Rabu, 11 Juni 2014

# Endonesa versi siapa





amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# Endonesa versi siapa
*
*
seseorang di jawa disebut " Kurang Ajar " karena si pelaku kekurangan Ajar / Guru ( bahasa Jawa : Ajar = guru ). seorang Ajar adalah orang yang sudah mampu melahirkan ajaran dari hasil pengalaman hidupnya sendiri dan membaginya ( meng- ajar ) sebab orang-2 datang ke tempatnya untuk menyimak ajaran / belajar.
*
maka gelar bapak pendidikan kita adl Ki Ajar Dewantara. karena huruf Jawa itu semuanya hidup, tidak kenal A tapi HA, maka ditulisnya ki Hajar.
*
*
istilah " kurang ajar " berlaku untuk anak kecil sampe kakek tua. jadi anjuran belajar itu bukan wajib sembilan tahun saja tapi seumur hidup. ketika belum ada sekolah tehnik / insinyur, orang jawa dan di nusantara sudah membuat arsitektur rumahnya masing-2 . ketika belum ada gerakan membaca & memberantas Buta Aksara Latin, suku-2 pribumi sudah mencipta aksara & bahasa nya sendiri seribu tahun yang lalu .
*
*
saat ini bangsa indonesia yg usianya belum 100tahun adalah hasil blasteran / turunan campur dari suku-2 di nusantara dan suku pedagang dari luar. maka bahasa nya adalah bahasa campuran yang mengambil dari sana sini. sedangkan aksara / huruf bangsa indonesia saat ini adalah menjiplak aksara Latin. nama negara " Indonesia " adalah sebutan bangsa eropa ( indo : india , nesia : kepulauan ). hanya orang eropa yg menyebut nusantara itu india timur / east india. bahkan pedagang arab dan china tidak menyebut daerah kita sebagai india.
*
*
jika indonesia itu ibarat masakan adalah Gado Gado. jika suku-2 di nusantara dari aceh sampe ambon itu sebagai bahan baku gado gado , maka unsur sayur , cabe, garam , telur, tempe, kacang, nya harus benar bukan palsu. kalo garamnya tidak asin, sayurnya busuk , cabenya tidak pedas, tempenya tidak matang. maka bahan bakunya tidak oke, diolahpun hasilnya tidak oke.
*
*
maka agar gado gadonya enak , jika saya cabe sumatra, maka harus jadi cabe yang pedas bukan cabe palsu. jika saya garam madura harus garam yang asin. jika saya gula jawa harus menjadi gula jawa yg asli. JIka gula jawanya di hilangkan, cabe, garam di hilangkan. kacangnya dihilangkan , apakah masih bisa di sebut gado gado ?
*
*
orang-2 yang ingin membangun indonesia dengan konsepnya tanpa belajar unsur-2 pembentuk indonesia yang awal. seperti akan memasak gado gado tapi tidak tahu kalo bahan bakunya dan petunjuk masaknya sudah dirubah menjadi chiken steak. bahkan guru masak gado gado nya di sekolah / Universitas di ajari bahwa gado gado adalah sama dgn chiken steak bumbu kacang.
*
*
lalu ketika ada orang yang tahu rasa asli gado gado. dia disuruh makan gado gado chiken steak bumbu kacang. maka akan berkata : ini chiken steak bukan gado gado. lalu referensi dari buku resep gado gado dari Universitas di keluarkan.dan suara mayoritas Guru Besar Universitas di seluruh indonesia yang lulusan luar negeri menyatakan bahwa resep gado gado chiken steak bumbu kacang adalah ASLI dan terbaik bahkan di sukai di amerika dan eropa juga jazirah arab.
*
*
bahkan nama di buku absen murit SD di jawa sekarang tertulis Ronaldo dan veronica, nama Slamet Wagiono dan Sri sulandari sudah punah.
*
# gara gara mengejar Arta ( harta ) untuk kebutuhan raga / lahir. manusia kadang lupa mengerjar Arthi ( makna ) untuk kebutuhan jiwa / batin.
*
*
kalo manusia Endonesa senangnya gitu.
yo Ndak papa. santai Ja... santai Ja...
*
*

salam,
edy pekalongan



Tidak ada komentar: