Langsung ke konten utama

7 tingkat bahasa kesadaran



perjuangan manusia di dasarkan pada

tingkatan kesadaran yang telah di capainya , begitu

menurut seorang penyembuh wanita dari amerika serikat.

yang mendalami penyembuhan melalui kesadaran hidup.

Caroline Myss

dia mendeteksi penyakit melalui pandangan intuisinya.

baginya penyakit seseorang melambangkan kehidupannya.

dia menganggap tubuh seorang manusia beserta penyakitnya

adalah perlambang dari sejarah kehidupan seseorang tersebut.

penyembuh tersebut menulis buku berjudul

" anatomy of the spirit "

yang sangat menginspirasi saya sejak tahun 2008.

terutama dalam melihat tubuh dan penyakit manusia

bukanlah hanya masalah fisik semata tapi masalah

yang terkait dengan sikap lahir dan sikap batin orang yang sakit.

ketika seseorang dalam hidupnya

memperjuangkan sesuatu yang dianggapnya penting.

itu terkait kesadarannya dalam memahami hidup.

yang dilambangkan bahasa tujuh cakra .

dan bahasa yang paling disukai manusia

tersebut terkait tingkatan cakranya.

dimulai dari cakra pertama.

( lihat gambar dari bawah ,warna merah .

itu cakra pertama ketas sampai ke tujuh)

cakra pertama

dalam bahasa sehari hari ,

ini adalah bahasa kesukuan

menyangkut asal usul .

seperti :

siapa namamu , darimana, orangtua.

kebangsaan , ikut partai apa , masuk golongan agama apa,

suku apa .. bentuk fisik , makan ,minum ,sex.

percakapannya antara lain

keterangan di KTP atau identitas.

atau

dia cukup cantik

kulitnya kok hitam

dia gendut tidak seksi

rambutnya keriting

bakso di sana enak

kuliner di daerah

baju mode baru

hape baru

motor baru

rumah baru

pesawat terbang baru

kapal pesiar ku baru.

aku lapar

aku haus

aku ingin bercinta...

aku ingin belanja....

yang paling menonjol

orang berbicara dengan bahasa kampungnya sendiri

dengan teman satu kampungnya.

ini adalah bahasa cakra pertama yang letaknya di dasar

tulang belakang . atau di sebut cakra dasar.

yang berkaitan dengan kebutuhan pokok dan asal usul serta

budaya di tempat kelahiran.

kemudian bahasa cakra kedua .

yang letaknya di atas cakra pertama dan di bawah pusar

atau disebut cakra sex. terkait dengan hubungan pribadi.

ini adalah bahasa hubungan .

yaitu bisa berupa hubungan antar kekasih , suami istri,

hubungan kerja , hubungan pertemanan, persahabatan

dalam upaya memenuhi kebutuhan fisik makan ,minum,

uang ,seks,kekuasaan .

bahasan paling menarik di tingkatan ini adalah

mencari uang . dan pekerjaan.

dimana kamu bekerja ?

pekerjaanku sungguh menyebalkan.

gajiku kurang

uangku sudah satu milyar karena dapat bonus kerja

ini mobil kantor

dapat tunjangan rumah

naik pangkat

rapat di dpr tadi terllau lama

rapat di perusahaan tadi cukup baik

rapat dengan manjemen berjalan baik

rapat mentri ...

rapat kabinet

rapat partai....

rapat organisasi....

yang ada kaitanya dengan imbalan duit dan kekuasaan.

ini adalah bahasa cakra kedua.

kemudian bahasa cakra ketiga

adalah bahasa harga diri , kemauan pribadi ,

status diri di masyarakat.

kepercayaan diri dan kekuatan pribadi

dalam hubungan dengan lingkungan.

bahasa sehari hari tentang kesadaran cakra ketiga

antara lain :

membangun kepercayaan diri , menghormati diri sendiri,

membangun kekuatan diri agar citra diri meningkat.

orang yang ingin meraih gelar pendidikan salah satunya

tujuannya agar merasa lebih pintar.

orang menjalani latihan tertentu demi terlihat sempurna

di mata orang lain .

bagaimana seseorang memperlakukan orang lain

bagaiaman seseorang memperlakukan dirinya sendiri

adalah sikap dan bahasa cakra ketiga.

contoh

aku ini seorang gubernur

aku ini pemimpin kabupaten

aku ini seorang profesor

aku ikut fitnes biar tetap laku jadi artis

aku pakai jimat biar berwibawa

aku pakai blackberry biar dikira gaul

aku pakai mobil jaguar dan supir biar orang tahu aku kaya

aku pakai pengawal pribadi biar gengsi

intinya bahasa percakapan tentang harga diri dan

kebutuhan pemenuhan akan kehormatan di masyarakat.

termasuk menuntut keadilan adalah bahasa cakra ketiga

jadi semua orang yang menuntut di pengadilan

melaporkan orang lain kepolisi

menuntut keadilan

adalah bahasa orang yang menuntut kebutuhan cakra ketiga.


cakra ke empat adalah bahasa hati

atau bahasa emosi , bahasa luka luka batin.

di dalam tingkatan ini

orang berbicara tentang perasaannya.

tentang derita batinnya, berbicara tentang suka dukany

a.

bahasa kasih sayang , kepedulian mendengarkan

kepedulian terhadap sesama.

contoh nyat a bahasa cakra ke empat adalah

ketika ada bencana dan televisi menampung sumbangan

dari pemirsa untuk di salurkan .

ketika ada konser amal untuk penderita penyakit ,

konser untuk penggalangan dan korban bencana alam /perang

doa bersama untuk ketenangan ...

meminta nasehat....

mengeluh ....

memberi kasih sayang

menolong sesama

ini adalah bahasa cakra ke empat.

termasuk dendam dan kebencian terkait derita emosional

adalah bahasa cakra keempat

korban perkosaan yang berkumpul bersam

a

penderita aids yang berorganisasi

sesama penderita penyakit kanker /jantung berkumpul dalam suatau organisasi

korban narkoba salaing berbagi dan menol

ong

sesama nasib yaitim piatu

sesama nasib anak jalanan

sesama nasib di penjara

sesama orang yang benci dengan poemerintah

sesama orang yang benci pada agama tertentu

sesama orang yang menyebarkan agama tertentu

sesama orang yang menyebarkan keyakinan tertentu

lalu berkumpul dalam satu kelompok baik legal ataopun ilegal

dan mempunyai tujuan bersama menyembuhkan dririnya

melalui cita cita bersama entah itu yayasan atopun kelompok a

gama ataoupun

kelompok penjahat .

para terorist seperti al qaeda atau pemberontak makar

adalah orang orang yang mencari kedamaian batin

karena batinnya terluka .

sama sama orang yang menderita dendam ,luka batin

atau emosinya terluka.

dan mau menyembuhkan dirinya dengan cara perang..

pada intinya mereka itu orang2 yang batinnya terluka

dan mencari kesembuhan.

baik bersekutu atas dasar dendam ataupun kasih sayang

ini semua adalah bahasa cakra ke empat



bahasa cakra kelima

adalah bahas ilmu pengetahuan, ekpresi diri

dan mengambil pilihan hidup.

semakin tinggi sebuah kesadaran

maka semakin mudah orang lain menerima.

ilmu pengetahuan adalah bahasa yang jelas

lebih universal dari pada bahasa cakra satu sampai empat.

matematika di terima sebagai perbincangan diseluruh dunia

pembicaraan mengenai tehnologi

pembicaraan masalah pendidikan , kesehatan

dan pengembangannya untuk kemajuan manusia

adalah bahasa cakra kelima.

ketika oarang mulai bicara keilmuan yang ada jurusanya di perguruan tinggi.

keilmuan teknik seperti kemajuan tehnologi,

cara membangaun pertanian yang berhasil ,cara mengembangkan

produksi pangan , cara meningkatkan kesehatan.

itu adalah bahasa cakra kelima

termasuk disini

bahasa mengambil keputusan.

ketika seseorang bicara tentang keputusan hidup yang diambilnya

mau keluar dari pekerjaan , memilih bercerai , memilih pindah kota

memutusakan jalan hidupnya akan mengarah kemana,

itu adalah bahasa cakra kelima

kemudian tentang pengabdian hidup

adalah bahasa cakra kelima.

memenuhi panggilan hidup sebagai seniman

memenuhi panggilan hidup sebagai petani

ini adalah bahasa ekspresi diri .. mengaktualisakan diri dalam hidup.

adalah bahasa cakra kelima.

karya seni seperti film dan musik yang ditujukan

untuk mengekpresikan sesuatu dalam diri penciptanya.

adalah bahasa cakra kelima....

oleh karena itu film dan musik bisa di terima di berbagai kebudayaan

diseluruh belahan bumi.

karena bahasa karya seni yang jujur adalah

bahasa kesadaran yang melebihi cakra satu - empat.



cakra keenam

adalah bahasa kebijaksanaan hidup yang telah di praktekkan.

orang orang yang mencari makna kehidupan bagi dirinya

kadangkal mengembara keliling dunia

bahasa orang orang yang sampai di cakra ke enam

adalah introspeksi diri . mau melihat dengan jujur apakah

perilakunya sendiri sudah pas atau masih bertentangan dengan kebenaran.

ketika seseorang berbicara satu sama lainnya tentang

memaknai kehidupan bagi masing masing . bukan mengajarkannya

tapi meresapi dan berbagai makna hidup yang telah di jalani

seperti kesabaran , kedamaian , toleransi.

kesatuan hidup.

percakapan di cakra keenam ini sangat erat kaitannya dengan

spiritual journey atau pengalaman spiritual seseorang.

sangat pribadi yang terhubung dengan karya hidupnya.

orang2 yang berbicara atas nama kitab suci itu masuk

cakra keempat.

karena hanya mencari kesamaan dengan keyakinan hatinya..

apalagi ketika kitab suci itu berbicar a tentang janji pemenuhan

kebutuhan makan ,minum ,istana , sex ,kekuasaan .

itu malah pembicaraan cakra dasar.

pembicaraan tentang nilai luhur yang di jalani seseorang.

pembicaraan tentang kesadaran hidup

yang sudah melepaskan kepentingan diri

dan kepentingan kelompok.

mengabdi untuk seluruh umat manusia dan alam semesta

ini adalah bahasa pikiran manusia yang sudah bijaksana.

adalah bahasa cakra keenam.



sedangkan cakra ketujuh

adalah bahasa ketuhanan ,

bahasa hubungan manusia dengan kesadaran yang lebih luas.

ini adalah bahasa komunikasi manusia dengan tuhannya.

bahasa jiwa .

disini bahasa percakapan yang sering

digunakan bukan lagi bahasa kata kata

tapi bahasa melalui praktik sikap hidup yang melayani.

bahasa penyerahan total

bahasa orang orang yang tidak lagi protes atau berdebat

bahasa cakra ketujuh adalah sangat pribadi di dalam diri seseorang.

orang yang menciptakan sebuah ajaran mulia ,menulis kitab suci,

adalah orang orang yang telah berkomunikasi

dengan bahasa cakra ketujuh.

namun ketika seseorang yang

membaca kitab suci dan merenunginya

dia hanya sedang belajar...

dan ketika mendiskusikan gagasan /ajaran tersebut dengan manusia

lain seseungguhnya dia sedang bicara bahasa cakra ke empat.

karena menyangkut keyakinan hati.

itulah tingkatan bahasa kesadaran manusia.

menurut seorang penyembuh dari amerika serikat.

yang menulis bukunya dalam bahasa cakra kelima.

yang menandakan beliau sudah sangat tinggi kesadarannya.

karena kesadaran cakra ketujuh dan keenam

sangat susah di sampaikan

dalam kesadaran bahasa tulisan cakra keenam


karena jika di sampaikan dalam bahasa cakra keenam

hanya akan menjadi tulisan pendek yang penuh makna.

yang kadang tidak semua pembaca mampu menangkap maknanya.

buku ini seakan akan di tujukan bagi orang orang yang

sudah menapakai kesadaran cakra kelima ,

cakra keenam dan cakra ketujuh.

bagi orang orang yang baru menapaki

kesadaran cakra satu sampai tiga

buku ini tidak menarik dan sulit dipahami.

bagi orang yang menapaki kesadaran cakra empat

akan menganggap tulisan di buku ini penuh omong kosong

dan akan menyangka penulis buku ini sesat dan adalah

seorang yang akan mengguncangkan keyakinan hatinya.

namun bagi orang yang menapaki cakra kelima

buku ini adalah sumber wawasan yang luar biasa

bagi orang yang menapaki kesadaran cakra keenam

buku ini adalah sebuah anugrah bagi manusia

yang mencari makna kehidupan.

bagi orang yang menapaki kesadaran cakra ketujuh

mungkin akan berkomentar.ringan :

kok masih sempat menulis...

padahal buku ini tidak akan menghasilkan banyak uang

karena kesadaran manusia paling banyak berada di

cakra ketiga, kedua dan kesatu.

makanya buku best seller adalah buku buku

yang berbicara tentang mendapatkan uang,

sex , politik kekuasaan dan hiburan panca indra.

dan lagu lagu yang berbicara tentang sex

dan hubungan kekasih , keluarga , status sosial

adalah lagu2 yang paling di gemari.


kemudian

anda bisa menyimpulkan sendiri

tulisan ini masuk dalam bahasa cakra keberapa.

tepatnya adalah bahasa cakra kelima.

karena tulisan ini adalah sebuah ekspresi pribadi tentang

sebuah pengetahuan kejiwaan.

mudah mudahan tulisan ini ada manfaatnya


salam,

edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k