Rabu, 10 Februari 2016

rawatlah Badan & Batin





amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# merawat badan & batin
*
*
badan atau raga saya punya hubungan dengan batin saya. batin itu pikiran dan perasaan. kalo raga sedang sakit misalnya gatel di lipatan tubuh karena sesuatu, maka pikiran ikut merasakan tidak nyaman, perasaan juga ikut terpengaruh.
*
*
hubungan badan dan batin ini sangat erat. jika saya menyimpan marah dan kecewa yang mendalam tiga hari tiga malam. maka efeknya mulai membuat pikiran tidak nyaman. sulit tidur. badan jadi besoknya lelah.
*
*
kalo racun di tubuh saya banyak, karena pola hidup. maka saya setahun minimal satu kali melakukan detok untuk mengurangi racun di tubuh dengan cara tertentu.  tapi setelah proses itu. tubuh jadi lebih enak.
*
*
saat awal belajar meditasi , malah pikiran negatif yang sering muncul, juga kemarahan, kebencian. maka saya disarankan oleh seseorang berhenti meditasi. lebih diarahkan ke proses katarsis selama setahun, atau praktek membuang sampah di pikiran dan perasaan. ini baik bertujuan mengurangi  beban batin .
*
*
katarsis yang lumrah adalah bertengkar , marah-2, curhat, nangis. katarsis alami yang lain adalah aktivitas seksual, bisa juga gila belanja / shoping, gila kerja. liburan. nonton konser musik. hasilnya setelah katarsis ini adalah munculnya perasaan lega dan relaks.
*
*
salah satu kataris luar biasa dalam masyarakat yang tertekan bertahun tahun adalah perang. yaitu dimana ketidakwarasan , kekejaman, kebrutalan menemukan tempat pelampiasan dengan membunuh, menyiksa. makanya orang yang tertekan senang bergabung dengan group teroris / kerusuhan / tawuran / geriliyawan perang yang jauh di luar negeri , walopun di tempatnya damai.
*
*
jika menulis status di facebook menjadi sarana katarsis. maka statusnya di wall atau tembok ratapan facebook ,  isinya sampah pikiran dan sampah perasaan yang dibumbui dengan marah, kebencian dan beban batin lainnya . facebook berfungsi jadi toilet umum pikiran. silahkan amati sendiri.  saya juga kadang melakukan itu.
*
*
merawat badan hasilnya sehat. kalo di rawat lebih baik lagi , badannya indah. bau badan jadi tidak tajam. walopun tanpa wewangian.  merawat batin hasilnya batin jadi sehat. kalo di rawat lebih baik lagi hasilnya batinnya indah.
*
*
badan dan batin itu perangkat hidup manusia di bumi. maka saya rawat sesuai tata cara yang saya suka dan cocok. inilah praktik spiritual saya. tujuannya agar bisa menikmati  kesenangan hidup, ya kadang sedih tapi secukupnya. ya kadang sakit mencret, karena susah senang. menderita dan nikmat. enak dan tidak enak.  itu adalah  satu paket kehidupan.
*
*
semoga kita semua selamat dan bahagia. cukup makan minum dan bersenang senang. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha Paing

Tidak ada komentar: