Langsung ke konten utama

Kriteria calon Raja Jawa Kuna



banyak orang menyangka sistem kerajaan kuno, dan seseorang jadi Raja karena anak raja. tapi di Jawa Kuna , tidak semudah itu untuk menjadi Raja. ada syaratnya. harus lulus Ujian Raja Yoga. yaitu latihan Yoga untuk calon Raja. ada 8 tahap Ujian. biasanya sejak muda para calon raja sudah mempelajarinya. sehingga saat dewasa dan sudah siap. tinggal di uji. jika lulus maka dia pantas menjadi Raja. karena tatanan di Jawa Kuna menggunakan Dharma , shiwa dan budha. maka kualitas manusia di ukur dari pandangan Dharma. selamat menyimak.
*
di Jawa Kuna seorang calon Raja harus lulus 8 tahap ujian Raja Yoga. untuk pedoman kualitas. 10tahun belum tentu selesai. #RajaYoga
*
misalnya syarat calon presiden di nusantara syaratnya harus lulus 8 tahap ujian Raja Yoga. maka kualitasnya adl manusia utama.
*
Ujian ke1 RajaYoga adl tentang Larangan / Yama. yaitu kemampuan ahimsa [ tdk menyakiti mahluk ] dgn hidup di pertapaan budha satu periode.
*
Ujian kesatu : Yama / laranganke2 adl Satya [ jujur / tdk berdusta ] , biasanya satu paket latihan hidup di pertapaan budha.
*
ujiankesatu Yama / Laranganke3 adl Tidak mencuri , larangan ke4 adl mengendalikan sex ,mulai dr berpantang sampe latihan KamaSutra.
*
ujiankesatu Yama / larangan ke4 ttg sex , itu termasuk tidak memperkosa / berselingkuh. Kamasutra ttg memperlakukan wanita & energi sex
*
larangkesatu / Yama , laranganke4 setelah berlatih kamasutra hrs lulus bertahan pada ujian brahmacharya / pantang sex selama satu periode.
*
larangan / Yama , laranganke 5 : lAparigraha yaitu tidak serakah, latihannya dgn hidup cara biksu /pertapa di hutan, kadang mengemis.
*
Ujian pertama dari 8 ujian Raja Yoga disebut Yama [ ahimsa, satya, asteya /tdk mencuri, bhramacharya, aparigraha ] harus lulus.
*
ujian kedua Raja Yoga sbg syarat calon Raja : Niyama / praktik Kebaikan, bisa ikut Ujian Niyama, jika sdh lulus ujian1 : Yama / Larangan
*
Ujian Niyama ,1. Sauca / Tulus tanpa pamrih. harus lulus Ujian ini.caranya berderma tenaga, uang, ilmu , dll. tidak kecewa, tak berharap.
*
Ujian Niyama , 2. santhosa [merasa cukup & puas ] caranya latihan narimo kenyataan. latihannya biasanya ada guru pembimbingnya.
*
Ujian Niyama, 3. Tapas yaitu mampu introspeksi diri dan bertapa. mengkarantina diri. menyepi utk evaluasi diri. harus lulus ujian tapas.
*
Ujian Niyama , 4 Svadaya [ mandiri dlm mengerjakan tugas sehari-2 ] masak, mencuci , menjahit baju robek , menyapu walopun calon Raja.
*
Ujian Niyama, 4. Svadaya. agar calon raja tahu rasanya jadi pelayan rendah, agar dia saat jd raja tdk sombong. hrs lulus Svadaya
*
Ujian Niyama , 5 isvara Pranidhana, yaitu berserah diri kpd Tuhan yg maha esa sbg pemelihara alam semesta & sumber kekuatan. harus lulus
*
Ujian pertama Yama , Ujian kedua Niyama. dalam Raja Yoga sbg syarat calon Raja. sudah berat tp belum seberapa masih ada 6 tahap Ujian lagi.
*
Ujian tahap ke3 dlm Raja yoga adalah Asana / Olah Raga. seorang calon raja harus tahu ilmu asana Yoga / senam , postur tubuh utk kesehatan
*
Ujian tahap 4 dlm Raja Yoga adl Pranayama, yaitu kemampuan mengolah prana / hawa murni utk membangkitkan kundalini / sakti di tubuh.
*
ujian ke 4. Pranayama ini penting , krn ilmu ttg mengolah prana / chi / hawa murni ini jika lulus maka bisa berlatih di tahap diatasnya.
*
ujian ke 4. Pranayama ini penting , krn ilmu ttg mengolah prana / chi / hawa murni ini jika lulus maka bisa berlatih di tahap diatasnya.
*
Ujian ke 5 dlm Raja Yoga utk calon Raja adalah Pratyahara, seni istirahat / relaksasi/ menyimpan , memulihkan, menggandakan energi tubuh
*
setelah lulus ujian ke 5. maka ujianke 6: Dharana / Olah cipta / fokus pikiran. ilmu ttg pikiran, cara kerja, mendayagunaan, tipu muslihat
*
seorang calon raja berlatih Dharana sejak muda , dr latihan memanah sampe mendengar daun bambu jatuh, latihan konsentrasi, latihan hapalan
*
UJian ke6 : Dharana ini untuk melihat kemampuan mengendalikan pikiran & kekuatan konsentrasi. harus lulus Dharana utk syarat calon Raja
*
Ujian ke 7 untuk syarat calon raja dlm Raja Yoga adl Dhyana / Olah Rasa , inilah yg diterjemahkan sbg Meditation dlm bhs inggris.
*
Latihan Dhyana ini sejak muda dlm bimbingan ahli Dhyana, utk menghapus kekotoran batin dlm ajaran budha. harus lulus ujian ini.
*
Ujian ke 7. Dhyana ini berat, krn seseorang yg sudah bersih batinnya dr kekotoran batin biasanya waskitha / mata batinnya tajam sekali
*
pada Ujian ke 7. Dhyana sbg syarat calon Raja. ilmu ini khusus dipelajari aliran Chana / chan [ saolin ], dijepang disebut zhana / Zen.
*
calon raja yg lulus ujian ke 7. Dhyana, maka otomatis masuk Tahapan Samadhi/ ujian ke 8. puncak Raja Yoga.
*
Latihan ke 8. Raja Yoga , latihan puncak adalah Samadhi , menjalin hubungan dengan kekuatan semesta. harus lulus latihan ke7 [ Dhyana ]
*
seorang calon Raja yg sudah mampu memasuki Samadhi, sama dia tdk perlu bertanya penasehat utk memutuskan hal-2 penting saat darurat.
*
Tahapan Samadhi diajarkan bertahun tahun sejak muda , kepada calon raja. sehingga setelah dewasa siap jd Raja. ia siap di Uji.
*
Saya belum sampe tahapan Samadhi, baru berlatih Dhyana. maka bagaimana samadhi itu, saya tidak tahu. tp catatan guru-2 yg tercerahkan ada.
*
saya rasakan 6thn ini berlatih Raja Yoga, sulit. pernah latihan 2thn tanpa KTP . tanpa rekening bank,keluar kerja mapan. apalagi jaman kuna.
*
dlm latihan yoga, saya prnh merawat tetangga yg miskin, wanita yg sakit asma akut. seminggu 1x dgn ilmu prana. 12 bulan lebih. gratis.
*
betapa hebatnya orang jaman kuna, seorang calon Raja harus lulus Ujian Raja Yoga. sangat berat. bukan krn suara terbanyak
*
calon Raja yg tidak lulus Ujian Raja Yoga, maka tidak pantas jd Raja. kalopun memaksakan diri. maka nasib kerajaan & rakyat jd taruhannya.
*
Raja Raja kuna di Jawa yg berpedoman pada Dharma, pasti belajar Raja Yoga. jaman berubah, hal hal begini dianggap kuno. # tak apa apa
*
sayangnya saat ini Raja Yoga hanya direndahkan statusnya menjadi senam , olah postur tubuh / asana. utk kesehatan & awet muda.
*
ada 4 cabang pohon Yoga yg umum yaitu karma yoga, bhakti yoga, Jnana yoga dan Raja Yoga. ada juga Yoga yg tdk umum. itu sulit di jelaskan.
*
perbandingan syarat menjadi pemimpin / raja di masa lalu & sekarang jauh berbeda. karena tatanan sosial yg berubah. wajar, semua berubah
*
demikian kumpulan tweet tentang syarat calon Raja jaman Kuna di Jawa.
semoga berguna. terima kasih.

salam,
edy pekalongan


Komentar

MATA JALA UMNU KEBUMEN mengatakan…
Maaf kalau boleh tahu sumbernya dari mana ya mas. kebumen

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k