Langsung ke konten utama

membentuk ego itu baik




amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# membentuk ego itu baik
*
*
kalo ada guru spiritual menyuruh anda membuang ego atau ke - aku - an. hati2. jangan di turuti. nanti anda pasrah total dan akhirnya jadi hamba dia. seorang suami yang egonya tipis, maka dia adalah budak istrinya atau anaknya.
*
*
yg tepat itu bukan menghilangkan ke AKU an atau  ego. tapi melatih agar ke AKU annya itu berkembang ke arah positif dan seimbang.  kalo rekening bank masih pakai nama pribadi nya. kepemilikan mobil masih pakai nama pribadi. dan kampanye ngomong bebas ke AKU an. itu omong kosong.
*
*
tujuan orang berlatih spiritual salah satunya adalah mengenal diri sendiri . itu bertujuan seseorang agar bisa mengolah potensi diri / bakat dan menjadi percaya diri. kalo sudah percaya diri, maka tidak gampang percaya pada doktrin apapun sebelum dirinya menelitinya dan mengalami. itulah maksud kata " percaya diri, bukan percaya tetangga , bukan percaya warta berita ".
*
*
ke AKU an itu bisa hilang. pada saat tidur lelap tanpa mimpi dan pada saat kita tertawa lepas terbahak bahak. disana tidak ada ke AKU an. tapi cuma sementara. habis itu muncul kembali.
*
*
bagi saya pembentukan karakter adalah pembentukkan ego dalam pengertian positif , mirip proses pemahat batu ataupun kayu menjadi patung. prosesnya dengan mengurangi dan membuang hal hal yang tidak diperlukan. bentuk akhir arca tersebut . bisa indah ataupun seram. bisa jadi mahal ataupun sangat mahal.
*
*
dalam bentuk gedung , ego ini adalah karakter bangunan.  sebuah klenteng , masjid, pura berbeda karena bentuknya. dalam bentuk musik , ego ini adalah aliran musik . musik jazz berbeda dengan musik rock ataupun pop.
*
*
karena ego , maka muncul beragam life style, muncul disain baju berbeda, bahasa berbeda. masakan yang beragam cita rasa.  karena ego , maka ada beragam jenis minuman kopi dan cara menyajikannya.
*
*
karena ego alias ke -aku -an adalah sumber kehidupan.  proses bertemunya karakter positif dari ego manusia  melahirkan persekutuan yang positif yaitu percampuran ego. kalo dalam ras manusia namanya blasteran. dalam arsitektur rumah juga ada yang blasteran, dalam model baju juga ada yang blasteran. begitu pula dalam bentuk olah spiritual juga ada yang blasteran.
*
*
" jadilah diri sendiri " artinya bentuklah dan temukan karakter ego mu sendiri. kalo sudah terbentuk . maka " percaya diri " artinya nggak perlu iri kepada bentuk karakter orang lain.
*
*
jika ego dari sebuah bangsa itu ibaratnya huruf latin yaitu A, B,C sampe Z. maka  punya style karakter yang berbeda model, ada style huruf arial sampe Time new roman. tapi tidak bisa di bandingkan dengan aksara arab atau aksara jepang. karena titik mulanya berbeda. kalo aksara latin , memulai dari kiri ke kanan, sedangkan aksara arab, memulai dari kanan ke kiri. sedangkan aksara jepang memulai dari atas ke bawah. dan masing-2 punya sisi keindahan yang berbeda .
*
*
saking pentingnya ego ini, setiap kali saya amati di channel TV . saya lihat presiden china selalu berbicara dalam bahasa china di forum international, begitupula dengan perdana mentri jepang , selalu berbicara dalam bahasa jepang.
*
*
kalo anda masih mau melepas ego. dan menjadi hamba. silahkan saja. tapi saya tidak. bahkan patung budha pun punya karakter khas duduk di atas teratai, atau di bawah pohon bodhi.  itu ego. kalo sudah tanpa ego, digambarkan meditasi di bawah pohon ganja juga tidak masalah. tapi itu sudah identitas. kalo di rubah , nanti sebutannya jadi berbeda.
*
*
ego atau ke-aku-an yang saya maksud disini adalah Self .  makanya pembahasannya pada percaya diri ( be your self , trust your self ) . sampe pada self expression dan self actualization. bukan egois atau Selfish .  gerakan fokus kepada diri sendiri ini menjadi self healing , orang- orang yang membiarkan ego atau Self nya hilang. maka ia akan kehilangan karakter dan keunikannya sendiri, jadinya ikut-ikutan.
*
*
salahsatu bentuk persekutuan ego yang positif adalah komposisi musik. bunyi karakter suara berbeda tapi bisa di rangkai menjadi harmonis. selamat menghabiskan akhir tahun 2014. musim pancaroba, jagalah  kesehatan. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha Paing
( nama lain edy pekalongan )


Komentar

Anonim mengatakan…
Bung Edy Pekalongan,

Hmm,bravo!Pemilik blog 'dongengbudaya.wordpress'merekomendasikan blog bagus ini. Dilanjut.

bala(ne)dewa

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k