Langsung ke konten utama

# namaste







# Namaste 
*
*
lapisan tubuh manusia ada tiga. yang ketiganya berbeda tapi terhubung jadi satu. yaitu tubuh raga ( body ) , tubuh rasa / perasaan ( emotion ) , tubuh cipta / pikiran ( mind ). di kendaran 3 inilaj Ego yang disebut Diri Saya ini berdiam. di dalam Ego ini ada lapisan diri yang halus disebut pribadi tinggi . yang disebut mati saat pergi meninggalkan tubuh yang rusak.
*
*
kalo tubuh raga terganggu disebut , sakit raga . tidak enak badan. perlu diobati oleh dokter / tabib ahli raga. tempat perawatannya disebut klinik / rumah sakit untuk raga.
*
*
kalo tubuh rasa terganggu disebut sakit perasaan . tidak enak rasa. perlu diobati oleh dokter ahli perasaan / emotional healer. belum ada rumah sakit untuk merawat perasaan. adanya psikolog dan tukang terapi & tempat konseling . 
*
*
kalo tubuh pikiran / cipta . terganggu disebut sakit pikiran. dalam bahasa inggris mental disease . dokternya disebut psikiater . tempat perawatannya Rumah Sakit jiwa. 
*
*
kalo ketiga lapisan tubuh ini sakit . harus diobati dulu . sebelum belajar spiritual. makanya latihan dasar untuk menjaga kesehatan 3 lapisan tubuh ini adalah olah raga, olah rasa , olah cipta . 
*
*
barulah setelah sehat. belajar untuk mengenali sifat dasar / sistem kerja dari raga , rasa dan cipta . lalu belajar mengenali Ego ( Saya yang merasa memiliki 3 lapisan tubuh ini. ) . kalo sudah paham cara kerja Ego / keakuan . maka lebih mudah belajar mengendalikan Ego. kemudian baru mengenal pribadi luhur / higher self. 
*
*
sepuluh tahun ini , saya belajar mengenali cara kerja tubuh saya, perasaan saya , pikiran saya. juga cara kerja ego. melalui pengetahuan raja yoga , ayurveda , dan banyak literatur lintas Guru spiritual. juga perkembangan pengetahuan psikologi dan kesehatan modern. 
*
*
saya mempelajari pengolahan energi prana sejak 2002 . ini memudahkan saya dalam mempelajari ayurveda. khususnya pembahasan di jalur energi prana di tubuh manusia , cakra mayor , cakra minor , marma , hubungannya yang rumit dengan kesehatan manusia , penyakit, perilaku dll.
*
*
salah satu kesimpulan penting : orang bahagia tidak bisa berpikir negatif / buruk , apalagi berbuat jahat. artinya semua perilaku kejahatan terjadi karena akarnya orang tidak bahagia , yaitu bisa karena perasaannya sakit , pikirannya sakit atau badannya sakit. yang pemicunya bisa berasal dari faktor didalam diri ataupun di luar diri. 
*
*
orang sudah cukup kaya dan jadi pejabat tapi masih korupsi , pendapat saya itu jelas sakit pikirannya dan tidak bahagia. selain di adili di pengadilan juga perlu di rawat oleh psikiater , psikolog dan diberi kursus pelajaran kesehatan mental juga kursus olah rasa. 
*
*
setelah mempelajari pengetahuan ini. saya kalo melihat berita tentang orang korupsi , atau masalah konflik manusia. atau sebuah aliran pemikiran atau pandangan hidup seseorang . tidak bisa lagi menikmati gosip seperti orang biasa . karena pikiran saya cenderung menganalisa dari sisi ketidak seimbangan fungsi ke 3 lapisan tubuh manusia. juga menganalisa motivasi dibalik sebuah pemikiran / tindakan.
*
*
yang sulit itu tetap menjaga keseimbangan. dalam istilah buddha dharma adalah tenang seimbang. pasti manusia tenang seimbang itu sehat di ketiga lapisan tubuhnya. juga lebih menikmati hidup. karena dunia ini rwa bhineda. 
*
*
ego saya menjadi terkendali dan mudah memaklumi dengan memakai prinsip Zen jepang yaitu " wabi sabi " . tidak ada yang sempurna , tidak ada yang abadi , semuanya terus berubah tumbuh berproses hancur menurut siklus waktu. berganti jaman , berganti pula standar hidup ideal manusia. dan merayakan ketidak sempurnaan butuh kecerdasan . 
*
*
begitulah jalan spiritual yang sudah saya tempuh. lebih banyak praktek dan eksperimen menjaga kesehatan 3 lapisan tubuh, sebagai kendaraan hidup pribadi tinggi di bumi. 
*
*
namaste itu berarti saya menghormati pribadi tinggi yang bersemayam di tubuh mu. bukan pangkatmu , bukan gelasmu , bukan hartamu , bukan ego mu yang saya hormati. tapi pribadi luhur yang menempati badanmu. semoga ada gunanya cerita ini. terima kasih. 
*
*
Namaste 
*
*
salam,
wuddha paing

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k