Selasa, 19 Januari 2016

membuka pintu kesadaran




amit amit ngaliman salam.
mohon ijin berbagi
# membuka pintu kesadaran
*
*
membuka pintu kesadaran di dalam diri,   bisa melalui beberapa jalan. kalo yg cerdas otaknya bisa memakai jalan kebenaran. kalo yang peka perasaannya bisa memakai jalan keindahan. kalo yang nggak suka mikir dan nggak peka rasanya bisa lewat aksi , jalan kebaikan.
*
*
jalan kebenaran di tempuh para sarjana / filsuf / pemikir. jalan keindahan di tempuh para penyair, pelukis, sastrawan, seniman. jalan kebaikan di tempuh para sukarelawan, aktivis dengan kerja bakti dan pelayanan.
*
*
menjadi kacau kalo memahami jalan keindahan lewat debat . menjadi kacau kalau memahami jalan kebenaran lewat emosional. menjadi kacau kalo memahami jalan pelayanan cuma lewat berpikir kajian teori dan kirim status di media sosial #saveindonesia
*
*
jalan kebenaran untuk membuka  kesadaran dengan alat olah pikir. disini konsentrasi pikiran menjadi utama, maka meditasi adalah pelengkap jalan yang ditempuh. dilain sisi , jalan keindahan untuk membuka kesadaran dgn alat olah rasa, maka musik dan nyanyian , doa , sesaji , membaca sastra , sembahyang adalah jalan yang di tempuh.
*
*
jalan kebaikan untuk membuka  kesadaran dgn alat Lelaku, maka praktik berbuat baik tanpa pamrih adalah jalan yang di tempuh. bagi saya ketiga jalan ini ibarat  pintu darurat untuk membuka kesadaran di dalam diri manusia.
*
*
ketiga jalan ini dalam sejarah menghasilkan guru guru tercerahkan. menjadi sia sia membandingkan , karena masing masing memiliki jalan pencerahannya sendiri. menjadi sia sia membandingkan jalan seorang bodhidharma dan jalan seorang jalaludin rummi.
*
*
masalah kemanusiaan yg timbul di dunia ini , berasal dari perbuatan ras manusia itu sendiri. dan akar masalahnya adalah perilaku manusia itu sendiri. maka manusia itu sendiri yang harus merubahnya. menyalahkan pihak luar, tidak menyelesaikan masalah.
*
*
setiap orang , cepat atau lambat akan membuka pintu kesadarannya sendiri. jika dia berusaha.   jadi kalo anda tidak berani sendiri. jadilah pengikut. dan teruslah setia menjadi pengikut sesuai peta guru anda. tapi anda sendiri yang harus menjalaninya. anda sendiri yang harus membuka pintu kesadaran di dalam batin anda.
*
*
sungguh repot menceritakan pengalaman dengan kata kata.  karena repotnya menjelaskan , maka lebih banyak orang yang telah membuka pintu kesadaran di dalam dirinya memilih DIAM. dari pada bicara nanti disalah artikan , bisa diracun , dimusuhi , disalip , dituduh Gila.
*
*
rumah kedamaian ada di dalam batin anda sendiri. jika anda belum menemukan damai di dalam diri, artinya belum menemukan simbol darussalam atau jerussalem. begitu kata mistikus kristen. atau memasuki tanah suci shambala menurut mistikus himalaya.
*
*
buah dari latihan spiritual di jalan apapun, adalah memiliki pandangan terang akan kenyataan hidup. bahwa hidup itu kadang mengalami situasi gelap dan situasi terang. kadang mengalami rasa enak dan tidak enak. silih berganti. hidup di bumi  di abad ke 21 penuh kesulitan, penuh bahaya, maka berjuanglah mengatasinya. 
*
*
tatanan sosial masyarakat di negara manapun di planet bumi  ini di ciptakan generasi manusia yang hidup sebelum anda. melalui konspirasi jahat dan konspirasi baik. tokoh-2 besar yang sudah mati. tidak bisa mendikte anda. tapi keputusan untuk mengikuti atau merubah atau meninggalkan tatanan manusia tempo dulu adalah hak masing-2 manusia yang hidup di masa kini. setiap pilihan ada resikonya.
*
*
setiap manusia yang hidup berproses terus, perlu makan , perlu uang , perlu waktu dan perlu latihan.  maka tetaplah menjaga kesehatan badan dan batin anda. semoga kita semua slamet dan bahagia. OM Shanti.  terima kasih.
*
*
salam,
wuddha paing

Tidak ada komentar: