Langsung ke konten utama

# kisah ki Ajar






amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# kisah ki Ajar dan 2 sahabatnya
*
*
ki ajar dewantara semua pensiunan guru dan guru baru lulus IKIP di jawa kenal nama tokoh tersebut. tapi belum tentu kenal 2 orang sahabat diskusinya yang sama-2 mengabdikan diri sebagai guru. ketiganya ini dekat dengan Bung karno.
*
*
setelah indonesia merdeka. yang duduk di pemerintahan hanya ki ajar. yang dua yaitu ki ageng suryomentaram dan raden mas panji sosrokartono , memilih tidak. ki ajar fokus merumuskan metode pengajaran intelektual sekolah meneruskan taman siswa. sedangkan ki ageng suryo merumuskan metode pengajaran olah rasa untuk rakyat jelata dengan karyanya ilmu kawruh bedjo . sedangkan raden sosrokartono melayani masyarakat di rumah " darus salam " di bandung, di kenal sebagai tabib spiritual.
*
*
jika rumusan pendidikan ala 3 orang sahabat ini dirangkai dan di ajarkan di SMA, saya percaya kualitas generasi muda kita akan lebih baik. sayangnya lulusan calon guru saja belum tentu kenal metode ki ajar ala taman siswa. apalagi metode 2 sahabatnya yang cenderung di sembunyikan oleh catatan sejarah.
*
*
hari pendidikan nasional ini. saya berdoa semoga obor ilmu dari tiga serangkai yang telah wafat ini menitis ke dalam guru guru muda di jawa. raden sosrokartono melalang buana di eropa. menjadi wartawan perang di belakang tentara amerika , meliput perang dunia pertama. sampe menempati posisi jabatan enak disana. pulang ke jawa juga tidak kebarat baratan.
*
*
ki ajar , ki ageng suryo , raden sosrokartono. ketiganya kawan diskusi. entahlah apa yang disiskusikan oleh mereka saat bertemu. lambang pendidikan yaitu angsa putih sebagai kendaraan dewi saraswati di pakai sebagai simbol . dan latar belakang warna biru muda yaitu warna cakra tenggorokan sebagai jembatan antara kekuatan di dada dan di kepala.
*
*
saraswati adalah saktinya brahma. kekuatan sisi maskulin dari kecerdasan otak manusia disebut brahma, penerapannya untuk rekayasa penciptaan apa saja. sisi feminin dari kecerdasan otak manusia disebut saraswati . ini bidang seni dan keindahan.
*
*
maka misalnya waktu saya akan menuliskan versi aksara jawa untuk menyalin sebuah naskah sastra jawa bertulis latin karya mangkunegoro 4 untuk koleksi pribadi saya. saya menghaturkan sembahyang kepada sang hyang saraswati. karena yang menjaga aksara jawa dan sastra adalah beliau. dan selesai naskahnya.
*
*
kalo raden sosrokartono menyederhanakannya dengan simbol alip. untuk mengakses potensi kecerdasan di dalam diri manusia. intinya mau belajar materi apapun selalu ingat disandarakan pada sisi kekuatan rohaniyah ( jiwa )yang melahirkan dan menjaga ilmu tersebut. agar ilmu yang dikuasai masuk sampe ke jiwa kita, menyatu dan hidup.
*
*
pada akhirnya setiap orang harus mengajar dirinya sendiri dan menjadi guru bagi dirinya sendiri. jika ilmunya jadi cahaya. maka gerak hidupnya jadi penerang bagi yang lain. jika ilmunya beracun. maka gerak hidupnya jadi racun bagi yang lain.
*
*
selamat mengolah cipta ,tapi jangan lupa hening cipta. agar cipta kita tetap seimbang. cipta itu bahasa modernnya pikiran ( mind ) . semoga kita semua selamat dan bahagia. terima kasih.
*
*
salam,
wuddha paing


Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun