Langsung ke konten utama

meluaskan sudut pandang





amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
meluaskan sudut pandang 
*
*
saat saya sedang duduk bersama kawan-2 disebuah lantai atas sebuah penginepan. area terbuka yang ada taman kecilnya. saya menghadap ke arah jalan, teman menghadap ke arah saya. ada lagi yang duduknya menghadap ke sisi lain. masing masing sudut pandang mata menghasilkan pemandangan yang berbeda. walopun kita duduk ngobrol bersama. 
*
*
begitupula sudut pandang pikiran, akan menghasilkan pandangan yang berbeda. orang yang hanya suka melihat ke selatan, akan melihat sisi pandangan dari arah selatan saja. 
*
*
begitupula dari arah yang lain. semakin banyak mempelajari sudut pandang yang berbeda, maka akan semakin luwes dalam melihat seseuatu, tidak satu arah. tidak merasa paling benar. tapi mau menyimak pendapat orang lain. dan tidak gampang mencap salah tanpa data dan fakta.
*
*
sebuah artikel / tulisan atau buku adalah sudut pandang penulisnya. sebuah potret adalah hasil rekaman kamera terhadap kenyataan dari sudut pandang juru potretnya. maka sebuah objek dan pemandangan yang sama, akan berbeda hasil potretnya pada setiap masing-2 tukang potret. 
*
*
potret ini bahasa sekarang namanya Foto. sebuah foto mirip sebuah laporan penelitian, hasil statistik, sebuah hasil pengumpulan data. adalah cara seseorang menangkap kenyataan. kalo laporan keuangan itu dalam bentuk data tulisan dan angka juga grafik. kalo potret itu dalam bentuk gambar, dulu hitam putih sekarang foto berwarna. bahkan sudah ada foto aura. itu semua sudut pandang.
*
*
sebuah potret masa lalu , tidak bisa dipakai untuk menilai kenyataan saat ini. potret jaman SD berbeda dengan saat sekarang. sudah lain . apalagi potret saat seribu tahun lalu di jadikan patokan saat ini. sulit dan tidak masuk akal. meneladani cara hidup orang jaman seribu tahun lalu , tidak bisa diterapkan pada saat ini. situasinya sudah lain. 
*
*
anak muda modern diminta meniru dan meneladani orang yang hidup tanpa listrik seribu tahun lalu. ini lucu. tidak masuk akal. meniru gaya hidup era tahun 1970-an saja , ia tidak mau. pake celana cut bray. naik vespa atau honda super cub . 
*
*
sikapnya tidak pro blok barat ( amerika serikat group ) ataupun blok timur ( uni soviet group ) . tidak pake HP. cukup telepon kabel. atau kalo mendesak pake telegram. musik rock klasik. model rumah arsitektur modern amerika ( atap datar , kaca ) 
*
*
gaya era 1970-an saja . itu saja belum 50 tahun , masih mudah di jalani, orang tidak mau. lha kok ada di TV orang memuji dan menyontoh cara hidup jaman naik unta, ataupun naik kapal kayu tanpa mesin, sekalian saja naik blarak mabur ( dahan kelapa terbang ) seperti pendekar mantili atau brama kumbara.
*
*
kalo tentang kebaikan menjalani hidup, jaman dulu ataupun sekarang sama saja. ada orang baik. ada orang jahat. tinggal baca buku biografi banyak tokoh dan ilmuan ataupun filantropis ataupun selebrity dunia. itu lebih mudah dan masuk akal. 
*
*
mau semakin luas pandangan hidup seseorang, maka ia harus naik ke tempat yang lebih tinggi. itulah kenapa di sebuah kota pasti ada menara. di beberapa tempat ibadah juga ada . itu simbol bangunan mengajak orang meluaskan sudut pandang. melihat tanpa tertutup . sehingga tahu situasi lebih jelas. pandangan 360 derajad. 
*
*
dalam ajaran pribumi, disimbolkan mencapai puncak gunung. karena orang yang naik gunung, sampai di puncaknya, ia akan melihat pemandangan yang berbeda. sudut pandangnya lebih luas. 
*
*
hal hal yang dianggap besar saat di bawah. saat berada di puncak gunung , berubah menjadi sesuatu yang kecil. perubahan pandangan inilah yang nantinya merubah pola pikir dan perilaku hidup seseorang, agar menjadi lebih terbuka.
*
*
cerita dari kawan di Ubud - Bali , kalo upacara agung. membaca mantra itu bukan hanya satu arah menghadap. tapi ditujukan ke 8 arah mata angin. di tambah atas dan bawah juga satu di tengah / ke dalam. menjadi 11 arah. pantas saja , Bali sangat terbuka terhadap turis. merangkul semua arah. karena mengakui kiblat / susut pandang yang tidak hanya satu. tapi sebelas. 
*
*




semoga semua mahluk selamat dan bahagia. 
Om shanti. 
*
*
salam,
Wuddha Paing
( nama lain edy pekalongan )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun