Langsung ke konten utama

Jawa dan peradaban indonesia






Indonesia sbg negara usianya belum 100tahun. Seseorang bisa mulai bangga jika peradaban minimal seribu tahun. Dan tetap eksis.

Maka warga negara dari suku2 di indonesia yg peradabannya tidak kuat dan cenderung mengganti identitas adat sukunya dgn identitas agama islam ataupun kristen. Karena peradaban islam & kristen sdh melewati seribu tahun.

Lain dgn orang jawa. Karena peradaban jawa usianya setara dgn islam. Sudah seribu tahun lbh dan eksis. Maka orang jawa yg belajar tradisi jawa akan lbh fanatik pada jawa dr pada agamanya. Mirip dgn orang bali. Mirip dgn orang tiongkok.

Amati saja orang dr suku2 yg tdk bisa menyaingi peradaban islam & kristen. Maka mereka yg islam akan cenderung bangga bergaya identitas arab. Dan yang kristen akan cenderung bangga dgn identitas barat eropa nya.

Itu fenomena yg wajar dari rasa minder seseorang. Budaya islam arab dan budaya kristen eropa akan menghancurkan adat suku2 yg tidak mencapai peradaban yg membanggakan.

Di jawa sendiri. Ajaran jawa byk di singkirkan dari anak2 / generasi muda jawa. Shg mereka yg tidak tahu jd minder dan berganti identitas arab araban. Padahal arstitektur mesjid jawa jg ada. Dan pembangunan mesjid saat ini sengaja tdk menggunakan arsitektur gaya jawa spt mesjid era demak / mesjid keraton kesultanan mataram. Dengan atap susun tiga spt pura hindu yg meruncing. Dengan hiasan mustoko daun ukiran daun kluwih. Dgn tiang sokoguru . dengan bedug sbg penanda warisan tradisi budha . Spt kuil budha di china & jepang pasti ada bedug nya.

Karena arsitektur mesjid jawa bukti budaya jawa bisa mengalahkan budaya islam arab / turki / persia. Baju surjan , sarung batik . Memakai penutup kepala batik. Model penutup aurat pria / wanita semua di jawakan.

Bahkan wali islam dari jawa . Sunan kalijogo berpakaian jawa bukan arab. Islam diambil intisarinya tapi kulit atribut arabnya sudah dilucuti.

Maka perang budaya jawa dan arab islam tidak pernah selesai. Dan jawa selalu kalem dan mengagetkan karena orang2 bule eropa amerika yg modern byk yg suka budaya jawa . Ini tamparan keras bagi generasi muda jawa yg kearab araban.

Selama tanah jawa belum tenggelam kelaut . Sulit menghancurkan budaya jawa. Fosil manusia purba ada di jawa usianya sejuta tahun. Artinya tanah jawa sdh jadi favorit tempat tinggal sejak jaman purba.

Jawa menyatukan tp tidak menghancurkan. Warisan hindu terjaga di jawa. Warisan budha terjaga di jawa. Warisan islam terjaga di jawa. Sehingga siapapun yg belajar jawa otomatis menguasai sedikit ilmu hindu , ilmu budha , ilmu islam.

Lapisan hindu budha islam gaya jawa lbh powerfull jika diajarkan di sekolah. Itulah kenapa ulama islam yg pro arab selalu menyindir ulama islam yg kejawen dgn sebutan islam mistik musrik.
Hehe....

Kesultanan mataram adalah puncak budaya islam jawa. Bagi orang jawa islam. Meniru sunan kalijogo sudah hebat. Kalo suka berkelahi . Tirulah pangeran samber nyowo / pengeran diponegoro. Kalo suka syair . Tirulah pujangga jawa ronggowarsitho yg ilmunya dianggap kaum belanda setara dgn orang suci yahudi " nostrademus " .

Jawa terbuka. Semua ajaran datang menjajah jawa. Tidak apa2. Pada waktunya bangsa kulit putih yg akan mewartakan kemuliaan jawa dihadapan para bangsa yg memusuhi budaya jawa

Salam,
Edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun