka. maka kita harus bisa membaca keadaan saat ini dan keadaan sejarah masa lalu . maka bisa di kira kira pertumbuhan di masa depan.
dijaman modern namanya ilmu statistik perencanaan.

rencana APBN adalah bukti ahli ahli hebat di pemerintahan membuat rencana anggaran untuk satu tahun. tapi nyatanya sudah beberapa tahun ini APBN selalu tekor dan dibuat APBN perubahan , atau bahasa kasarnya PEMERINTAH Kehabisan DUIT karena salah bikin perhitungan / jangka ekomoni satu tahun.

kalau bikin jangka anggaran satu tahun saja meleset terus , minta tambah terus. itu tanda ahli ahli perencanaannya bodoh. bagiku mereka orang orang tua yang lucu.

kalau tidak punya anggaran , ya lakukan efisiensi . kalo perusahaan rugi ya lakukan efisiensi. pecat pegawai yg tidak diperlukan.

lucu sekali. BUMN selalu rugi ? ya pecat semua karyawannya . ganti yang baru.

pola pikir pekerja hanya bagaimana meminta uang dan menghabiskan anggaran.
itu pola pikir mahasiswa.

kalo orang dewasa pola pikirnya. bagaimana rakyat cukup.

berapa hak beras untuk setiap warga negara dalam satu hari yang harus di berikan oleh pemerintah ? satu ons , dua ons, setengah ons ?????

itu saja tidak bisa di jawab. jadi pemerintah saat ini pola pikirnya masih kalah dengan pemerintahan soviet di kota Leningrat saat perang dengan NAZI jerman saat PD 2. setiap warga kota di jatah roti 4 gram sehari.

orang orang tua yang lucu , bodoh dan begitu minta dihormati sebagai pemimpin negara.

berapa hak beras untukku dalam sehari yang disediakan pemerintah ? jika pemerintah hanya mampu memberikan jatah untuk satu warga negara 1kilo beras dalam sebulan. itu tidak masalah sisanya rakyat biar mencari sendiri. nyatanya dia sama sekali tidak peduli pada hak hak dasar rakyatnya.

berapa liter jatah bensin untukku dalam sebulan yang disediakan pemerintah ? 1 liter ? setengah liter ? seperempat liter ?. oke .

kalu menyediakan jatah beras untuk rakyatnya sehari 1 ons saja tidak mampu dan tidak di anggarkan dalam APBN. bagaimana kalian mengaku seorang pakar/ ahli ekonomi.???

tinggal hitung saja.
jumlah rakyat berapa.
subsidi bensin , 1 warga dapat hak sejumlah setengah liter bensin per bulan yang diantarkan ke kantor lurah /desa masing2. itulah jumlah subsidi. kalo di POM bensin beli dgn harga pasar.

jelas. mudah.

itu semua namanya jangka atau perhitungan untuk masa depan. jadi bukan ramalan antah berantah.

orang jawa punya ukuran yaitu jengkal , hasta , jangkah , tombak.

bagi orang jawa jangka jangkah artinya menghitung langkah kaki. atau strategi .
kalo matematika anak smp , alat mistar dan jangka untuk membuat gambar dan ukuran agar memudahkan dalam membuat model / rencana dalam sebuah proyek.

bagi yang percaya satrio piningit. ya silahkan saja.
alam pikir nya masih mitos atau khayal belum masuk dunia realita / kenyataan.

APBN perubahan , itu tanda kegagalan dalam teori dan praktek orang dewasa . lalu minta tambahan uang. ini mirip pola pikir dan hidup mahasiswa yang dapat subsidi bulanan tapi karena boros lalu minta tambahan.

kalo pemerintahannya saja masih puber dan tidak serius , tidak memikirkan nasib nya sendiri. jadi santai saja sebagai rakyat. tidak usah terlalu serius. hidup tanpa tujuan juga baik2 saja. lha pemimpinnya saja yang tua itu tidak punya tujuan yang jelas.

kalau di tanya :
kamu anak yang gagal , tidak sukses .

jawab saja :
orang2 tua yang di pemerintahan kita juga gagal dan tidak sukses. jadi enjoy aja.

selamat siang kawan kawan
aku bergembira untuk diriku sendiri
jika kamu gagal terus itu hal biasa, tidak apa apa.
lha yang digaji dan di subsidi rakyat sebagai orang pemerintah, mereka gagal terus mensejahterakan rakyat . juga tidak apa apa.

tidak apa apa.
duit rakyat indonesia masih banyak.
pulaunya masih banyak. hutannya masih banyak. tambang emasnya masih banyak.
santai saja. tetap rukun dalam hidup.

kalo ada yang menyindir pengangguran
" kamu kok tidak tahu malu , bagun siang hari tidak kerja "

jawab saja :

" anggota di DPR , juga tidak tahu malu. sering tidka masuk kerja. sidang tidur. tapi minta gaji . tidak apa apa. enjoy aja"

inilah indonesia, tidak apa apa.


salam,
edy pekalongan

Selasa, 04 Juni 2013

senam yoga ku


bagiku latihan senam yoga di studio senam yang bagus. itu sebuah kemewahan yang harus di syukuri. karena aku lebih sering berlatih :

di bawah pohon , ada rerumputan , menggelar matras , menggelar selembar kain.
sambil mendengar ombak . terkena sinar matahari pagi / sore.

sebelum memulai , aku memohon ijin kepada bumi tempatku berpijak dan penguasa bumi tempatku berpijak serta mahluk sekitar untuk ikut numpang berlatih senam yoga.

surya namaskara bagiku bukan gerakan , tapi menghadap ke arah matahari mengucap salam kepada sang hyang surya. dan memohon aliran kekuatan prana melalui sinar matahari yang jatuh di kulitku .menguatkan tubuhku dan menyehatkanku.

sehingga dalam satu jam latihan gerakan senam yang berganti postur. sesungguhnya kita tdk hanya melatih melancarkan aliran darah dan melenturkan otot2. tapi juga membangun hubungan energi dengan alam sekitar.

dari sanalah kadang muncul pemahaman pemahaman baru. latihan kututup dengan postur pohon disertai pemberkatan untuk semua mahluk .

dari hasil berlatih mengenalkan senam yoga tanpa bicara , hanya dengan berlatih di pinggir pantai dalam lokasi rekreasi masyarakat kota.

setelah empat tahun berjalan,
tukang sapu , tukang parkir, pedagang , pegawai disana , juga para remaja yang rutin pacaran di sana. juga pengunjung lain sudah mulai memahami bahwa yang sedang dikerjakan pemuda yang dulu mungkin dianggap " agak aneh atau gila " ini adalah senam yoga .

bagiku itu sudah cukup.


salam,
edy pekalongan

Senin, 03 Juni 2013

resensi buku : Maria Hartiningsih



buku ini bercerita tentang visi dan perjuangan tokoh yang memperjuangkan hidupnya untuk melayani orang lain dengan dasar pandangan hidup ajaran budha dharma yang dianut oleh mereka.

secangkir teh bersama para guru , lebih merupakan sebuah biografi singkat dari masing masing tokoh yang ditulis dalam bahasa yang mudah di cerna. dan sangat inspiratif . ditulis oleh wartawan senior kompas : Maria Hartiningsih

didalamnya ada pesan dalai lama 14 yang meninggalkan jabatan sebagai pemimpin politik Tibet dan hanya meneruskan sebagai pemimpin dibidang spiritual keagamaan khususnya Budha Tibet saja. dan menyerahkan kepemimpinan tibet berdasar demokrasi.

bahkan Tibet sendiri memilih untuk tetap dalam wilayah china sebagai propinsi dengan otonomi khusus. namun rencana tersebut ditunda oleh dalai lamma dan lebih mementingkan kasus pencairan gletser di himalaya sebagai sumber air bagi ratusan juta manusia di daratan asia.

Himalaya adalah kutub es ketiga di planet bumi.

lain cerita tentang banthe sri pannavaro dari vihara mendut di magelang jawa tengah. beliau bercerita tentang pilihannya menjadi bikku dan mengabdikan dirinya untuk melayani masyarakat. beliau salah satu sesepuh bikku aliran theravada indonesia dan berasal dari pulau jawa.

yang aku tidak menyangka adalah thich nhat hanh yang kelahiran vietnam oktober 1926. artinya beliau sudah 86 tahun dan terlihat seperti berusia 60tahun. dan dalam wawancara di youtube dengan oprah , baru tahu kalo beliau terusir dari vietnam setelah pertemuannya dengan almarhum Martin Luther King jr. di amerika serikat.
salah satu mantra yang dia ajarkan kepada oprah adalah ketika seseorang sedang bersedih hati . datanglah kepadanya dan katakan:

" darling , i know you are suffer. i am here for you. tell me what make you sad. so i can help you "

lalu dengarkan saja semua curhatnya. tanpa menyela atau memberi solusi. hanya mendengarkan dengan cinta kasih . ini disebut praktik . deep listening.

membaca buku ini seperti bercermin tentang pilihan hidup manusia, manusia bisa memilih akan hidup seperti apa. dan jalan cinta kasih dan pelayanan adalah jalan yang ditempuh oleh para guru ini.

jadi ingat seminggu yang lalu mimpi tidak sengaja bertemu Maha guru Ching Hai dan saya meminta beliau memberi inisiasi di dalam mimpi . dan beliau berkata : oke , no problem . i can give what you want .

ini mimpi yang ketiga atau keempat bertemu Guru Ching Hai. belum tentu satu tahun sekali saya bermimpi bertemu beliau.

mimpi bertemu dan ngobrol dengan dalai lamma 14 . sudah pernah
mimpi bertemu dan ngobrol dengan banthe pannavaro . sudah pernah
dan ada hal yang aneh. bertahun tahun aku tidak lupa dengan mimpi itu, seperti kejadian nyata saja. dan sebuah karunia atau kutukan, karena aku jarang bermimpi dan ketika bermimpi aku tidak lupa isi mimpiku. dulu lebih banyak mimpi berisi de javu. sudah puluhan mimpi de javu sejak usiaku 17 tahun terjadi dengan akurat.
maka mimpi bagiku bukan sekedar mimpi tapi sarana belajar dan berkomunikasi.

itulah kenapa aku tertarik membaca pengantar tibetan yoga dream karya Lama surya das pada tahun 2009. dan aku tidak pernah meremehkan mimpi bertemu teman yang baru dikenal tapi di mimpi ku sudah hadir dan membuat ulah. biasanya aku menegurnya langsung di mimpi .

beberapa orang juga teman lama aku pernah melihat sendiri hadir melihat tubuhku tidur , mengamati bercakap cakap bergosip. lalu dari belakang aku menegurnya. kalian sedang apa masuk kamar orang tanpa permisi. lalu mereka pamit pergi.

ada pula yang seakan dalam mimpi aku diinterogasi dan dimintai jawaban jawaban. dan aku jawab dengan sadar bahkan kadang aku debat dan protes lalu biasanya mereka kaget.

kalo menurut ilmu orang usil , itu tehnik memanggil jiwa orang yang tidur dan menginterogasinya lewat medium tubuh orang lain.

dan sering aku mengingat siapa siapa wajah yang pernah usil kepadaku , mencari informasi lewat cara demikian. kalo tidak berlebihan , tidak apa apa. tapi kalo berlebihan biasanya aku laporkan kejadian seperti ini kepada bodhisatva avalokitesvara dan guru padmasambava. sambil membaca maha karuna dharani dan mantra 7 baris padmasambava.

mereka biasanya akan terasa , entah dalam mimpinya besok di tegur seseorang atau kenapa karena ulah isengnya yang tidak pakai sopan santun menginterogasi. dipikir yang dimintai keterangan tidak tahu.

ah sudahlah... setiap orang akan memikul karmapala / buah perbuatannya sendiri.

dari sini aku belajar bahwa para guru yang diwawancara dalam buku maria hartiningsih ini. mereka tidak menonjolkan diri memiliki keistimewaan. tapi untuk ukuran bikku yang sudah senior , yang meditasi & praktik latihannya sudah puluhan tahun. pastilah mereka memiliki siddhi. tanpa perlu menunjukkannya.

resi patanjali mengatakan bahwa siddhi yang di hambur hamburkan hanya untuk pamer akan membuat kita lalai melanjutkan latihan. dan berhenti mencari pencerahan tapi hanya terlalau asik mengumpulkan berbagai siddhi / kesaktian. dalam praktik budha dharma ini malah memupuk kekotoran batin baru (kesombongan ) .

siddhi itu ibarat gaji dari hasil berlatih meditasi , jika dihambur hamburkan nanti juga habis sendiri. kalo sudah habis , ya rasakan akibatnya. mulai lagi dari nol.

catatan catatan tentang banyak murit budha gotama. yang memiliki kesaktian bermacam macam. tapi tidak pernah kesaktian itu di puji dalam ajaran budha sebagai sebuah prestasi atau mukjizat. selalu yang dikejar adalah pembersihan pikiran , perkataan, perbuatan. untuk mencapai penerangan dan kebijaksanaan.

dan ada satu hal yang aneh, di dalam catatan . sidharta gotama itu bermata biru. dan seorang calon budha punya ciri fisik yang khusus, salah satunya bermata biru dan tampan sekali. buktinya sampai saat ini memang ada ras di asia yang bermata biru dan berambut pirang. sampai saat ini orang kurdistan ada yang bermata biru. anak anak mereka tampan dan cantik . sekilas kita mengira mereka orang eropa. tapi asli asia.

ini salah satu contoh nya di youtube.
http://www.youtube.com/watch?v=8hHMwCE3ECU

jadi jangan pernah mengaku sudah menjadi budha, kalo wajahnya tidak tampan dan matanya biru. dalam catatan ajaran para guru , ciri orang yang karma masa lalunya baik salah satunya wajahnya terlahir rupawan / good looking.

secangkir teh bersama guru adalah judul buku ini. semangat perjuangan manusia secara alami yang akan di catat.
membaca buku ini seperti bercermin tentang pilihan hidup manusia, manusia bisa memilih akan hidup seperti apa. dan jalan cinta kasih dan pelayanan adalah jalan yang ditempuh oleh para guru ini.



salam,
edy pekalongan


kembali memakai arloji

 
tadi siang sepulang beli sandal. ada pedagang cermin yang keliling pakai gerobak lewat depan rumah. sebetulnya tidak begitu perlu , tapi karena ingin memberi semangat kepada yang berjualan bahwa rejeki itu pasti ada.

maka aku memanggilnya, dia menawarkan cermin agak besar seharga 150ribu. akhirnya dia memberi harga 120ribu. saya beli satu.
kulihat air mukanya gembira sekali. dan kakakku perempuan juga ikut membeli satu bingkai foto agak besar untuk foto bung karno yang besar yang baru di cetaknya.

waktu dia mau melanjutkan keliling , dia berterima kasih sambil tersenyum.

bagi saya , seorang pedagang keliling . kalo menjelang makan siang ada yang beli dagangannya. semua keluh kesah berdagang ataupun masalah di pagi hari. bisa sejenak terobati. dan jikalaupun dia punya niat jahat , pasti sirna. karena ternyata rejeki dari allah masih ada. tentus aja lewat manusia.

hari ini aku banyak belanja. pagi hari mampir pasar alias mall, ganti sandal jepit baru seharga 50ribu. waktu sandal jepit yang baru mau dibungkus kasir . aku minta kasir melepas label mereknya dan kupakai langsung . dan sandal yang lama yang dibungkus.

nggak niat belanja, lihat celana jeans pengen. maklum aku sudah 3 tahun tidak belanja celana jeans. karena celana jeans lama kesayanganku sudah penisun karena pengabdiannya sejak 2009 , maka aku belanja satu . dan kebetulan merek favoritku ada diskon. bisa hemat 150ribu , ukuran 31 selalu pas untuk merek ini. kalo pakai ukuran 30 , nanti jadinya sangat pas , memang terlihat oke. hanya tidak nyaman untuk duduk bersila.

entah kenapa tiba2 ingat sudah hampir 7 bulan tidak pakai arloji . kebiasaanku kalo beli arloji harga murah , kalo baterainya habis, lalu kubuang. dan beli yang baru. kali ini mampir langganan . malah ditawari arloji seharga 280ribu, karena sudah kenal , aku di beri diskon , ya sudahlah . karena 2 tahun tidak mampir toko ini. maka aku beli sesuai harga pertemanan 175ribu rupiah.

hari ini beli arloji dan cermin . mungkin sudah waktunya memasang cermin dan memasang putaran waktu di lengan.

hari ini kembali memegang KTP. setelah satu tahun hidup tanpa KTP.
besok mau ke kantor bank. membuka rekening baru. setelah 3 tahun hidup tanpa rekening bank. tanpa ATM.

artinya salah satu praktik latihanku sudah selesai.

dalam 2 bulan ke depan , nilai nominalnya cukup untuk jalan2 backpaker keliling eropa . lha ini bukan uangku. titipan milik orang.

aku berimajinasi ( maafkan,,, mohon ijin berimajinasi )
kalo aku berani korupsi , bikin saja paspor dan visa. kabur jalan jalan ke paris, london, yunani dan disetiap kota harus making love . sehingga nanti bisa diketahui rasa perbedaannya dan bisa cerita sama kawan2. ini citarasa prancis, ini citarasa london , ini citarasa amsterdam dll.

para pejabat indonesia yg kaya raya bisa melakukan petualangan ini. tapi mungkin mereka takut sama istrinya. atau terlanjur tua dan sibuk. sehingga uangnya menumpuk tapi nggak bisa kemana mana. atau sudah kena penyakit jadi tidak kuat untuk bersafari.

lha kok jadi pikiran liar begini. hehe....
ingat tarik nafas.. kembali ke nafas,
prinsip Zorba the buddha , puncak kesenangan lahir / materialistik dan batin / spiritual yang menjadi satu.

ah... sudahlah. hidup ini isinya susah dan senang.
sebentar susah sebentar senang.

selamat malam kawan kawan.
aku bergembira untuk diriku sendiri
andapun sebaiknya bergembira untuk diri anda sendiri.

salam,
edy pekalongan

Sabtu, 01 Juni 2013

pujangga : empu jangga




pujangga , di jawa disebut PuJangga ( dibaca : pu jong go ) dari singkatan 2 kata EMPU Jangga artinya empu atau ahli yang menciptakan karya sastra baik lisan dan tulisan untuk menyampaikan suatu ajaran.

kekuatan seorang empu jangga / pujangga ada di ajarannya yang tersimpan dalam nyanyian, syair , tulisan , kitab.

penulis bukan pujangga. karena penulis itu hanya mencatat laporan dan menyampaikannya.
di jaman sekarang , menulis sms itu juga penulis pesan.
wartawan itu penulis
pembuat pidato itu penulis
pembuat skripsi itu penulis
nulis status di fb itu penulis

perbedaan antara penulis buku dan pujangga itu pada " ajaran " yang disampaikannya dari hasil pengalaman pribadinya dalam hidup , entah itu kebijaksanaan , hasil penelitian, sebuah stategi.

dan ajaran yang disampaikan dalam karyanya itu bisa dipraktekkan oleh pembacanya dan hasil yang diperoleh sesuai dengan apa yang ditulis karena dari hasil pengalaman nyata.

jadi ada ribuan penulis buku tapi tidak semuanya bisa dimasukkan sebagai pujangga.
apalagi kalo cuma menterjemahkan karya sastra lama dalam bahasa modern , itu bukan pujangga. itu penulis penterjemah.

seorang pujangga itu sudah melakukan apa yang ditulisnya.
secara garis besar pujangga di bagi menjadi 2 : yaitu
1. pujangga brahmana / pujangga keagamaan. ada pujangga budha , pujangga islam
2. pujangga bukan brahmana / bukan keagamaan. contohnya karl max, socrates, montesque, archimedes, galileo,

bhineka tungga ika , itu hasil dari sastra Sutasoma , hasil karya seorang pujangga jawa budha yang nama aslinya saya tidak tahu tapi dia memakai nama gelar yaitu TAN TULAR.

Tan : tidak . Tular : menyampaikan . jadi nama Tan Tular adalah bentuk kerendahan hatinya untuk mengatakan dia seorang yang tidak pandai berbicara.

sehingga nama tan tular selalu diberi nama depan empu . tapi yang lebih pas adalah
Empu Jangga Tan Tular atau Pujangga Tantular.

jadi empu itu bukan saja gelar melekat pada ahli membuat keris.

saran saya , kalau anda mau membeli keris , coba tanyakan siapa empu pembuatnya .
bagi saya penjual keris yang suka iklan di fb tapi dia tidak menuliskan siapa empu pembuat keris yang dijualnya. maka perlu di ragukan ketelitiannya.

kecuali penjualnya menuliskan : nama empu keris pembuat , saya tidak mengetahuinya. karena usia keris yang sudah ratusan tahun. itu penjual yang jujur.

saya belajar menulis dan belajar , mudah mudahan suatu saat bisa bertransformasi menjadi empu jangga / pujangga.

dan saya berdoa, semoga anda yang berjualan keris , bisa bertransformasi menjadi pembuat keris dan menjadi empu keris.

jangan kagum pada kerisnya, tapi kagumlah pada empu pembuatnya.
kagumlah pada orang yang bis amembuat keris pusaka sendiri.
jangan bangga bisa membeli smartphone canggih . tapi banggalah jika bisa membuat handphone / smartphone sendiri.

jangan bangga pada kitab buatan orang lain yang kamu jadikan pusaka. kalo kamu hebat buatlah kitab sendiri sebagai pusaka pribadimu.

maka, saya lebih kagum kepada orang yang sudah menuliskan prinsip hidup yang dilakoninya bertahun tahun menjadi kitab pribadinya. dan saya tidak kagum pada orang yang mengajarkan kitab buatan orang lain dan mengaku sebagai mahaguru tapi belum menuliskan prinsip2 hidupnya sendiri dalam sebuah kitab.

maka , tidak apa apa. jangan fanatik. kalo sudah merasa menjalani prinsip hidup dan mengetahui hasilnya maka tulis sendiri kitab mu. maka kamu sudah menjadi empu jangga.

maka ada pepetah : pengalaman adalah guru yang paling berharga. itu benar karena dengan pengalaman anda mengetahui rasanya , hasilnya , suka dukanya. dan bisa disimpulkan sendiri.

pepatah tersebut pastilah hasil dari kebijaksanaan seorang pujangga.

dasar negara kita gotong royong dan bhineka tunggal ika.
kalo pancasila itu pengembangannya. bisa diutak atik.
tapi akarnya gotong royong dan bhineka tunggal ika.

tidak tahu pasti siapa empu jangga yang menciptakan kata " gotong royong ".

semoga bermanfaat.
salam,
edy pekalongan

golput : kekuatan pamungkas rakyat




Intisari pancasila itu gotong royong.

Prinsip gotong royong di contohkan organ2 tubuh manusia yg bekerjasama.

Ada di dunia lebah
Ada di dunia semut

Pancasila - trisila - ekasila
Itulah gotong royong .

Dari kita oleh kita untuk kita semua. Kekuasaan tertinggi ditangan pemilu.

Bukti rakyat berdaulat. Saat pemilu jangan datang ke TPS dan tidak mendukung Semua calon DPR dan calon presiden manapun.

Itu senjata terampuh saat ini yg dimiliki warga indonesia.

Maka guru2 , dosen, orangtua . Televisi. Media internet. Harus menanamkan golput dalam 12 bulan kedepan.

Siapapun yg menentang golput saat pemilu. Dia agen bayaran partai politik.

Mudah. Murah. Langsung mengalahkan partai politik.

Gerakan golput . Harus digalakkan secara nasional.
Itu rumus dari saya.

Tidak perlu revolusi. Cukup menunjukkan kekuatan dengan golput.

Pemilihan gubernur jateng kmrn kita sekeluarga golput.

Ayo merubah indonesia dengan golput dan tidak datang ke TPS.

Mari bergotong royong dalam golput nasional. Terima kasih

salam,
edy pekalongan

mitos kekuasaan : satrio piningit



ada orang yang percaya satrio piningit . ya biarkan saja. lha itu yang membuat dia punya harapan akan masa depan yang lebih baik.

ada orang yang tidak percaya pada ramalan satrio piningit dan kejayaan masa lalu. biarkan saja. lha dia memandang hidup saat ini dengan fakta dan logika. itu lebih bisa dipahami. dan kenyataannya jika tidak bekerja sendiri, satrio piningit juga tidak memberi uang tunjangan, beras dan biaya hidup.

kalo aku sendiri, lebih suka dengan wangsa sailendra . kejayaannya jelas. diakui catatannya di india, di tibet , di jepang , di china, di thailand. bahkan peninggalannya yaitu candi borobudur lebih besar dan megah dari candi candi lain di jawa.

raja raja wangsa sailendra berlindung kepada budha , dharma dan sangga. mereka tidak berlindung kepada dewa / dewi atau kepada penguasa laut.

namun anehnya, aku tidak pernah mendengar cerita atopun gosip dari orang orang yang ingin membangkitkan kejayaan nusantara berkiblat pada raja raja wangsa sailendra. yang paling banyak berkiblat pada kerajaan hindu ,
seperti mojopait.

amati saja , budaya di sekitar indonesia. negara thailand, laos , kamboja, vietnam, korea, china , jepang . akar tradisi budha nya begitu terlihat sampai saat ini. namun kenapa candi budha terbesar ada di jawa ? dan mereka wisatawan dari seluruh penjuru dunia setiap tahun berziarah ke candi borobudur.

jika kiblat perjuangan membangkitkan nusantara kembali ke kerajaan budha wangsa sailendara , maka sumatra akan bergabung , thailand akan setuju , laos , vietnam, kamboja , korea, china, jepang , india , tibet . akan setuju . karena catatannya begitu jelas dan tidak perlu banyak bicara hal hal goib / misteri.

dan berjuang demi sekedar memuaskan nafsu keserakahan , kebencian , balas dendam dan kebodohan. itu adalah hal yang bertentangan dengan ajaran budha dharma.

masalahnya kasta kasta akan punah , dewa dewi tidak akan lagi disembah, dan TUhan tidak akan lagi disembah karena ajaran budha tidak mengenal menyembah dewa / tuhan.

selalu menjadi tanda tanya terdalam, kenapa wangsa sailendra yang lebih hebat dari mojopait . lebih tua , lebih kaya , lebih jaya dan catatannya jelas. peninggalannya jelas. malah tidak disinggung. seakan di lupakan.

ada candi begitu jelas , besar di jawa tengah. namanya borobudur . di akui dunia. kenapa ritualnya malah memilih di candi kecil , batu bata merah yang sudah hancur.

aku menulis ini karena prihatin , menjelang waisak kemaren. orang orang yang ingin kejayaan nusantara pulih tapi hanya mau hindunya. budhanya di buang. islamnya di buang, kristennya di buang.

kalo sudah " djowo " artinya mengakui sedulur papat / sodara empat penjuru. yaitu manusia dari bangsa bangsa yang berada di sebelah timur , barat, utara dan selatan pulau jawa di akui sebagai sodaranya.

dalam ajaran budha dharma tidak mengenal perang suci. membunuh tidak pernah di benarkan. maka sifat mistikus budha adalah netral / atom neutron.

saat ini aku melihat dalam kasus mitos kembalinya kejayaan nusantara yang di gembar gemborkan itu. atom proton ( positif ) sedang bertarung dengan atom elektron ( negatif ) . unsur mistikus hindu bertempur dengan unsur mistikus islam.

silahkan saja mereka berkelahi sampe capek demi atas nama kekuasaan. yang satu demi kebangkitan nusantara hindu , yang satu demi kekahalifahan di nusantara.

karma masa lalu yang belum selesai , akan mereka tuntaskan sendiri. tapi mbok ya tidak usah mengajak pengikut generasi muda yang tidak paham.

bagi yang terlahir kembali di masa kini dan masih gila kekuasaan. silahkan saja,
itu urusan anda sendiri. karena setiap yang percaya kelahiran kembali maka tidak akan fanatik suku dan agama juga negara. karena setiap jiwa bisa jadi telah menempati raga dalam bentuk pria dan wanita dalam beragam suku , agama, bangsa dan profesi.

hidup ini selalu berubah. tidak ada yang pasti abadi. apa yang dibangun pasti akan berubah seiring waktu . itu sudah hukum alam. setiap jiwa mengalami proses belajar masing2.

semoga kita di bebaskan dari keserakan, kebencian , permusuhan dan dendam juga kebodohan.
semoga semua mahluk hidup berbahagia,
yang tinggal di udara
yang tinggal di air
yang tinggal di atas bumi
yang tinggal di dalam bumi
yang tinggal diluar bumi
yang tampak maupun tidak tampak
yang sudah terlahir maupun akan terlahir
yang saya ketahui maupun tidak ketahui
yang tinggal di sepuluh penjuru
diseluruh kerajaan alam
semoga semuanya, semoga semua mahluk hidup berbahagia
hidup rukun dalam damai dan cinta kasih
damai di dalam diri
damai di luar diri
damai untuk kita semua
OM shanti shanti shanti OM

* dilarang mengkopi / share catatan ini
ini tulisan khusus untuk fbku.

salam,
edy pekalongan

cicak dalam kopi




pada sabtu pagi kemaren ( seminggu yang lalu ) saya bangun di rumah mas teguh di kaliurang , menuju ke kamar mandi, sekilas ada yang bergerak dalam sebuah cangkir kopi yg penuh. di meja. cuek saja. tapi sudah masuk keluar mandi keluar lagi. ternyata seekor cicak yang kesulitan keluar dari cangkir kopi yang masih penuh.

" biarlah itu karmanya " . dalam hati aku berkata begitu . tapi kasihan juga, maka aku mengambil sebuah sendok di dapur . dan menuju cangkir kopi dan membantu cicak itu keluar dari cangkir .

lalu aku teruskan ke kamar mandi . keluar dari kamar mandi masih jam 5 pagi. kuteruskan meditasi. dan lain lain.

baru kali ini aku teringat. bahwa menolong mahluk lain tidak bisa di rekayasa. ada waktu yang pas dan saat yang pas kita disana dan kita punya peluang menolong. seperti perjumpaan dengan cicak yang berenang renang di cangkir kopi dan tidak bisa keluar.

terima kasih.


salam,
edy pekalongan