Langsung ke konten utama

jangka jaman





satria piningit bebas pada 2012. seorang wanita . beragama budha. dari myanmar. namanya aung san suu ki . dipingit jadi tahanan rumah lebih dari 15tahun. ratusan biksu turun ke jalan membelanya. PBB membelanya. warga dunia simpati kepadanya.

jelas. nyata. ini bukan berita gaib dari strategi politik untuk membuat dogma bahwa satrio piningit harus selalu laki laki.

yang selalu diberitakan , eyang ronggowarsitho dengan ramalannya. itu hanya trik untuk menutupi ajaran sastra2 jawa yang dihasilkan oleh beliau. seorang pujangga dengan ajaran yang hebat diturunkan nilainya hanya menjadi juru ramal oleh belanda dengan sindiran
" nostrademus van java "

lalu ada yang bilang itu ramalan joyoboyo. betulkah demikian.
dalam catatan saya , buku warisan. ada catatan jangka jaman yang dibuat oleh ulama islam / syeikh dari jazirah arab saat sarasehan dengan raja kediri . dan disana saya tidak melihat ada ramalan tentang satrio piningit.

yang ada adalah perubahan perubahan di tanah jawa dalam periode seratus tahun. jangka jaman. itu sebuah alat ukur kemajuan dan kemunduran masyarakat yang sifatnya umum.

untuk bisa membuat jangka. maka kita harus bisa membaca keadaan saat ini dan keadaan sejarah masa lalu . maka bisa di kira kira pertumbuhan di masa depan.
dijaman modern namanya ilmu statistik perencanaan.

rencana APBN adalah bukti ahli ahli hebat di pemerintahan membuat rencana anggaran untuk satu tahun. tapi nyatanya sudah beberapa tahun ini APBN selalu tekor dan dibuat APBN perubahan , atau bahasa kasarnya PEMERINTAH Kehabisan DUIT karena salah bikin perhitungan / jangka ekomoni satu tahun.

kalau bikin jangka anggaran satu tahun saja meleset terus , minta tambah terus. itu tanda ahli ahli perencanaannya bodoh. bagiku mereka orang orang tua yang lucu.

kalau tidak punya anggaran , ya lakukan efisiensi . kalo perusahaan rugi ya lakukan efisiensi. pecat pegawai yg tidak diperlukan.

lucu sekali. BUMN selalu rugi ? ya pecat semua karyawannya . ganti yang baru.

pola pikir pekerja hanya bagaimana meminta uang dan menghabiskan anggaran.
itu pola pikir mahasiswa.

kalo orang dewasa pola pikirnya. bagaimana rakyat cukup.

berapa hak beras untuk setiap warga negara dalam satu hari yang harus di berikan oleh pemerintah ? satu ons , dua ons, setengah ons ?????

itu saja tidak bisa di jawab. jadi pemerintah saat ini pola pikirnya masih kalah dengan pemerintahan soviet di kota Leningrat saat perang dengan NAZI jerman saat PD 2. setiap warga kota di jatah roti 4 gram sehari.

orang orang tua yang lucu , bodoh dan begitu minta dihormati sebagai pemimpin negara.

berapa hak beras untukku dalam sehari yang disediakan pemerintah ? jika pemerintah hanya mampu memberikan jatah untuk satu warga negara 1kilo beras dalam sebulan. itu tidak masalah sisanya rakyat biar mencari sendiri. nyatanya dia sama sekali tidak peduli pada hak hak dasar rakyatnya.

berapa liter jatah bensin untukku dalam sebulan yang disediakan pemerintah ? 1 liter ? setengah liter ? seperempat liter ?. oke .

kalu menyediakan jatah beras untuk rakyatnya sehari 1 ons saja tidak mampu dan tidak di anggarkan dalam APBN. bagaimana kalian mengaku seorang pakar/ ahli ekonomi.???

tinggal hitung saja.
jumlah rakyat berapa.
subsidi bensin , 1 warga dapat hak sejumlah setengah liter bensin per bulan yang diantarkan ke kantor lurah /desa masing2. itulah jumlah subsidi. kalo di POM bensin beli dgn harga pasar.

jelas. mudah.

itu semua namanya jangka atau perhitungan untuk masa depan. jadi bukan ramalan antah berantah.

orang jawa punya ukuran yaitu jengkal , hasta , jangkah , tombak.

bagi orang jawa jangka jangkah artinya menghitung langkah kaki. atau strategi .
kalo matematika anak smp , alat mistar dan jangka untuk membuat gambar dan ukuran agar memudahkan dalam membuat model / rencana dalam sebuah proyek.

bagi yang percaya satrio piningit. ya silahkan saja.
alam pikir nya masih mitos atau khayal belum masuk dunia realita / kenyataan.

APBN perubahan , itu tanda kegagalan dalam teori dan praktek orang dewasa . lalu minta tambahan uang. ini mirip pola pikir dan hidup mahasiswa yang dapat subsidi bulanan tapi karena boros lalu minta tambahan.

kalo pemerintahannya saja masih puber dan tidak serius , tidak memikirkan nasib nya sendiri. jadi santai saja sebagai rakyat. tidak usah terlalu serius. hidup tanpa tujuan juga baik2 saja. lha pemimpinnya saja yang tua itu tidak punya tujuan yang jelas.

kalau di tanya :
kamu anak yang gagal , tidak sukses .

jawab saja :
orang2 tua yang di pemerintahan kita juga gagal dan tidak sukses. jadi enjoy aja.

selamat siang kawan kawan
aku bergembira untuk diriku sendiri
jika kamu gagal terus itu hal biasa, tidak apa apa.
lha yang digaji dan di subsidi rakyat sebagai orang pemerintah, mereka gagal terus mensejahterakan rakyat . juga tidak apa apa.

tidak apa apa.
duit rakyat indonesia masih banyak.
pulaunya masih banyak. hutannya masih banyak. tambang emasnya masih banyak.
santai saja. tetap rukun dalam hidup.

kalo ada yang menyindir pengangguran
" kamu kok tidak tahu malu , bagun siang hari tidak kerja "

jawab saja :

" anggota di DPR , juga tidak tahu malu. sering tidka masuk kerja. sidang tidur. tapi minta gaji . tidak apa apa. enjoy aja"

inilah indonesia, tidak apa apa.


salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k