Jumat, 30 Januari 2015

ramuan mandi



# ramuan mandi
*
*
hari ini praktek ilmu lama ( 7 tahun yang lalu ) yaitu ttg kesehatan tubuh, alias ayurveda. cabang dari yoga. biar tidak lupa. tadi ke pasar beli bumbu rempah, bunga mawar , tepung beras. racik sendiri bikin boreh untuk badan.
*
*
pertama mandi pake ramuan garam , ditumbuk dulu biar halus. lalu mengecat tubuh dari wajah sampe tapak kaki pake boreh / lulur. lalu mandi lagi. sekaligus mengolesi rambut kepala dengan jeruk nipis. di tutup dengan membalurkan minyak hangat gandapura agar tidak masuk angin dan melancarkan peredaran darah.
*
*
lalu makan siang . sekarang tinggal ngopi dan merokok. sambil nyimak musik pertapa katolik alias gregorian. kalo begini sebulan sekali saja, bisa awet muda. tapi saya malas membuat ramuannya. repot.
*
*
semua orang yang belajar ilmu yoga agak dalam. bukan hanya bisa senam dan meditasi. biasanya juga menguasai ilmu kesehatan, termasuk ilmu rempah rempah. untuk pengobatan.
*
*
besok masih lagi. ditambah pake ramuan buah kelapa di parut. total biaya belanja adalah 70ribu. bisa untuk 4 kali . ya kira-2 , sekali perawatan hanya memakan ongkos 20ribu. total waktu perawatan 2 jam.
di racik sendiri. di tumbuh sendiri. di borehkan sendiri. sambil sinau, biar tidak lupa dan malas. aslinya ada mantra awet mudanya juga.
*
*
di jawa itu tradisi merawat tubuh alias ayurveda sudah lama. buktinya istana majapahit ada kolam pemandian. kraton jogja punya taman sari. begitupula cirebon. bali juga sama. ada patirtan. ada tradisi padusan dan jamu juga pijet. jaman sekarang disebut perawatan spa. di jawa namanya tradisi kungkum , di barat namanya berendam di jacuzzy. sami mawon. di sini mandi air panas dari gunung. di barat sauna. sami mawon.
*
*

salam,
wuddha paing

Tidak ada komentar: