Langsung ke konten utama

# Sembah Hyang & Sembah Raga







amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# Sembah Hyang dan Sembah Raga
*
*
bagi saya pribadi, upacara sembahyang harian masih saya lakukan. Saya pribadi menganggap Tuhan semesta alam , yang diluar batas pemahaman, melampaui semuasebutan nama dan rupa dan imajinasi manusia. itu tidak butuh dan tidak perlu disembah.
*
*
Tapi saya menyembah hormat kepada kekuatan Tuhan semesta alam yang terwujud di muka bumi dalam rupa dan nama yang beragam . juga menghormati aturan dalam bentuk sistem kerja alam ( hukum alam ) di bumi . yang nyata dan bisa di rasakan manfaatnya dalam hidup saya setiap hari.
*
*
kekuatan tersebut diantaranya berwujud planet bumi yang saya sebut ibu bumi. kekuatan matahari . kekuatan samudra . hutan. gunung. sampe restu orangtua / leluhur ( dalam bentuk DNA / genetik turunan di tubuh ) . juga dalam bentuk sesama manusia hidup ( ilmuan beragam disiplin , penyembuh, penyihir dll) dan manusia tercerahkan.
*
*
saya memanggil Buddha , Shiva , dewa dewi alam dan beragam Guru tercerahkan pendiri aliran spiritual dengan sebutan Guru. kenapa , karena saya menempatkan diri saya sebagai pelajar kehidupan. apapun yang berguna memberi pelajaran kehidupan , itu saya sebut guru.
*
*
bagi saya Guru bisa berbentuk seribu nama dan seribu rupa , tapi punya sifat sama yaitu memberi pandangan terang dan mengusir kegelapan di dalam diri , juga punya sifat welas asih kepada mahluk lain .
*
*
jadi mau disebut dengan beragam bahasa , sosok guru dari bangsa manusia , maupun sosok guru dari bukan bangsa manusia . pedoman saya, jika itu sifatnya memberi pandangan terang dan mengusir kegelapan di dalam diri manusia . dan punya sifat welas asih kepada mahluk lain. dan memancarkan keindahan. mau pake topeng / rupa apapun. itulah ciri Guru saya. sesederhana itu.
*
*
Sembah hyang ini , walopun hanya kegiatan simbolis. tapi salah satu disiplin yang bisa menurunkan ego . karena kalo saya masih sembah Hyang, artinya Ego masih mau menunduk . dan merasa ada yang lebih hebat dalam kualitas pencapaian karya hidup di alam semesta ini . sehingga ini bisa sedikit mengerem " ego " .
*
*
walopun Ego manusia aslinya hanyalah konsep pikiran akan diri yang isinya memori tentang identitas si aku. konsep " si aku " perorangan. yang kalo di amati , di analisa dan dikuliti sampe habis dengan wawasan kesadaran , ya hasilnya akan bertemu kosong.
*
*
Sembahyang harian , juga berguna untuk melatih berpikir positif jika yang di fokuskan itu positif. bisa juga negatif , jika yang difokuskan negatif. bisa juga untuk mentralkan pikiran yang kacau. tergantung niatnya saja. itu hubungan saya dengan diluar agar harmonis.
*
*
Sembahyang itu menghormati kehidupan , praktik nyatanya dengan cara merawat kehidupan yang di titipkan dalam bentuk Raga manusia ini. dengan pola hidup yang baik . jika pola hidup sodara tidak sehat, maka mudah sakit raganya. jika pola rasa dan pola pikir nya tidak sehat. juga akan jadi penyakit batin.
*
*
makanya di Jawa ada istilah olah raga, olah rasa , olah cipta. bagi saya itu latihan sembah raga , rasa, cipta. supaya sehat raganya, sehat perasaannya, sehat pikirannya. semuanya ada tatacaranya masing-2.
*
*
pilihlah praktik tatacara yang sesuai yang cocok bagi karakter sodara. karena karakter manusia itu unik. ibarat memilih menu masakan di warung , memilih warna dan model baju, setiap orang punya kecocokan dan selera masing-2.
*
*
lihatlah rumah sakit penuh , tanda banyak manusia yang menderita raganya. lihatlah dipengadilan tentang praktik korupsi dan kejahatan , itu tanda banyak orang sakit pikirannya. lihatlah konflik antar individu di media sosial, itu tanda banyak orang menderita perasaannya.
*
*
yang sedang sakit raganya , sakit perasaannya, sakit pikirannya , semoga segera sadar dan bergerak mencari cara agar sehat. saya doakan pemerintah kita kuat dan semangat . dan kita sebagai rakyat jelata / wong cilik juga tabah dan kuat dalam situasi yang serba tidak enak ini.
*
*
mumpung saya dipaksa alam untuk libur dan jadi pengangguran sementara karena pekerjaan sementara harus terhenti. sebab ada penyebaran wabah virus corona. maka saya menulis catatan ini. juga bisa menikmati hobi membaca buku lawas & koran bekas. slamet waras bahagia untuk kita semua. enjoy saja. terima kasih.
*
*
salam,
wuddha paing
*
*


Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun