Langsung ke konten utama

jumpa sahabat spiritual

pada hari sabtu malam minggu kemaren di semarang. saya berjumpa sahabat lama. teman teman diskusi sejak tahun 2008 tentang masalah spiritual. kali ini bertempat di kantor baru teman saya di daerah manyaran. tepatnya di kantor barunya pak medy.

berkumpul teman teman yang sering berjumpa dan ada pula yang berjumpa dengan saya 3 tahun yang lalu dan baru bertemu kembali saat ini. ada pula yang baru setahun baru bertatap muka. ada pula yang terakhir bertatap muka sejak akhir tahun 2008 alias hampir empat tahun tidak berjumpa.

saya ingat seorang wanita yang mengendong anaknya di pangkuan sambil tertidur. beliau menyapa saya. namanya ibu mijil. beliau adalah salah satu anggota group pecel yang setia. ketika pertama kali berjumpa dengan beliau, di akhir tahun 2008. anaknya masih bayi belum satu tahun. sekarang usianya sudah 3 tahun setengah. berarti anak tersebut sudah berjumpa dengan saya sejak belum bisa merangkak. sampai sekarang sudah bisa berbicara baru berjumpa lagi dengan saya. itupun setelah ibunya cerita dulu anak bayi yang dibawa dalam pertemuan berjumpa pertama kali dengan saya adalah anak nya saat ini.

pertemuan diisi saling  canda. singkat tapi cukup untuk melepas kangen. walaupun tidak sempat diskusi panjang lebar.  sharing sahabat ini diisi oleh mbak Diah yang menekuni latihan kejiwaan SUBUD atau susila budhi dharma.

mbak diah bercerita tentang SUBUD yang telah di terima di lebih dari 100 negara di luar indonesia. dia bahkan bercerita tentang anggota band U2 yaitu Bono . yang adalah anggota subud. bahkan pendiri tas hermes adalah anggota subud. dan sampai dengan saat ini wasiat pendiri tas hermes agar sebagian keuntungan tetap di pakai untuk disumbangkan ke organisasi subud.

mbak diah bercerita tentang proses pembersihan jiwanya. dan dari keterbatasan ekonomi diangkat menjadi berkelimpahan dalam 6 tahun. sudah menyetor  pajak perusahaannya kecilnya  tahun lalu  lebih dari 1 milyar. ekspor produk nya sudah ke luar negeri. dia mengalami kejutan dan pergolakan dalam kehidupan pribadi tapi itu semua dijalani dan kehidupannya sekarang mulai tertata dengan rapi. ibaratnya masalah keuangan saat ini tidak ada masalah.


lalu sharing kedua disampaikan oleh mas ramdhan tentang universal comunication, sebuah pelatihan tentang seni mengenali watak /karakter dan pemberdayaan karakter. teman teman yang lain karena banyaknya urusan berpamitan lebih awal. pertemuan di tutup jam 11 malam.

dibawah ini foto sebelum kami kembali berpisah. sebagai juru foto sahabat spiritual saya yaitu  mas yudi tidak tampak. tapi jepretan foto ini adalah karya dia.


saya berpakaian kaos putih , di bagian deret tengah sudut paling kiri.

group pecel - semarang . adalah sbeutan untuk group kami. entah apa artinya , apalah arti sebuah nama. tapi tanpa nama kami akan menjadi susah mengenali sesuatu.

satu hal yang unik. dari dulu pertemuan spiritual yang saya ikuti selalu di hadiri pula oleh anak anak.


semoga kita semua menemukan jalan masing masing. berkarya di jalan masing masing. dan mencapai tujuan melalui jalan masing masing. kami bejumpa kembali karena urusan spiritual bukan urusan bisnis.
dalam pertemuan ini saya membacakan salah satu puisi ekpresi spiritual  yang saya tulis di tahun 2010 berjudul " la haula wala kuata illa billah ".


semoga ada manfaatnya,
salam,
edy pekalongan














Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun