Langsung ke konten utama

dari kuta ke ubud , sensual menuju spiritual



18 juni 2013
ada yang indah pagi tadi. saat mau olah raga jalan kaki menuju pantai kuta. masih agak gelap. di gang berpapasan dengan seorang sodara lelaki kita yang berkulit putih dan berambut pirang jalan sempoyongan sambil memegang botol.

walaupun mabuk dia sempat mengucap salam dengan tertawa, dengan ekpresi simbol 2 jari. " peace man "

saya ingat kata kata Jallaudin rummi.
" jika kamu melihat orang mabuk berjalan sempoyongan, ke kanan kadang ke kiri.
cobalah untuk ikut menirukan jalan sempoyongan sedikit. siapa tahu kita bukan mabuk karena anggur tapi mabuk yang lainnya " ( mabuk ilmu , mabuk gelar , mabuk jabatan , mabuk belanja )

lalu bagaimana saya mau berjalan sempoyongan sedikit , saya tidak bawa botol. tapi saya bawa tas kantong kain warna merah bergambar antonio blanco. yang isinya canang ( sajen ) dan hio ( dupa lidi ) .

selama saya liburan , cuaca di tempat saya liburan cerah. setiap pagi sebelum memulai jadwal bepergian. saya " nyambat " sang hyang hasta brata di pinggir pantai.

sang hyang baruna , sang hyang angkoso , sang hyang bayu , karena merekalah simbol pengaturan sitem pergerakan hujan , angin dan air.

nyatanya , berhasil .

minggu , senin , naik motor tidak basah kuyup.
semua lancar , cuaca paling mendung , gerimis sedikit lalu tiba2 ilang.

motor yang saya naiki , spedometer nya mati. tapi untungnya helm jelek dan tidak berstandar SNI , penuh semprot cat. yang saya pakai ada tulisan stiker mantranya yg membuat saya di maklumi di jalan , yaitu mantranya berbunyi :
"TATO ARTIST CLUB - KUTA ".

mungkin itu membawa keberuntungan utk saya.
di tampak siring kemaren , sengaja mandi bebersih di tirta empul.

nyewa sarung bertelanjang dada. masuk ke kolam dan ikut membersihkan diri. mengikuti urut urutan bersama umat hindu bali lainnya.
di tepi kolam pedande sedang berdoa membaca mantra dan umat sedang menyimak.
di sisi lain turis sodara kita kulit putih sibuk dengan kameranya.
sambil membasuh air pancuran saya
membaca doa yang pertama :

" bismillahiraochamnirrachim
sahadat putih pengadusane nabi muhammad.
sepuh banyu nom ingsun "

doa yang lain menyusul :

" tombo teko loro lungo "

doa mandi " adus banyu kamulyan " tidak saya baca lengkap. cukup saya ambil kunci kuncinya.

ada sesuatu yang beda setelah saya mandi dan membersihkan diri. saya tidak merasa lagi jadi turis , sudah merasa di rumah.

beli suvenir , sebuah patung budha dari batu hitam. sebesar genggaman tangan. seharga 50 ribu. dan kebetulan bertemu seniman yang membuatnya. dia bercerita , mengukir sendiri untuk beberapa karyanya, termasuk yg saya beli.

tadi malam juga aku sempatkan lihat toko penjual lukisan kain TIBet dan ornamen budha Tibet salah satu toko khusus di kuta.
harga lukisannya mahal2 . minimal 2 juta. katanya langsung dari seniman Tibet.
dan memang bagus sekali.

di toko lain , ada patung budha model thailand yang kelihatan mewah. harganya murah , karena saya beli kalender. saya sampai di diskon 125ribu saja.
hanya males bawanya berat. indah sekali jika di pajang di ruang tamu.

model patung budha thailand memang ujung kepalanya runcing dan terkesan mewah.
ada 2 motif. yang bertubuh warna hitam dan berbaju emas. dan ada yang bertubuh emas dan berbaju merah dengan selendang hijau.

cukup dulu , rasanya segar sekali habis senam yoga 1 jam di pinggir kolam renang.

selamat bergembira , mau ke denpasar dulu.


salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun