Langsung ke konten utama

berlatih menerima






amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# berlatih menerima dan menyesuaikan diri
*
*
saat musim pohon mangga berbunga , maka suhu udara saat dini hari di rumah menjadi lebih dingin. saya menerima itu dan mengambil tindakan  menyesuaikan diri dengan memakai jaket saat tidur. begitupula saat musim hujan tiba, saya menyesuaikan diri. menolak kenyataan hanya akan menyiksa diri. terutama menimbulkan perasaan tidak enak.
*
*
bulan ramadhan tiba, musim dimana kegembiraan anak anak keliling membangunkan sahur dan suara orang mengaji dari mesjid . saya menerima itu dan menyesuaikan diri. percuma menolak musim yang tiba. itu akan menyiksa perasaan dan menimbulkan stres dan kurang baik bagi kesehatan.
*
*
percuma saya menolak musim yang datang dalam kehidupan saya. entah itu musim petasan, musim layang layang, musim iklan politik , musim harga-2 barang naik.  itu hanya menambah beban yang tidak perlu. karena manusia harus memakai kecerdasannya untuk mengatasi musim yang datang, agar tetap bertahan hidup. tetap menikmati hidup dan mengusahakan agar mencapai bahagia.
*
*
saat perasaan saya dikunjungi rasa tidak enak. saya amati. itu karena apa sebabnya. kalo muncul sedih, saya cari sebabnya. kalo perlu sedih, maka saya sedih secukupnya saja. begitupula kalo saat marah, saya marah seperlunya saja. setelah itu saya lupakan. saat gembira pun, saya menikmatinya seperlunya saja. karena sifat perasaan itu berubah ubah. maka saya belajar mengelola dan mengendalikan perasaan saya sendiri.
*
*
karena sifat media massa baik cetak maupun elektronik terutama dalam memproduksi berita cenderung ingin mempengaruhi perasaan pembacanya. baik itu pengaruh positif maupun pengaruh negatif. maka penting bagi saya belajar tidak menuruti sensasi perasaan saat membaca berita. apalagi iklan untuk belanja. itu sangat hebat mempengaruhi perasaan manusia yang menyimaknya.
*
*
kalo saya tidak belajar mengelola keadaan perasaan saya sendiri. maka akan terus diombang ambingkan oleh situasi dan keadaan di luar diri saya. perasaan itu isinya enak , tidak enak dan netral. perasaan kadang juga perlu di ekpresikan. kalo di tekan terus menerus, maka bisa mencari jalan keluar sendiri. yang diluar kendali.
*
*
perasaan yang terluka , harus disembuhkan terlebih dahulu. perasaan yang sakit , harus disembuhkan terlebih dahulu. perasaan yang tertekan harus dibebaskan terlebih dahulu. baru bisa dilatih, diperkuat dan dikendalikan. mirip seperti Tubuh manusia. tubuh yang sakit tidak nyaman dipakai untuk menjalani kegiatan sehari hari. begitupula perasaan yang sakit.
*
*
kebencian , kemarahan, dendam yang di sebarkan lewat tulisan dan berita,  itu bisa menular seperti penyakit bagi perasaan manusia. apalagi di dalam diri sudah ada tumpukan kebencian, kemarahan dan dendam. maka lebih mudah terbakar. setiap manusia yang dibekali kecerdasan,  harus mulai belajar mengenali hal tersebut dan membuat sistem perlindungan dan sistem pencegahan & pengobatan dari hal hal yang meracuni perasaan manusia.
*
*
di ajaran budha ada pengetahuan untuk mengatasi penderitaan dan kekotoran batin. di ajaran hindu ada pengetahuan sastra & musik untuk memurnikan perasaan manusia.  di ajaran sufi - islam, ada ajaran mensucikan kalbu. di ajaran lainnya pun punya metode sendiri. maka carilah Guru dan metode yang cocok bagi diri sodara untuk melatih perasaan.
*
*
diiringi musik qawalli dari  punjabi yang mengalun  di kamar saya. saya menutup tulisan ini. semoga kita semua slamet dan bahagia. karena orang bahagia jauh dari niat jahat. jangan lupa tetap berjuang dan jangan lupa menikmati hidup.  terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha Paing



Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun