Kamis, 02 Juli 2015

menjalani peran masing-2





amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# menjalani peran masing-2
*
*
" sak Dharma nglampahi ". artinya sekedar menjalani tugas / peran . itu sebuah pepatah di jawa. yang menerima konsep hidup adalah sekedar tugas seperti pemain sandiwara. masing-2 mahluk hidup ada fungsinya di alam semesta.
*
*
orang akan tahu peran hidupnya , setelah masuk belajar mengenal dirinya itu siapa. bakat alamiahnya apa. sifatnya apa, misalnya punya rasa malas, punya rasa haus dan lapar. harus diakui sendiri. ini masuk jenis pelajaran mengenali kenyataan kebenaran. objeknya diri sendiri. kalo kebenaran yang saya amati di hidup ini ada 4 jenis .
*
*
pertama : alam semesta itu sendiri sebagai sebuah kenyataan kebenaran. contohnya ada manusia , ada pohon pisang, ada semut, ada matahari. ada angin. ada air. ada bumi , ada daerah tropis, ada daerah padang pasir. itu kebenaran yang nyata. bentuk alam itu sendiri.
*
*
yang kedua adalah sifat dasar alam semesta sebagai kebenaran yang nyata. contohnya sifat dasar manusia yang butuh bernafas, itu dimanapun sama. negara manapun. sama. masih banyak contoh lain. istilahnya sifat bawaan alam / hukum alam.
*
*
yang ketiga adalah perilaku mahluk hidup [ tumbuhan, hewan, manusia dll ] yang menyesuaikan diri dengan hukum alam semesta , lingkungan & iklim tempat tinggalnya dengan tujuan agar bertahan hidup , agar lepas dari penderitaan. misalnya arsitektur rumah tropis berbeda dengan rumah di negeri salju. makanannya beda. adat kebiasaan. intinya bertahan hidup.
*
*
yang keempat adalah petunjuk / ajaran yang mengajarkan tentang no 1. no 2. no 3. baik lisan maupun tertulis. gampangnya di sebut ilmu . ini catatan kebenaran kenyataan yang sudah dilakoni seseorang lalu di catat. yang baru tahapan membaca saja. belum menjalani disebut baru belajar teori kebenaran tapi belum praktek.
*
*
Samudra itu airnya asin. manusia butuh bernafas. itu sama dimanapun. cara kerja organ jantung manusia , sama dimanapun. begitu adanya. itu kebenaran. tidak usah di bela. dan diperbebatkan. hanya bisa dibagi pengalaman masing-2.
*
*
Hukum buatan rekayasa manusia yang tidak berlandaskan prinsip kebenaran kenyataan. akan ketahuan tidak bersifat universal. maka hanya berlaku di wilayah & penduduk tertentu. tidak mengikat di wilayah lain.
*
*
misalnya Undang-2 di indonesia, tidak berlaku di negara jepang. tidak berlaku di korea utara. tidak berlaku di rusia. contoh lain. hukum agama tertentu, tidak wajib di taati oleh agama lain. dan tidak punya resiko apapun. itu disebut aturan organisasi.
*
*
jadi manusia yang sudah melihat kenyataan. bisa membedakan antara kebenaran yang sudah nyata. begitu adanya. tidak mendua. bisa membedakannya dengan hukum Rekayasa manusia alias hukum organisasi, seperti produk hukum politik , produk hukum agama , produk hukum dagang, produk hukum rentenir dunia.
*
*
itu semua bisa di rubah. makanya ada revisi / perubahan pada aturan manusia. misal tingkat suku bunga kredit bank. tapi tidak ada revisi pada hukum alam. jaman dulu begitu, jaman sekarang begitu.
*
*
di dalam kenyataan hidup. manusia tinggal bersama di satu rumah besar yaitu planet bumi. hanya pikiran manusia yang belum paham, mudah memisah-2 kan dirinya mulai dari doktrin perbedaan negara, politik, agama, budaya dll.
*
*
tidak masalah. tidak apa apa. dunia ya begitu. bunga angrek tidak perlu dibandingkan keindahannya dengan bunga mawar ataupun bunga lotus dan bunga plastik buatan pabrik. semua ada tempatnya di dunia ini.
*
*
semoga kita semua slamet dan bahagia. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha Paing


Tidak ada komentar: