Langsung ke konten utama

membentuk ego itu baik




amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# membentuk ego itu baik
*
*
kalo ada guru spiritual menyuruh anda membuang ego atau ke - aku - an. hati2. jangan di turuti. nanti anda pasrah total dan akhirnya jadi hamba dia. seorang suami yang egonya tipis, maka dia adalah budak istrinya atau anaknya.
*
*
yg tepat itu bukan menghilangkan ke AKU an atau  ego. tapi melatih agar ke AKU annya itu berkembang ke arah positif dan seimbang.  kalo rekening bank masih pakai nama pribadi nya. kepemilikan mobil masih pakai nama pribadi. dan kampanye ngomong bebas ke AKU an. itu omong kosong.
*
*
tujuan orang berlatih spiritual salah satunya adalah mengenal diri sendiri . itu bertujuan seseorang agar bisa mengolah potensi diri / bakat dan menjadi percaya diri. kalo sudah percaya diri, maka tidak gampang percaya pada doktrin apapun sebelum dirinya menelitinya dan mengalami. itulah maksud kata " percaya diri, bukan percaya tetangga , bukan percaya warta berita ".
*
*
ke AKU an itu bisa hilang. pada saat tidur lelap tanpa mimpi dan pada saat kita tertawa lepas terbahak bahak. disana tidak ada ke AKU an. tapi cuma sementara. habis itu muncul kembali.
*
*
bagi saya pembentukan karakter adalah pembentukkan ego dalam pengertian positif , mirip proses pemahat batu ataupun kayu menjadi patung. prosesnya dengan mengurangi dan membuang hal hal yang tidak diperlukan. bentuk akhir arca tersebut . bisa indah ataupun seram. bisa jadi mahal ataupun sangat mahal.
*
*
dalam bentuk gedung , ego ini adalah karakter bangunan.  sebuah klenteng , masjid, pura berbeda karena bentuknya. dalam bentuk musik , ego ini adalah aliran musik . musik jazz berbeda dengan musik rock ataupun pop.
*
*
karena ego , maka muncul beragam life style, muncul disain baju berbeda, bahasa berbeda. masakan yang beragam cita rasa.  karena ego , maka ada beragam jenis minuman kopi dan cara menyajikannya.
*
*
karena ego alias ke -aku -an adalah sumber kehidupan.  proses bertemunya karakter positif dari ego manusia  melahirkan persekutuan yang positif yaitu percampuran ego. kalo dalam ras manusia namanya blasteran. dalam arsitektur rumah juga ada yang blasteran, dalam model baju juga ada yang blasteran. begitu pula dalam bentuk olah spiritual juga ada yang blasteran.
*
*
" jadilah diri sendiri " artinya bentuklah dan temukan karakter ego mu sendiri. kalo sudah terbentuk . maka " percaya diri " artinya nggak perlu iri kepada bentuk karakter orang lain.
*
*
jika ego dari sebuah bangsa itu ibaratnya huruf latin yaitu A, B,C sampe Z. maka  punya style karakter yang berbeda model, ada style huruf arial sampe Time new roman. tapi tidak bisa di bandingkan dengan aksara arab atau aksara jepang. karena titik mulanya berbeda. kalo aksara latin , memulai dari kiri ke kanan, sedangkan aksara arab, memulai dari kanan ke kiri. sedangkan aksara jepang memulai dari atas ke bawah. dan masing-2 punya sisi keindahan yang berbeda .
*
*
saking pentingnya ego ini, setiap kali saya amati di channel TV . saya lihat presiden china selalu berbicara dalam bahasa china di forum international, begitupula dengan perdana mentri jepang , selalu berbicara dalam bahasa jepang.
*
*
kalo anda masih mau melepas ego. dan menjadi hamba. silahkan saja. tapi saya tidak. bahkan patung budha pun punya karakter khas duduk di atas teratai, atau di bawah pohon bodhi.  itu ego. kalo sudah tanpa ego, digambarkan meditasi di bawah pohon ganja juga tidak masalah. tapi itu sudah identitas. kalo di rubah , nanti sebutannya jadi berbeda.
*
*
ego atau ke-aku-an yang saya maksud disini adalah Self .  makanya pembahasannya pada percaya diri ( be your self , trust your self ) . sampe pada self expression dan self actualization. bukan egois atau Selfish .  gerakan fokus kepada diri sendiri ini menjadi self healing , orang- orang yang membiarkan ego atau Self nya hilang. maka ia akan kehilangan karakter dan keunikannya sendiri, jadinya ikut-ikutan.
*
*
salahsatu bentuk persekutuan ego yang positif adalah komposisi musik. bunyi karakter suara berbeda tapi bisa di rangkai menjadi harmonis. selamat menghabiskan akhir tahun 2014. musim pancaroba, jagalah  kesehatan. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha Paing
( nama lain edy pekalongan )


Komentar

Anonim mengatakan…
Bung Edy Pekalongan,

Hmm,bravo!Pemilik blog 'dongengbudaya.wordpress'merekomendasikan blog bagus ini. Dilanjut.

bala(ne)dewa

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun