Langsung ke konten utama

rawatlah Badan & Batin





amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# merawat badan & batin
*
*
badan atau raga saya punya hubungan dengan batin saya. batin itu pikiran dan perasaan. kalo raga sedang sakit misalnya gatel di lipatan tubuh karena sesuatu, maka pikiran ikut merasakan tidak nyaman, perasaan juga ikut terpengaruh.
*
*
hubungan badan dan batin ini sangat erat. jika saya menyimpan marah dan kecewa yang mendalam tiga hari tiga malam. maka efeknya mulai membuat pikiran tidak nyaman. sulit tidur. badan jadi besoknya lelah.
*
*
kalo racun di tubuh saya banyak, karena pola hidup. maka saya setahun minimal satu kali melakukan detok untuk mengurangi racun di tubuh dengan cara tertentu.  tapi setelah proses itu. tubuh jadi lebih enak.
*
*
saat awal belajar meditasi , malah pikiran negatif yang sering muncul, juga kemarahan, kebencian. maka saya disarankan oleh seseorang berhenti meditasi. lebih diarahkan ke proses katarsis selama setahun, atau praktek membuang sampah di pikiran dan perasaan. ini baik bertujuan mengurangi  beban batin .
*
*
katarsis yang lumrah adalah bertengkar , marah-2, curhat, nangis. katarsis alami yang lain adalah aktivitas seksual, bisa juga gila belanja / shoping, gila kerja. liburan. nonton konser musik. hasilnya setelah katarsis ini adalah munculnya perasaan lega dan relaks.
*
*
salah satu kataris luar biasa dalam masyarakat yang tertekan bertahun tahun adalah perang. yaitu dimana ketidakwarasan , kekejaman, kebrutalan menemukan tempat pelampiasan dengan membunuh, menyiksa. makanya orang yang tertekan senang bergabung dengan group teroris / kerusuhan / tawuran / geriliyawan perang yang jauh di luar negeri , walopun di tempatnya damai.
*
*
jika menulis status di facebook menjadi sarana katarsis. maka statusnya di wall atau tembok ratapan facebook ,  isinya sampah pikiran dan sampah perasaan yang dibumbui dengan marah, kebencian dan beban batin lainnya . facebook berfungsi jadi toilet umum pikiran. silahkan amati sendiri.  saya juga kadang melakukan itu.
*
*
merawat badan hasilnya sehat. kalo di rawat lebih baik lagi , badannya indah. bau badan jadi tidak tajam. walopun tanpa wewangian.  merawat batin hasilnya batin jadi sehat. kalo di rawat lebih baik lagi hasilnya batinnya indah.
*
*
badan dan batin itu perangkat hidup manusia di bumi. maka saya rawat sesuai tata cara yang saya suka dan cocok. inilah praktik spiritual saya. tujuannya agar bisa menikmati  kesenangan hidup, ya kadang sedih tapi secukupnya. ya kadang sakit mencret, karena susah senang. menderita dan nikmat. enak dan tidak enak.  itu adalah  satu paket kehidupan.
*
*
semoga kita semua selamat dan bahagia. cukup makan minum dan bersenang senang. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha Paing

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k