Senin, 08 Desember 2014

# pengalaman langsung




amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# pengalaman langsung
*
*
berada di depan tanaman tropis ini, saya bertanya : aslinya yang paling sejati dan benar , nama kamu itu pisang atau banana atau gedhang ? ayo jawab .
*
*
tanaman ini diam saja. artinya tidak ada namanya, begitu adanya. yang memberi nama adalah manusia. lalu nama itu di tulis di buku dan dianggap sebagai kebenaran. di ajarkan di sekolah . bahkan buah tanaman ini dijadikan barang dagangan ekspor impor. lumayan ada nama dan ada rupa alias bukan barang khayalan dan masih bisa saya temui langsung untuk diamati.
*
*
itu baru satu tanaman. belum tanaman yang lain. jadi semua nama nama tanaman adalah rekayasa buatan manusia. ini masuk jenis kebenaran kesepakatan. maka jangan berhenti pada sebutan , istilah dan nama , tapi cari pengalaman langsung. karena kenyataan bukanlah kata-2. 
*
*
prinsip pengalaman langsung ini berlaku untuk menelusuri kenyataan. bisa diterapkan untuk menguji sebuah ajaran. membaca buku masakan dan cara meracik bumbu. tidak akan menjadikanmu seorang tukang masak. hanya ahli teori buku masakan. datang ke dapur , praktikan, rasakan hasil masakanmu. 
*
*
hal serupa berlaku untuk latihan meditasi, membaca buku-2 tanpa praktek. tidak akan membantu. hasil akhirnya bisa di lihat dari hasil latihan meditasi. ibarat masakan. silahkan cara memasakmu beda beda. tapi yang utama adalah hasil akhirnya. rasa masakannya. lidahmu dan lidah orang yang mencicipi, bisa memberi penilaian.
*
*
tujuan masakanmu yang enak adalah untuk dinikmati dalam hidup, membuat bahagia. kalo tujuannya hanya agar dapat piala juara lomba memasak. maka banyak juru masak di warung makan tradisional, tidak pernah dapat juara. dan punya gelar master memasak. maka itu hanyalah tren baru dunia hiburan.
*
*
tentang seni memasak dan seni meditasi , usianya sama tuanya. maka amati sejarah. penemu masakan tradisional dan cara memasaknya, banyak yang tidak diketahui alias no name. dari tehnik memasak primitif di hutan dengan dibakar tanpa bumbu, sampai dengan pakai dapur dan peralatan listrik modern. begitu pula halnya metode meditasi. 
*
*
kalau anda memakai resep meditasi orang lain, maka ikuti panduannya. semakin sering berlatih meditasi dengan beragam resep , maka pada waktunya anda akan bisa menemukan style meditasi sendiri. mirip dengan cara memasak, bumbu-2 nya anda bisa sesuaikan sendiri, sesuai selera. tidak harus ikut patokan panduan buku resep.
*
*
bumbu dapur seperti merica, itu asalnya dari benua amerika. dari kata " America " menjadi nama bumbu " merica " . maka jangan mengatakan asli. karena kopi & tembakau di jawa , mulanya di bawa dari luar dimasa kolonial . dan tumbuh subur disini lalu menjadi bagian dari budaya. maka selalu terbuka pada perubahan jaman. begitu pula dalam cara mengolah batin. 
*
*
pengalaman langsung saya bertemu pohon yang katanya disebut pisang alias banana alias gedhang itu, ternyata tanpa nama. membuat saya sadar, manusia itu pandai mengarang nama. itu permainan pikiran. maka pengalaman langsung yang anda alami lebih utama daripada tulisan saya ini. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha Paing
( nama lain edy pekalongan )


2 komentar:

wager mengatakan...

Luar biasa. Saya telah membaca beberapa artikel di blog ini dan sangat terkesan dan merasa sangat nyaman membacanya. Sepertinya inilah blog yang saya cari-cari selama ini. Ijin berteduh dan belajar Mas Paing.

Edy Pekalongan mengatakan...

enjoy aja.