Langsung ke konten utama

putaran roda kehidupan


Foto eddy pekalongan, 4 agust 2012


saya sedang menyusun naskah buku ke 7 saya, yaitu tafsir kitab trisula , ajaran shiwa budha. inspirai yangs aya dapatkan di tahun 2008 saat berkunjung ke candi shiwa di kompleks candi prambanan - jogja. berikut saya ingin membagi salah satu catatan saya untuk anda semua.

Penderitaan dan kebahagiaan
Siapa yang bermain api akan terbakar , siapa yang bermain air akan basah. Manusia menjalani penderitaan dan kebahagiaan itu disebabkan perilakunya sendiri. Oleh karena itu berhati hatilah dalam melangkah. ( kitab Trisula , syair ke 31 )



jika kita mau belajar ilmu flora dan fauna. setiap tumbuhan memiliki masa hidup berbeda tergantung jenisnya. pohon jati memiliki usia lebih panjang dari pohon pisang. bunga mawar memiliki usia berbeda dengan bunga lotus. rumput di tanah memiliki usia yang berbeda dengan rumput di laut. sapi memiliki usia berbeda dengan gajah.  ayam memiliki usia yang berbeda dengan kura kura. ikan paus memiliki usia yang berbeda dengan burung elang.

setiap mahluk memiliki sifat alamiah bawaan dimana disana terkandung durasi rata rata usia. ilmu ini sudah dipelajari oleh para ilmuan ahli tumbuhan dan ahli hewan. seekor ulat akan memiliki usia sekian hari lalu dia harus menjadi kepompong sekian hari lalu dia menjadi kupu kupu sekian hari. lalu bertelur kemudian mati. dan dalam jangka waktu tertentu telur telur itu menetas menjadi ulat . dan meneruskan daur hidupnya dengan memakan dedaunan.

setiap ras manusia memiliki daur hidup usia yang berbeda beda secara pembawaan alamiahnya atau dalam ilmu kedokteran, disebut memiliki kode dna dan sistem fungsi tubuh masing masing. disatu sisi orang eropa kecenderungan berkulit putih, orang china berkulit kuning, orang afrika berkulit hitam. mereka berbeda dari postur tubuh, berebda ukuran tulang, berbeda daya tahan tubuhnya. di lingkungan asli ras manusia tersebut, mereka bertahan hidup dengan memakan sumber daya yang ada di sekitarnya. oleh karena itu makanan suku asli di afrika berbeda dengan makanan suku asli di china , berbeda dengan makanan asli orang irlandia.

dengan mempelajari putaran roda kehidupan, kenapa manusia meninggal dunia, sebab sebab alaminya karena apa. dan faktor faktor yang membuat daya kekuatan alami tubuh manusia bisa kuat atau menurun. manusia bisa menemukan cara hidup yang terbaik. manusia bisa menemukan cara hidup yang memungkinkan dia memiliki rentang usia alaminya.

walaupun saat ini di jaman modern, faktor perang, kejahata , kecelakaan dan faktor penyakit adalah yang paling banyak menyebabkan kematian manusia yang tidak disebabkan oleh faktor alamiah.
dan jika manusia mempelajari orang orang yang akan meninggal dunia, entah karena penyakit atau karena usia tua, dia akna mengetahui ciri ciri orang yang akan segera meninggal dunia, entah dari pernafasannya, atau dari sikapnya.

pelajaran menghadapi kematian diajarkan oleh suku suku pribumi kuno. bahwa kematian tidak untuk di takuti tapi untuk dihadapi .walaupun kematian itu datang mendadak karena sebab bukan alami seperti misalnya kecelakaan atau sebab perang atau sebab penyakit.



jika manusia telah mempelajari daur hidup dan putaran waktu kehidupan dari lahir sampai mati. maka setiap yang dilahirkan akan mengalami kematian, cepat atau lambat. apa apa yang harus dipersiapakan ketika kita menjelang ajal? . sikap apa yang harus kita lakukan ketika akan menjelang ajal? . apakah harus dengan marah, apakah harus dengan tersenyum , ataukah harus dengan diam, ataukah harus dengan pasrah ataukah harus dengan kebingungan. karena kita tidak tahu bahwa kita sedang memasuki proses menjelang kematian  karena daya hidup kita sudah hampir habis.

sikap dalam menghadapi kematian inilah yang harus dipelajari agar manusia tidak di hantui ketakutan dalam hidup yaitu takut mati dan meninggalkan kehidupan di bumi. pengetahuan tentang kematian ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu . sayangnya, pengetahuan ini tidak di ajarkan di universitas, padahal sangat penting .
dengan mengetahui bahwa kita akan mati . entah itu pada batas usia alami kita atau karena faktor tidak alami . maka kita akan tahu bahwa kesempatan hidup di bumi ini adalah sesuatu yang berharga bukan sekedar hanya kebetulan.

tidak ada yang kebetulan dengan jam tanggal bulan serta tahun kelahiran kita. tidak ada yang kebetulan dengan tempat kita dilahirkan . tidak ada yang kebetulan kita lahir dari seorang wanita tertentu yang dibuahi benihnya oleh lelaki tertentu. dengan mempelajari gerak perputaran roda kehidupan. maka kita akan tahu siklus lahir dan mati dari sebuah mahluk mulai dari tumbuhan, hewan dan manusia.

kematian adalah sebuah misteri , seperti kelahiran kita . kita tidak bisa memilih lahir dari orang tua yang kaya raya di jaman yng tentram dan menyenangkan.  tapi kita bisa menyiapkan diri kita menjelang kematian, karena kita masih punya waktu hidup. sikap yang perlu dibangun ketika menghadapi kematian entah itu mendadak atau karena faktor alamiah. akan membantu kita tahu bahwa ketika saat kematian akan tiba, kita sudah tidak dipenuhi ketakutan. kita bisa tenang dan mati dengan damai.

ilmu pengetahuan dan tradisi kuno akan membantu kita lebih baik dalam mempelajari waktu kematian. dengan begitu sikap hidup kita lebih tertata.  jika kita mengikuti daur alami rentang usia manusia dalam ras tertentu yang sesuai dengan ras kita . maka kita akan tahu ada manusia yang sesuai dengan ras kita dan dia mencapai usia sampai 100 tahun. dengan pola hidup ,pola makan  dan ,pola pikir tertentu.

manusia yang tidak  mengerti tentang daur hidup kematian alamiah di dunia binatang, di dunia tumbuhan dan di dunia manusia. dia  akan keliru memahami fungsinya dalam hidup.  rumput punya fungsi , pohon punya fungsi, hewan punya fungsi yang kesemuanya menjaga kelangsungan hidup di bumi secara alami dan seimbang . hanya manusia yang merusak fungsi alami tersebut dengan berbagai pemikiran bodoh dan sikap merusaknya.

mumpung masih hidup, kumpulkanlah bekal mempelajari ilmu perputaran roda  kehidupan , siklus lahir dan mati. maka kita akan menjadi lebih siap dalam menghadapi kematian sekaligus siap untuk hidup sampai rentang usia maksimal sesuai ras kita dengan bahagia. demikian semoga ada manfaatnya.


salam,
eddy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k