Langsung ke konten utama

suluk tambangraras



Nonton arsip di youtube. Salihara , dgn tema : erotisme dlm centini oleh ibu elisabert D. inandiak.

Jadi ingat koleksi 3 novel centini karya beliau. Tafsir suluk tambang raras abad 21.
Kalo versi jawanya suluk tambang raras aku sudah baca . Terakhir kali tahun 2006.

Isinya ensikopedia jawa. Perjalanan keliling jawa. Versi elisabeth. Lebih indah. Mungkin krn bahasanya lbh modern. Kalo catatan ttg cuplikan terjemahan centini pertamakali kubaca di majalah BASIS tahun 2002 ( arsipnya msh ada) . Elisabeth melihat alur pikiran Victor Hugo hidup di jawa.

Liputan di tv ttg elisabeth dulu kutonton di metro tv di acara budaya. Tahun 2002. Berkisah elisabeth dolan ke gunung merapi ke petilasan watu gajah & ringin putih di cangkringan. Elisabeth juga berdialog dgn mbah marijan.
Pertemuan elisabeth dgn mbah marijan karena kemiripan buku karyanya yg ditulis di prancis ttg cerita anak berkisah ttg gajah dan pohon . Sangat mirip dgn legenda ringin putih & watu gajah di merapi.

Sungguh aneh . Roh Pujangga jawa kuno perlu memanggil bantuan sastrawan perancis wanita utk menyelamatkan karya sastra jawa .

Bagiku ibu elisabeth diakui atau tidak telah berjasa besar dlm mengungkap misteri suluk tambang raras atau dikenal dgn sebutan centini.

Centini itu berkisah nakalnya anak muda jawa yg suka mengembara. Liar sekali dlm petualangan seksual tapi tetap sholat & meditasi. Pertama kali baca kaget. Sekarang tidak.

Membaca centini membuatku mengerti peradaban saat ini secara budaya bagi generasi muda sangat monoton . Bahkan mundur.

Belajar centini dan osho akan menemukan alur ajaran tantrayana hindu budha yg lenyap di jawa.

Jadi sadar, selama ini aku seperti mengumpulkan kembali wawasan hindu budha yg hilang dari jawa sejak era kesultanan islam.





Benang merahnya ketemu. Gambaran utuhnya mulai terlihat.

Budaya jawa tidak lepas dari pesta yg spiritual yaitu slametan.

Tatacara mabuk dlm centini juga ada. 10 gelas tuak mewakili 10 syair yg bermakna.

Misal gelas ke 4 diminum maka musik ditabuh dgn syair : catur wanara rukem artinya jika orang minum gelas ke 4 maka kelakuannya mirip kera berebut makanan, mengoceh ribut, lupa diri, saling mengejek.

*cukup dulu nanti sifat penyairnya kumat.

salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun