Jumat, 29 April 2016

# Tetap Berlatih






amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# tetap berlatih 
*
*
orang yang merasa kurang makan, mencari makanan. orang yang merasa kurang perhatian, maka mencari perhatian. orang yang merasa kurang pujian, maka mencari pujian. orang yang merasa kurang pengikut, maka mencari pengikut. 
*
*
orang yang merasa kurang uang, maka mencari uang lebih banyak. orang yang merasa kurang pengalaman, mencari pengalaman. dan seterusnya. ini saya sebut kegiatan penambahan karena sebab merasa kurang.
*
*
karena saya merasa foto profil facebook saya, 6 bulan lalu kurang baik dan indah, maka saya menambah latihan dan ekperimen agar punya hasil foto profil facebook yang lebih baik. dengan usaha tertentu dan dalam 6 bulan ada perbaikan. 
*
*
karena 5 bulan lalu saya merasa terancam oleh penyebaran tren mode fashion pria ala thaliban ( berjanggut , jidat hitam dan celana cingkrang ) yang di populerkan anggota organisasi & partai politik tertentu. dari pada saya marah dan diam saja. maka saya mulai berdandan ala lelaki italia , berlatih setiap hari. 
*
*
akhirnya setelah 4 bulan, saya sudah siap bersaing dengan para agen penyebar tren fashion thaliban saat berjumpa di tempat umum. biar penilaian baik buruk diserahkan kepada yang melihat dan menyaksikan.
*
*
jika tubuh saya merasa kurang bugar, jika pikiran saya kurang konsentrasi, jika perasaan saya kurang tenang. maka saya kembali menambah latihan untuk tubuh , untuk pikiran dan untuk perasaan. agar kondisinya tambah baik. 
*
*
saya lebih suka merubah diri saya sendiri menjadi lebih baik, lebih indah. karena mengeluh tidak bisa merubah keadaan. bagi saya pribadi, jika setiap manusia mau merawat dirinya sendiri, bertanggung jawab pada dirinya sendiri. maka banyak masalah kecil tidak terjadi. seperti masalah kebersihan tempat umum dan etika berkendara di jalan raya.
*
*
karena saya kurang dalam kesadaran menjaga kebersihan , maka saya perlu menambah kesadaran dengan berlatih menyapu lantai setiap pagi. juga kadang membersihkan selokan dan menyapu jalan depan rumah. 
*
*
bahkan saya tambah latihan kemandirian , karena saya merasa kurang tanggung jawab. sekarang saya kembali mencuci baju sendiri, walopun sudah 5 tahun menggunakan jasa tukang cuci ( tinggal bayar dan ambil ). ini berat tapi tidak apa apa.
*
*
karena saya lebih banyak memutar musik pake head set di handphone. ini kurang baik karena berakibat memupuk sikap cuek juga gangguan pendengaran dalam jangka panjang. maka saya belajar kembali menikmati musik lewat DVD player disambungkan ke pengeras suara .
*
*
bagi saya saat terbaik belajar spiritual adalah saat ada uang , sehat , gembira dan penuh kenikmatan dan banyak waktu luang. maka latihan menjadi lebih mudah, mau ikut training lebih mudah, mau beli buku lebih mudah, mau napak tilas ke tempat tertentu lebih mudah. 
*
*
kalo sedang menderita, sebagian orang cenderung hanya menggunakan latihan spiritual untuk obat penenang dan sarana pelarian dari kesusahan hidup. setelah kondisi baik-2 saja. ia meninggalkan latihan. sungguh bagi saya , rugi jika seorang guru spiritual menerima murit seperti itu. guru tersebut hanya akan diperalat saja sebagai tempat sampah curhat dan penderitaan muritnya. 
*
*
jadilah dirimu sendiri. terus berlatih. begitulah menurut saya, kalo menurut orang lain tentu saja berbeda, karena berlainan praktek hidup dan pengalamannya. semoga kita semua slamet dan bahagia. cukup makan dan cukup bersenang senang. terima kasih.
*
*
salam
Wuddha Paing



Tidak ada komentar: