Langsung ke konten utama

membuka pintu kesadaran




amit amit ngaliman salam.
mohon ijin berbagi
# membuka pintu kesadaran
*
*
membuka pintu kesadaran di dalam diri,   bisa melalui beberapa jalan. kalo yg cerdas otaknya bisa memakai jalan kebenaran. kalo yang peka perasaannya bisa memakai jalan keindahan. kalo yang nggak suka mikir dan nggak peka rasanya bisa lewat aksi , jalan kebaikan.
*
*
jalan kebenaran di tempuh para sarjana / filsuf / pemikir. jalan keindahan di tempuh para penyair, pelukis, sastrawan, seniman. jalan kebaikan di tempuh para sukarelawan, aktivis dengan kerja bakti dan pelayanan.
*
*
menjadi kacau kalo memahami jalan keindahan lewat debat . menjadi kacau kalau memahami jalan kebenaran lewat emosional. menjadi kacau kalo memahami jalan pelayanan cuma lewat berpikir kajian teori dan kirim status di media sosial #saveindonesia
*
*
jalan kebenaran untuk membuka  kesadaran dengan alat olah pikir. disini konsentrasi pikiran menjadi utama, maka meditasi adalah pelengkap jalan yang ditempuh. dilain sisi , jalan keindahan untuk membuka kesadaran dgn alat olah rasa, maka musik dan nyanyian , doa , sesaji , membaca sastra , sembahyang adalah jalan yang di tempuh.
*
*
jalan kebaikan untuk membuka  kesadaran dgn alat Lelaku, maka praktik berbuat baik tanpa pamrih adalah jalan yang di tempuh. bagi saya ketiga jalan ini ibarat  pintu darurat untuk membuka kesadaran di dalam diri manusia.
*
*
ketiga jalan ini dalam sejarah menghasilkan guru guru tercerahkan. menjadi sia sia membandingkan , karena masing masing memiliki jalan pencerahannya sendiri. menjadi sia sia membandingkan jalan seorang bodhidharma dan jalan seorang jalaludin rummi.
*
*
masalah kemanusiaan yg timbul di dunia ini , berasal dari perbuatan ras manusia itu sendiri. dan akar masalahnya adalah perilaku manusia itu sendiri. maka manusia itu sendiri yang harus merubahnya. menyalahkan pihak luar, tidak menyelesaikan masalah.
*
*
setiap orang , cepat atau lambat akan membuka pintu kesadarannya sendiri. jika dia berusaha.   jadi kalo anda tidak berani sendiri. jadilah pengikut. dan teruslah setia menjadi pengikut sesuai peta guru anda. tapi anda sendiri yang harus menjalaninya. anda sendiri yang harus membuka pintu kesadaran di dalam batin anda.
*
*
sungguh repot menceritakan pengalaman dengan kata kata.  karena repotnya menjelaskan , maka lebih banyak orang yang telah membuka pintu kesadaran di dalam dirinya memilih DIAM. dari pada bicara nanti disalah artikan , bisa diracun , dimusuhi , disalip , dituduh Gila.
*
*
rumah kedamaian ada di dalam batin anda sendiri. jika anda belum menemukan damai di dalam diri, artinya belum menemukan simbol darussalam atau jerussalem. begitu kata mistikus kristen. atau memasuki tanah suci shambala menurut mistikus himalaya.
*
*
buah dari latihan spiritual di jalan apapun, adalah memiliki pandangan terang akan kenyataan hidup. bahwa hidup itu kadang mengalami situasi gelap dan situasi terang. kadang mengalami rasa enak dan tidak enak. silih berganti. hidup di bumi  di abad ke 21 penuh kesulitan, penuh bahaya, maka berjuanglah mengatasinya. 
*
*
tatanan sosial masyarakat di negara manapun di planet bumi  ini di ciptakan generasi manusia yang hidup sebelum anda. melalui konspirasi jahat dan konspirasi baik. tokoh-2 besar yang sudah mati. tidak bisa mendikte anda. tapi keputusan untuk mengikuti atau merubah atau meninggalkan tatanan manusia tempo dulu adalah hak masing-2 manusia yang hidup di masa kini. setiap pilihan ada resikonya.
*
*
setiap manusia yang hidup berproses terus, perlu makan , perlu uang , perlu waktu dan perlu latihan.  maka tetaplah menjaga kesehatan badan dan batin anda. semoga kita semua slamet dan bahagia. OM Shanti.  terima kasih.
*
*
salam,
wuddha paing

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k