Langsung ke konten utama

# Endonesa versi siapa





amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# Endonesa versi siapa
*
*
seseorang di jawa disebut " Kurang Ajar " karena si pelaku kekurangan Ajar / Guru ( bahasa Jawa : Ajar = guru ). seorang Ajar adalah orang yang sudah mampu melahirkan ajaran dari hasil pengalaman hidupnya sendiri dan membaginya ( meng- ajar ) sebab orang-2 datang ke tempatnya untuk menyimak ajaran / belajar.
*
maka gelar bapak pendidikan kita adl Ki Ajar Dewantara. karena huruf Jawa itu semuanya hidup, tidak kenal A tapi HA, maka ditulisnya ki Hajar.
*
*
istilah " kurang ajar " berlaku untuk anak kecil sampe kakek tua. jadi anjuran belajar itu bukan wajib sembilan tahun saja tapi seumur hidup. ketika belum ada sekolah tehnik / insinyur, orang jawa dan di nusantara sudah membuat arsitektur rumahnya masing-2 . ketika belum ada gerakan membaca & memberantas Buta Aksara Latin, suku-2 pribumi sudah mencipta aksara & bahasa nya sendiri seribu tahun yang lalu .
*
*
saat ini bangsa indonesia yg usianya belum 100tahun adalah hasil blasteran / turunan campur dari suku-2 di nusantara dan suku pedagang dari luar. maka bahasa nya adalah bahasa campuran yang mengambil dari sana sini. sedangkan aksara / huruf bangsa indonesia saat ini adalah menjiplak aksara Latin. nama negara " Indonesia " adalah sebutan bangsa eropa ( indo : india , nesia : kepulauan ). hanya orang eropa yg menyebut nusantara itu india timur / east india. bahkan pedagang arab dan china tidak menyebut daerah kita sebagai india.
*
*
jika indonesia itu ibarat masakan adalah Gado Gado. jika suku-2 di nusantara dari aceh sampe ambon itu sebagai bahan baku gado gado , maka unsur sayur , cabe, garam , telur, tempe, kacang, nya harus benar bukan palsu. kalo garamnya tidak asin, sayurnya busuk , cabenya tidak pedas, tempenya tidak matang. maka bahan bakunya tidak oke, diolahpun hasilnya tidak oke.
*
*
maka agar gado gadonya enak , jika saya cabe sumatra, maka harus jadi cabe yang pedas bukan cabe palsu. jika saya garam madura harus garam yang asin. jika saya gula jawa harus menjadi gula jawa yg asli. JIka gula jawanya di hilangkan, cabe, garam di hilangkan. kacangnya dihilangkan , apakah masih bisa di sebut gado gado ?
*
*
orang-2 yang ingin membangun indonesia dengan konsepnya tanpa belajar unsur-2 pembentuk indonesia yang awal. seperti akan memasak gado gado tapi tidak tahu kalo bahan bakunya dan petunjuk masaknya sudah dirubah menjadi chiken steak. bahkan guru masak gado gado nya di sekolah / Universitas di ajari bahwa gado gado adalah sama dgn chiken steak bumbu kacang.
*
*
lalu ketika ada orang yang tahu rasa asli gado gado. dia disuruh makan gado gado chiken steak bumbu kacang. maka akan berkata : ini chiken steak bukan gado gado. lalu referensi dari buku resep gado gado dari Universitas di keluarkan.dan suara mayoritas Guru Besar Universitas di seluruh indonesia yang lulusan luar negeri menyatakan bahwa resep gado gado chiken steak bumbu kacang adalah ASLI dan terbaik bahkan di sukai di amerika dan eropa juga jazirah arab.
*
*
bahkan nama di buku absen murit SD di jawa sekarang tertulis Ronaldo dan veronica, nama Slamet Wagiono dan Sri sulandari sudah punah.
*
# gara gara mengejar Arta ( harta ) untuk kebutuhan raga / lahir. manusia kadang lupa mengerjar Arthi ( makna ) untuk kebutuhan jiwa / batin.
*
*
kalo manusia Endonesa senangnya gitu.
yo Ndak papa. santai Ja... santai Ja...
*
*

salam,
edy pekalongan



Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun