Langsung ke konten utama

kembali memakai arloji

 
tadi siang sepulang beli sandal. ada pedagang cermin yang keliling pakai gerobak lewat depan rumah. sebetulnya tidak begitu perlu , tapi karena ingin memberi semangat kepada yang berjualan bahwa rejeki itu pasti ada.

maka aku memanggilnya, dia menawarkan cermin agak besar seharga 150ribu. akhirnya dia memberi harga 120ribu. saya beli satu.
kulihat air mukanya gembira sekali. dan kakakku perempuan juga ikut membeli satu bingkai foto agak besar untuk foto bung karno yang besar yang baru di cetaknya.

waktu dia mau melanjutkan keliling , dia berterima kasih sambil tersenyum.

bagi saya , seorang pedagang keliling . kalo menjelang makan siang ada yang beli dagangannya. semua keluh kesah berdagang ataupun masalah di pagi hari. bisa sejenak terobati. dan jikalaupun dia punya niat jahat , pasti sirna. karena ternyata rejeki dari allah masih ada. tentus aja lewat manusia.

hari ini aku banyak belanja. pagi hari mampir pasar alias mall, ganti sandal jepit baru seharga 50ribu. waktu sandal jepit yang baru mau dibungkus kasir . aku minta kasir melepas label mereknya dan kupakai langsung . dan sandal yang lama yang dibungkus.

nggak niat belanja, lihat celana jeans pengen. maklum aku sudah 3 tahun tidak belanja celana jeans. karena celana jeans lama kesayanganku sudah penisun karena pengabdiannya sejak 2009 , maka aku belanja satu . dan kebetulan merek favoritku ada diskon. bisa hemat 150ribu , ukuran 31 selalu pas untuk merek ini. kalo pakai ukuran 30 , nanti jadinya sangat pas , memang terlihat oke. hanya tidak nyaman untuk duduk bersila.

entah kenapa tiba2 ingat sudah hampir 7 bulan tidak pakai arloji . kebiasaanku kalo beli arloji harga murah , kalo baterainya habis, lalu kubuang. dan beli yang baru. kali ini mampir langganan . malah ditawari arloji seharga 280ribu, karena sudah kenal , aku di beri diskon , ya sudahlah . karena 2 tahun tidak mampir toko ini. maka aku beli sesuai harga pertemanan 175ribu rupiah.

hari ini beli arloji dan cermin . mungkin sudah waktunya memasang cermin dan memasang putaran waktu di lengan.

hari ini kembali memegang KTP. setelah satu tahun hidup tanpa KTP.
besok mau ke kantor bank. membuka rekening baru. setelah 3 tahun hidup tanpa rekening bank. tanpa ATM.

artinya salah satu praktik latihanku sudah selesai.

dalam 2 bulan ke depan , nilai nominalnya cukup untuk jalan2 backpaker keliling eropa . lha ini bukan uangku. titipan milik orang.

aku berimajinasi ( maafkan,,, mohon ijin berimajinasi )
kalo aku berani korupsi , bikin saja paspor dan visa. kabur jalan jalan ke paris, london, yunani dan disetiap kota harus making love . sehingga nanti bisa diketahui rasa perbedaannya dan bisa cerita sama kawan2. ini citarasa prancis, ini citarasa london , ini citarasa amsterdam dll.

para pejabat indonesia yg kaya raya bisa melakukan petualangan ini. tapi mungkin mereka takut sama istrinya. atau terlanjur tua dan sibuk. sehingga uangnya menumpuk tapi nggak bisa kemana mana. atau sudah kena penyakit jadi tidak kuat untuk bersafari.

lha kok jadi pikiran liar begini. hehe....
ingat tarik nafas.. kembali ke nafas,
prinsip Zorba the buddha , puncak kesenangan lahir / materialistik dan batin / spiritual yang menjadi satu.

ah... sudahlah. hidup ini isinya susah dan senang.
sebentar susah sebentar senang.

selamat malam kawan kawan.
aku bergembira untuk diriku sendiri
andapun sebaiknya bergembira untuk diri anda sendiri.

salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun