Langsung ke konten utama

Merubah pola pikir itu perlu waktu dan latihan






amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# merubah pola pikir itu perlu waktu dan latihan
*
*
jenis musik favorit saya pun tidak mudah dipahami oleh telinga orang lain. apalagi pemikiran-2 yang saya suka. lebih sulit dipahami orang lain. maka menyebarkan pemikiran yang saya suka kepada orang lain, itu lebih berat levelnya daripada menyebarkan musik favorit kepada orang lain. 
*
*
dan yang lebih penting bagi saya dalam menyampaikan pemikiran atau mengenalkan musik favorit saya kepada orang lain di sosial media adalah caranya, misalnya apakah saya ini cenderung memakai aturan / etika. apakah bahasa yang saya pakai itu jelas dan enak di simak. apakah saya memakai foto profil asli. karena sulit berkomunikasi yang baik tanpa didasari niat baik dan cara yang baik
*
*
bagi sodara-2 yang suka berkampanye di facebook tentang merubah pola pikir masyarakat agar cerdas. kalo sodara tidak tahu cara berkomunikasi yang baik. maka akan mudah timbul kesalahpahaman. maka jika mau ambil kursus dan belajar komunikasi. kalo tidak tahu cara menulis yang baik , ambil kursus dan belajar. bacalah buku , datang ke perpustakaan cari buku-2 tentang komunikasi dan tentang jurnalistik. 
*
*
kalo tidak punya uang. maka menabunglah sedikit demi sedikit atau datang ke tempat orang untuk minta diajari. dan sodara membayarnya dengan tenaga misalnya menyapu, mengepel dan bersih-2 di rumahnya. banyak cara jika mau belajar.
*
*
dua tahun ini saya berekperimen tentang merubah pola pikir orang lain. saya membuka rumah saya untuk belajar kepada 2 orang siswa. masing-masing siswa sudah berkeluarga dengan memiliki dua anak. saya susun kurikulum. saya sedikan tempat. seminggu sekali durasi 3jam. saya tidak dibayar. setiap siswa saya ajar berbeda waktunya. kadang juga pertemuan mengajar batal karena siswa membolos atau saya yang ada urusan. 
*
*
dalam 2 tahun menghabiskan waktu, tenaga dan uang dalam proses pembelajaran ini.. maka saya melihat hasilnya. pola pikir siswa saya itu berubah. lebih rukun dengan istri dan keluarganya. lebih semangat bekerja. lebih sehat. perilakunya menurut orang-2 terdekatnya lebih menyenangkan. dan lebih sering kawan-2nya datang curhat ke rumah mereka.
*
*
dari pengalaman ini. saya belajar bahwa. lebih mudah menulis essay macam begini di facebook. mengajak orang begini dan begitu . daripada menyusun kurikulum dan mengajar setiap minggu pendampingan 3 jam. selama setahun. belum lagi saya harus menyapu tempat , membuat kopi dan mencuci cangkir kopi siswa saya. ini kerepotan seminggu dua kali yang saya harus lakukan. dan saya tidak dibayar. 
*
*
saya membaca tulisan orang di facebook mengajak orang merubah pola pikir orang lain agar cerdas. itu sulit . karena merubah pola pikir orang lain itu perlu proses waktu dan latihan. apalagi ajakan itu dengan gaya komunikasi yang buruk dan dengan tata bahasa yang buruk. apalagi tanpa merekomendasikan buku yang harus dibaca. percuma saja, itu hanya membuang waktu dan menambah masalah. 
*
*
karena orang maen facebook itu rata-2 hanya untuk melepaskan kejenuhan dari kehidupan sehari hari. apalagi di kalangan kaum muda yang kuota datanya sangat terbatas. tidak semua orang punya paket data internet 30 Giga sebulan. jadi harus sangat maklum. untuk makan sehari hari saja susah. janganlah disuruh menyimak kuliah di youtube dalam bahasa inggris.
*
*
sodara boleh percaya boleh tidak. saya masih menyapu jalan gang di samping rumah. saya memajang satu lukisan saya di tembok teras rumah. disertai pencahayaan lampu secukupnya. tembok rumah juga saya buat grafiti kecil . siapa tahu orang lewat gang melirik teras dan tembok jadi terinspirasi. bagi saya seni juga harus dinikmati oleh siapa saja. termasuk orang miskin dan gratis. karena seni itu nutrisi untuk jiwa manusia. 
*
*
bagi saya , merubah diri sendiri. dibuktikan dalam hidup kita sendiri. itu lebih jelas dan nyata. yang lebih penting lagi menjaga kesehatan dan kebahagiaan saya sendiri. kalo ada tetangga atau orang menyangka saya sedikit aneh atau gila juga tidak masalah. tapi waktu yang akan membuktikannya. 
*
*
slamet sehat bahagia untuk kita semua. terima kasih.
salam,
Wuddha Paing



Komentar

Windy mengatakan…
PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

- Adu Q
- Bandar Q
- Bandar Sakong
- Bandar Poker
- Poker
- Domino 99
- Capsa Susun
- BANDAR66 / ADU BALAK ( GAME TERBARU )

Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
* Minimal Deposit : 20.000
* Minimal Withdraw : 20.000
* Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
* Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
* Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
* Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
* Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
* Poker Online Terpercaya
* Live chat yang Responsive
* Support lebih banyak bank LOKAL


Contact Us

Website SahabatQQ
WA 1 : +85515769793
WA 2 : +855972076840
LINE : SAHABATQQ
FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
TWITTER : SahabatQQ
YM : cs2_sahabatqq@yahoo.com
Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop

Daftar SahabatQQ
#sahabatQQ #winsahabatQQ #winsahabat #88sahabatQQ #88sahabat #windaftar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun