Langsung ke konten utama

resensi buku : Maria Hartiningsih



buku ini bercerita tentang visi dan perjuangan tokoh yang memperjuangkan hidupnya untuk melayani orang lain dengan dasar pandangan hidup ajaran budha dharma yang dianut oleh mereka.

secangkir teh bersama para guru , lebih merupakan sebuah biografi singkat dari masing masing tokoh yang ditulis dalam bahasa yang mudah di cerna. dan sangat inspiratif . ditulis oleh wartawan senior kompas : Maria Hartiningsih

didalamnya ada pesan dalai lama 14 yang meninggalkan jabatan sebagai pemimpin politik Tibet dan hanya meneruskan sebagai pemimpin dibidang spiritual keagamaan khususnya Budha Tibet saja. dan menyerahkan kepemimpinan tibet berdasar demokrasi.

bahkan Tibet sendiri memilih untuk tetap dalam wilayah china sebagai propinsi dengan otonomi khusus. namun rencana tersebut ditunda oleh dalai lamma dan lebih mementingkan kasus pencairan gletser di himalaya sebagai sumber air bagi ratusan juta manusia di daratan asia.

Himalaya adalah kutub es ketiga di planet bumi.

lain cerita tentang banthe sri pannavaro dari vihara mendut di magelang jawa tengah. beliau bercerita tentang pilihannya menjadi bikku dan mengabdikan dirinya untuk melayani masyarakat. beliau salah satu sesepuh bikku aliran theravada indonesia dan berasal dari pulau jawa.

yang aku tidak menyangka adalah thich nhat hanh yang kelahiran vietnam oktober 1926. artinya beliau sudah 86 tahun dan terlihat seperti berusia 60tahun. dan dalam wawancara di youtube dengan oprah , baru tahu kalo beliau terusir dari vietnam setelah pertemuannya dengan almarhum Martin Luther King jr. di amerika serikat.
salah satu mantra yang dia ajarkan kepada oprah adalah ketika seseorang sedang bersedih hati . datanglah kepadanya dan katakan:

" darling , i know you are suffer. i am here for you. tell me what make you sad. so i can help you "

lalu dengarkan saja semua curhatnya. tanpa menyela atau memberi solusi. hanya mendengarkan dengan cinta kasih . ini disebut praktik . deep listening.

membaca buku ini seperti bercermin tentang pilihan hidup manusia, manusia bisa memilih akan hidup seperti apa. dan jalan cinta kasih dan pelayanan adalah jalan yang ditempuh oleh para guru ini.

jadi ingat seminggu yang lalu mimpi tidak sengaja bertemu Maha guru Ching Hai dan saya meminta beliau memberi inisiasi di dalam mimpi . dan beliau berkata : oke , no problem . i can give what you want .

ini mimpi yang ketiga atau keempat bertemu Guru Ching Hai. belum tentu satu tahun sekali saya bermimpi bertemu beliau.

mimpi bertemu dan ngobrol dengan dalai lamma 14 . sudah pernah
mimpi bertemu dan ngobrol dengan banthe pannavaro . sudah pernah
dan ada hal yang aneh. bertahun tahun aku tidak lupa dengan mimpi itu, seperti kejadian nyata saja. dan sebuah karunia atau kutukan, karena aku jarang bermimpi dan ketika bermimpi aku tidak lupa isi mimpiku. dulu lebih banyak mimpi berisi de javu. sudah puluhan mimpi de javu sejak usiaku 17 tahun terjadi dengan akurat.
maka mimpi bagiku bukan sekedar mimpi tapi sarana belajar dan berkomunikasi.

itulah kenapa aku tertarik membaca pengantar tibetan yoga dream karya Lama surya das pada tahun 2009. dan aku tidak pernah meremehkan mimpi bertemu teman yang baru dikenal tapi di mimpi ku sudah hadir dan membuat ulah. biasanya aku menegurnya langsung di mimpi .

beberapa orang juga teman lama aku pernah melihat sendiri hadir melihat tubuhku tidur , mengamati bercakap cakap bergosip. lalu dari belakang aku menegurnya. kalian sedang apa masuk kamar orang tanpa permisi. lalu mereka pamit pergi.

ada pula yang seakan dalam mimpi aku diinterogasi dan dimintai jawaban jawaban. dan aku jawab dengan sadar bahkan kadang aku debat dan protes lalu biasanya mereka kaget.

kalo menurut ilmu orang usil , itu tehnik memanggil jiwa orang yang tidur dan menginterogasinya lewat medium tubuh orang lain.

dan sering aku mengingat siapa siapa wajah yang pernah usil kepadaku , mencari informasi lewat cara demikian. kalo tidak berlebihan , tidak apa apa. tapi kalo berlebihan biasanya aku laporkan kejadian seperti ini kepada bodhisatva avalokitesvara dan guru padmasambava. sambil membaca maha karuna dharani dan mantra 7 baris padmasambava.

mereka biasanya akan terasa , entah dalam mimpinya besok di tegur seseorang atau kenapa karena ulah isengnya yang tidak pakai sopan santun menginterogasi. dipikir yang dimintai keterangan tidak tahu.

ah sudahlah... setiap orang akan memikul karmapala / buah perbuatannya sendiri.

dari sini aku belajar bahwa para guru yang diwawancara dalam buku maria hartiningsih ini. mereka tidak menonjolkan diri memiliki keistimewaan. tapi untuk ukuran bikku yang sudah senior , yang meditasi & praktik latihannya sudah puluhan tahun. pastilah mereka memiliki siddhi. tanpa perlu menunjukkannya.

resi patanjali mengatakan bahwa siddhi yang di hambur hamburkan hanya untuk pamer akan membuat kita lalai melanjutkan latihan. dan berhenti mencari pencerahan tapi hanya terlalau asik mengumpulkan berbagai siddhi / kesaktian. dalam praktik budha dharma ini malah memupuk kekotoran batin baru (kesombongan ) .

siddhi itu ibarat gaji dari hasil berlatih meditasi , jika dihambur hamburkan nanti juga habis sendiri. kalo sudah habis , ya rasakan akibatnya. mulai lagi dari nol.

catatan catatan tentang banyak murit budha gotama. yang memiliki kesaktian bermacam macam. tapi tidak pernah kesaktian itu di puji dalam ajaran budha sebagai sebuah prestasi atau mukjizat. selalu yang dikejar adalah pembersihan pikiran , perkataan, perbuatan. untuk mencapai penerangan dan kebijaksanaan.

dan ada satu hal yang aneh, di dalam catatan . sidharta gotama itu bermata biru. dan seorang calon budha punya ciri fisik yang khusus, salah satunya bermata biru dan tampan sekali. buktinya sampai saat ini memang ada ras di asia yang bermata biru dan berambut pirang. sampai saat ini orang kurdistan ada yang bermata biru. anak anak mereka tampan dan cantik . sekilas kita mengira mereka orang eropa. tapi asli asia.

ini salah satu contoh nya di youtube.
http://www.youtube.com/watch?v=8hHMwCE3ECU

jadi jangan pernah mengaku sudah menjadi budha, kalo wajahnya tidak tampan dan matanya biru. dalam catatan ajaran para guru , ciri orang yang karma masa lalunya baik salah satunya wajahnya terlahir rupawan / good looking.

secangkir teh bersama guru adalah judul buku ini. semangat perjuangan manusia secara alami yang akan di catat.
membaca buku ini seperti bercermin tentang pilihan hidup manusia, manusia bisa memilih akan hidup seperti apa. dan jalan cinta kasih dan pelayanan adalah jalan yang ditempuh oleh para guru ini.



salam,
edy pekalongan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun