Langsung ke konten utama

# jangan menyampaikan kebenaran


polahe wong Jawa kaya gabah diinteri
( perilaku hidup orang di pulau jawa sudah bercampur , sulit di bedakan )
endi sing bener endi sing sejati
(kemana mencari tuntunan kebenaran, kemana mencari hakikat / kesejatian )
para tapa padha ora wani
( kaum pertapa yg ahli samadhi diserang ketakutan )
padha wedi ngajarake piwulang adi
( mereka takut jika diminta membuka ajaran rahasia )
salah-salah anemahi pati
( kalo keliru disalah pahami, bisa menemui ajal / dibunuh )

* ajaran rahasia / piwulang adi. tidak boleh diajarkan sembarangan. di jaman yang moral mayoritas manusianya sudah rusak. bisa di salah pahami. dituduh pengikut setan. di tuduh macam macam. resikonya bisa di cap sesat. bisa di bunuh. maka diam lebih baik dipilih para pertapa.

sepanjang sejarah yg di tulis dalam cerita2 . ajaran yang puncak. disampaikan oleh Guru kepada murit yang terbatas. di tempat khusus. di waktu khusus. bukan untuk konsumsi masyarakat umum.

lihat tempatnya. sudah siap & menerima.
lihat masyarakatnya. sudah siap & menerima.
lihat ajarannya. sudah siap & bisa diterima
lihat muritnya. sudah siap & bisa menerima.
lihat gurunya. sudah siap & bisa menyelaraskan 4 unsur ( tempat, masyarakat, ajaran, murit )

kalo itu terpenuhi. maka sangat ideal sekali.

satu hal jika mau mengajarkan ajaran spiritual disebuah tempat. pertama kali adalah spirit tempat tersebut haruslah bisa menerima dan welcome.

dalam sebuah diskusi tentang festival pertemuan sufi yang akan diadakan di satu lokasi di kota daerah negara bagian di amerika serikat. mereka panitia acara tersebut , terlebih dahulu mengadakan ritual. duduk disebuah tempat selama 3 hari. sampai salah1 penduduk pribumi amerika / suku asli mendatangi dan memberi kabar kalo leluhur asli sukunya telah menerima kehadirannya. dan mau ikut serta bergembira dalam festival yang akan di adakan.

jadi kalo di amerika serikat saja. seorang mau mengadakan festival pertemuan sufi . perlu uluk salam / ijin kepada spirit asli penjaga tanah amerika ( suku pribumi ).

lebih lebih di tanah air nusantara.

termasuk kalo mau jadi anggota DPR RI di Jakarta. saran saya. tidak usah ritual aneh2. tinggal di jakarta seminggu. tiap hari luangkan waktu memutari diorama di dalam tugu monas. itu riwayat sejarah nusantara. dari jaman purba sampai kemerdekaan. lalu duduk saja santai nyimak musik / merenung / baca buku / meditasi di ruang atas . dalam tugu monas 1 jam atau dipuncaknya.

secara psikologis, pengaruhnya jelas. anda akan merasakan semangat nasionalisme. bukan kesukuan. tapi lebih ke jiwa Republik dan modern.

kalo mau lebih menyerap spiritnya belanda. sebagai penguasa pulau jawa. ya tentu saja ada tempat2 tertentu yang harus anda akrab dan serap semangat kepemimpinannya. dan tempatnya indah2 juga modern. penuh barang seni.

setelah kurenungkan, spirit belanda yg bagus2 yang di tinggalkan di pulau jawa. keren juga. dan secara nyata, istana presiden kita saat ini adalah warisan belanda.

selamat pagi. selamat sarapan.
salam, 
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun