Selasa, 16 Februari 2016

Berproses Percaya Diri








Amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# Berproses percaya diri
*
*
tatanan sosial masyarakat di negara manapun di planet bumi  ini di ciptakan generasi manusia yang hidup sebelum anda. melalui konspirasi jahat dan konspirasi baik. tokoh-2 besar yang sudah mati. tidak bisa mendikte anda. tapi keputusan untuk mengikuti atau merubah atau meninggalkan tatanan manusia tempo dulu adalah hak masing-2 manusia yang hidup di masa kini. setiap pilihan ada resikonya.
*
*
masalah kemanusiaan yg timbul di dunia ini , berasal dari perbuatan ras manusia itu sendiri. dan akar masalahnya adalah perilaku manusia itu sendiri. maka manusia itu sendiri yang harus merubahnya. menyalahkan pihak luar, tidak menyelesaikan masalah.
*
*
setiap orang , kalo mau berusaha. cepat atau lambat akan membuka pintu kesadarannya sendiri.    jadi kalo anda tidak berani sendiri. jadilah pengikut. dan teruslah setia menjadi pengikut sesuai peta guru anda. tapi anda sendiri yang harus menjalaninya. anda sendiri yang harus membuka pintu kesadaran di dalam batin anda.
*
*
yang sudah terbuka kesadarannya, maka menjadi percaya diri. artinya percaya pendapat dan pengalamannya sendiri. tidak lagi berminat jadi budak / pengikut . semua pendapat dari luar hanyalah referensi atau sekedar untuk  memperkaya wawasan dan sudut pandang saja.
*
*
bagi saya   hidup itu kadang mengalami situasi gelap dan situasi terang. kadang mengalami rasa enak dan tidak enak. kehidupan ini berjalan kadang kacau dan kadang tertib. kadang damai , kadang konflik. sudah satu paket yang saya terima dengan sukarela ataupun mungkin juga seringkali terpaksa menerima. segala bidang kehidupan berproses dan berubah.
*
*
saya nyaman pergi ke mall memakai sarung batik yang indah dan ikat kepala seperti lelaki jawa bersandal selop hanya untuk membeli pisang , roti coklat dan kopi toraja arabika  . saya juga nyaman memakai celana jeans slim fit , kemeja , memakai cravat / syal di leher dan sepatu kulit seperti lelaki eropa dan pesan menu nasi timbel dengan ikan asin  sambil membaca majalah national geographic terbaru.
*
*
 saya mendengarkan berbagai aliran musik. seiring proses waktu saya lebih suka style musik tertentu. saat ini koleksi musik saya paling banyak adalah jenis jazz barat , dengan lirik berbahasa inggris. tapi saya juga punya koleksi musik gemalen jawa, sunda dan bali. saya punya musik rohani katolik, hindu , budha, sufi islam dan new age.
*
*
hidup saya sederhana , tapi saya usahakan penuh kesenangan dan rasa syukur. karena saya sudah tidak berminat dengan janji surga setelah mati. bagi saya , surga di bumi yang tidak sempurna penuh suka dan duka , itu sudah cukup.
*
*
latihan saya bertahun tahun, tidur di kasur tipis di lantai, sampe sekarang, walopun saya punya kasur empuk. tapi saya juga setahun beberapa kali  tidur di kasur empuk di hotel , mandi air panas, menikmati bir dingin dan nonton konser musik. menikmati pijat ala jepang dan kenyamanan. agar saya tetap dipengaruhi keduniawian dan terhindar dari keinginan jadi pertapa dan merasa suci.
*
*
bagi saya lebih berbahaya jika terjebak dalam ilusi merasa menjadi mahluk suci . cukuplah menjadi manusia biasa yang berusaha berperilaku baik dan  indah dan walopun kadang  menyebalkan. itu sudah cukup.
*
*
dari pengalaman saya, guru spiritual apapun alirannya yang sudah terbuka kesadarannya selalu mendorong muritnya menjadi diri sendiri dan percaya diri. satu lagi, tidak suka muritnya menjadi fotokopi dirinya &  fotokopi tokoh masa lalu. melarang anda jadi budak atau robot.
*
*
tetaplah menjaga kesehatan badan dan batin anda. walopun setiap hari makan nasi , sayur , ikan asin. jangan lupa bergembira. diiringi musik bosanova ,  semoga kita semua slamet dan bahagia.  terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha Paing




Tidak ada komentar: