Langsung ke konten utama

catatan bersua di jakarta



ijinkanlah saya berbagi cerita
acara kopi darat
komunitas diskusi milis
yahoo groups dan facebook
" spiritual Indonesia "
yang di adakan malam minggu
tanggal 17 september 2011
di jalan veteran jakarta.

ini catatan pribadi saya.
mohon di maafkan jika ceritanya


( saya memakai ikat kepala merah )

terkesan hanya untuk diri saya pribadi.
karena ini salah satu memori yang
harus saya catat.

pertama kali sampai di tempat acara
saya melihat sebuah patung sapi.
di depan kafe tempat kopi darat.

ketika memasuki pintu ,
saya di sambut panitia pendaftaran
dan segera menuliskan nama saya di daftar
yang telah sampai pada nomer urut lebih dari 50 tamu
yang hadir.

seorang perempuan memegang kamera
segera menyapa saya.

" apa kabar edy ? "
ternyata ika puspita, kawan lama
yang hampir 1 tahun sejak kopi darat di bogor
juli 2010, baru kembali berjumpa.



ketika melangkah masuk
seperti memasuki galeri benda antik bahkan museum.
banyak terpajang foto presiden pertama RI
yaitu soekarno.

dan ada sebuah patung shiwaa berwarna kuning keemasan
dengan empat tangan ,sebuah kaki menginjak anak kecil
dan sebuah kaki lainnya terangkat.
dengan lingkaran di belakangnya.


( patung yang menghiasi ruangan kafe )

setelah meletakkan ransel,
saya mengambil minuman kopi yang disediakan.
ketika sedang mengisi cangkir kopi.

seorang pemuda berbaju kaos sepak bola warna merah
menyapa saya , ternyata James, yang mudah dikenali
siapapun anggota SI yang pernah berjumpa,
dulu saya pikir
sodara kembarnya penyanyi afgan ikut kopi darat.


kemudian di dalam ruang utama
yang dindingnya di isi berbagai lukisan
terutama yang paling menarik adalah lukisan
mirip wayang beber khas majapahit
bersusun susun dari bawah sampai atas.
yang mengambarkan cerita yang saya sendiri
kurang mengerti.


di bagian kursi belakang sudah hadir
kang semar samiadji dari gunung salak beserta Mamang
yang selalu mudah di kenali dengan gaya busananya yang khas.
dan canda nya yang menyegarkan suasana.

lalu ada lilik wiyasa yang sudah hadir
ada audivax , mas leo, mahesh kumar.



tak lama acara di buka dengan lagu indonesia raya
dan sambutan dari pengelola kafe.
dilanjutkan penotongan tumpeng.



menjelang acara ceramah ,
pengisi acara yang pertama bicara seputar tarot.
dari wanita indonesia yang menang kontes tarot
di thailand.

datanglah sahabat yang lama tak jumpa
Bebet . terakhir berjumpa oktober 2009 di jogja
ketika berkunjung ke borobudur dan
kediaman almarhum mbah marijan di merapi .

tak lama menyusul Kong albert hadir
dengan busana ikat kepala khas bali.


lalu saya amati terus berdatangan para tamu
saya sempat pula meyapa teman teman baru
anggota facebook spiritual indonesia yang hadir.

ada yang hadir dari solo, bandung ,
paling banyak dari jakarta.

sungguh bahagia
melihat perkembangan anggota
komunitas spiritual indonesia yang semakin
dinamis dan fantastis.

kehadiran saya di acara kopi darat kali ini
adalah untuk berjumpa kawan kawan
dan ikut merasa berbahagia atas karya mas leo
yaitu di terbitkannya buku berjudul mata ketiga.

sekaligus mewakili group pecel -semarang
yang berhalangan hadir.

juga menyampaikan salam
dari pak benediktus sujanto - karawang , yang
berhalangan hadir.

beliau turut bahagia atas diadakannya kopi darat ini,
karena pagi sebelum ke jakarta
saya sempat mampir ke kediaman beliau.


saya tidak ingat pasti semua yang hadir
tapi sudah jelas acara kopi darat kali ini
adalah salah satu kopi darat ter asik
yang pernah saya hadiri.

terlihat mbak rini chandra hadir ,
tampak pula mas eko sanyoto (junggring salaka
ki ageng suryomentaram ).

ada pula hadir kapten firman,
jibril sasongko yang katanya habis kembali dari
timor leste berjumpa xanana gusmao ,
sekaligus mengenalkan yoga di sana,


hadir pula satu keluarga mbak vivi
terdiri dari suami dan putra putrinya
yang memiliki bakat yang special.

sempat pula saya berbagi
musik suara air lewat bluetooth kepada salah satu
putri mbak vivu yang kental
element air dalam wataknya.

di luar tempat parkir
saya berbicara dengan sony waluyo
dan kawan dari tanggerang.

saya juga menyapa seorang pemuda
yang berdiri jenuh di depan sendirian
karena tidak betah asap rokok di dalam
ternyata dari bekasi dan baru hadir dalam acara kopi darat.
saya ucapkan selamat datang
dan bicara beberapa saat dengannya.


lalu beberapa orang tamu keluar
dari dalam kafe menuju ke mobil melewati kami
yang bicara berdiri di depan trotoar.

segera saya sapa ,
dan saya jabat tangan mengucapkan
" terima kasih telah bersedia hadir
di acara kopi darat kali ini,
semoga kita bisa berjumpa lagi dilain waktu "

yang saya ingat ada tamu
dari komunitas metafisika studi klub
milik alm. bapak sabdono.
saya sampaikan terima kasih atas kehadiran beliau.

menjelang jam satu malam,
semua orang memilih tempat duduknya masing masing.

saya sempat menyaksikan demo pijat china,
yang di praktekkan salah satu nara sumber.
seorang wanita yang baik tapi saya lupa namanya,
beliau memijat kong albert
dan tamu tamu lainnya
mungkin ada 6 orang lebih
bahkan beliau membawa ranjang lipat sendiri.



tak terasa waktu terus berjalan
obrolan di presiden room
di hadiri 6 orang yaitu

saya , bebet , mahesh kumar ,
aryandi yogaswara , kapten aya firman ,
dan sony waluyo.

sampai jam 4 pagi kita berbicara
mulai dari past life seorang ahli racun dan pembunuh
sampai perkembangn jiwa bodhisatva
sampai alien yang hidup di bumi dan
planet mars.

bahkan revolusi penyembuhan
dengan sel puncak dari plasenta bayi yang baru lahir.

di lanjutkan numerologi dan kepemimpinan republik ini
, masa depan indonesia
termasuk kehancuran kepemimpinan indonesia
dan bencana alam dahsyat yang menanti di masa depan
termasuk planet ni biru yang sudah tampak
dari bumi dengan teropong .

ada banyak orang yang dikerubuti
peserta kopi darat setelah sesi meditasi
,salah satu diantaranya mas leo dengan tarotnya,
foto aura oleh pak gun ,dll.

menjelang jam 4.30 pagi saya pamit , ikut kong albert.

tentunya setelah saya berpamitan dengan mas leo
dan panji trisula yang ada di sampingnya.

demikian. terima kasih

salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k